Mohon tunggu...
zaldy chan
zaldy chan Mohon Tunggu... Administrasi - ASN (Apapun Sing penting Nulis)

cintaku tersisa sedikit. tapi cukup untuk seumur hidupmu

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Tugasku, Menjagamu Semampu dan Semampusku

1 Oktober 2020   19:54 Diperbarui: 2 Oktober 2020   07:10 316
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Illustrasi Ayah dan Anak (Sumber gambar : pixabay.com)

Mungkin, tak lagi banyak waktuku bersamamu. Dan untukmu. Aku akan membiarkan kau menjejaki langkah sesuai inginmu. Aku percaya, kau akan menjadi kebanggaanku. Nanti!

Kau lelakiku. Kukira sudah waktunya, memberikan bekal untukmu. Lima pesan ini sengaja kutuang, agar bisa kau baca ulang.

Pertama. Belajarlah bilang "tidak!"

Suatu saat, kau akan memahami. Menolak dan bertindak dengan kata tidak, butuh nyali. Jika kau berani, itu adalah bekal seorang lelaki.

Kedua. Kurangi kata "Maaf"!

Abaikan pesan moral lebih baik meminta maaf, walau tak mengerti salahmu. Lebih baik kau kurangi kata maaf dalam hidupmu. Dengan begitu, berkurang juga salahmu. Ketika salah, berani meminta maaf dan akui. Jika kau memang anakku.

Ketiga. Cari tahu batas diri.

Dengan begitu, kau akan tahu diri! Tak perlu menjadi pribadi penuh pesona. Tetaplah menjadi pribadi yang bersyukur dengan apa yang dimiliki. Agar tak ada yang tersakiti.

Keempat. Hormati pribadi, bukan yang dimiliki.

Kau nanti akan mengenal satu ujaran lama. Harta, takhta dan wanita adalah jebakan dunia. Namun, jika kau sepakat dengan ujaran itu, tempat bermainmu belum jauh! Bagi lelaki, yang bernilai itu adalah diri, bukan tentang apa yang dimiliki. Hanya itu!

Kelima dan terakhir. Pupuklah "rasa takut'!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun