Mohon tunggu...

SYARAT DAN KETENTUAN

DEFINISI

Kompasiana adalah sebuah platform blog dan publikasi online yang dikembangkan oleh Kompas Cyber Media sejak 22 Oktober 2008. Setiap konten (artikel, foto, komentar) dibuat dan ditayangkan langsung oleh Pengguna Internet yang telah memiliki Akun Kompasiana (disebut Kompasianer).

Di tahun pertama kehadirannya, Kompasiana dibangun sebagai blog jejaring internal untuk jurnalis dan karyawan Kompas Gramedia. Memasuki tahun 2009, produk ini bertransformasi menjadi platform blog untuk semua orang. Nama Kompasiana sendiri diambil dari nama kolom yang diisi oleh Pendiri Harian Kompas, PK Ojong.

Dari tahun ke tahun, tampilan situs web Kompasiana (www.kompasiana.com) mengalami perubahan antarmuka, menjadi lebih bersih dan lebih mudah diakses. Sekian fitur interaktif juga terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan Kompasianer.

Keunikan Kompasiana terletak pada sisi pengelolaan konten yang dilakukan secara simultan. Setiap konten yang dibuat Kompasianer dapat langsung tayang sekaligus memberikan ruang kepada pengguna untuk turut berpartisipasi dalam pengelolaan melalui fitur pelaporan guna membantu kami dalam proses pengelolaan sehingga dapat memastikan tidak ada konten yang melanggar Syarat dan Ketentuan.

Untuk setiap konten terbaik, Kompasiana mengelola dan mempromosikannya 7x24 jam agar dibaca oleh lebih banyak orang.

Pada tahun 2017, produk digital yang semula menyandang slogan “Sharing. Connecting” ini mengusung slogan baru: “Beyond Blogging”. “Lebih dari sekedar ngeblog” merupakan semangat dan tekad menghadirkan sesuatu yang lebih bermakna untuk khalayak blogger. Dengan tagline ini, masyarakat diharapkan lebih mudah mengenali Kompasiana sebagai produk media sosial buatan Indonesia. “Beyond Blogging” juga mempertegas posisi Kompasiana sebagai saluran gagasan dan opini masyarakat.

Selain sebagai wadah membuat konten bagi semua warga, Kompasiana telah menghubungkan banyak produk dan institusi untuk berinteraksi dengan Kompasianer dan khalayak lainnya lewat beragam kegiatan online dan offline seperti kompetisi blog, Kompasiana Nangkring, Visit, Blogtrip, Drive & Ride, dan sebagainya.

Pembaca dan Kompasianer wajib membaca Syarat dan Ketentuan Kompasiana secara cermat. Dengan mengakses dan/atau melakukan registrasi di Kompasiana, Kompasianer menyatakan setuju untuk terikat dengan syarat dan ketentuan yang berlaku serta kebijakan mengenai perubahan atau perbaikan syarat dan ketentuan Kompasiana di kemudian hari.

Kompasianer dipersilakan untuk tidak mengakses dan menggunakan situs ini jika tidak setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan Kompasiana.

Berikut Definisi umum dari istilah-istilah yang dipergunakan dalam Syarat dan Ketentuan Kompasiana:

  1. PT Kompas Cyber Media adalah unit usaha di industri digital yang bergerak di bidang media.
  2. Kompasiana adalah media sosial berplatform blog yang seluruh Kontennya berasal dari dan dikelola oleh pengguna Internet. Hak cipta dan merek dagang Kompasiana dimiliki oleh PT Kompas Cyber Media.
  3. Pembaca adalah setiap pribadi yang mengakses situs web Kompasiana. Pembaca tidak memiliki akun di Kompasiana, oleh karenanya tidak bisa menempatkan Konten apapun, termasuk komentar dan peringkat (rating) di Kompasiana. Pembaca tidak memiliki akses ke fitur dan layanan Kompasiana.
  4. Kompasianer adalah sebutan bagi anggota Kompasiana, pengguna Internet yang melakukan registrasi di "Single Sign On KOMPAS.com", dan selanjutnya memiliki Akun Kompasiana. Kompasianer memperoleh akses untuk menggunakan fitur dan layanan Kompasiana.
  5. Akun Kompasiana adalah identitas kepemilikan blog di Kompasiana. Setiap akun di Kompasiana memiliki halaman profil yang berisi indeks Konten milik Kompasianer yang dapat diakses oleh Pembaca dengan cara menyantumkan nama Akun Kompasiana di belakang alamat situs web Kompasiana (misalnya, www.kompasiana.com/NamaAkunKompasiana). Nama Akun Kompasiana yang digunakan oleh Kompasianer dapat berbeda dari identitas Kompasianer yang menggunakannya.
  6. Pengelola adalah pihak yang memiliki akses untuk mengelola platform Kompasiana. Pengelola juga bertugas untuk memproses validasi dan verifikasi akun, serta menjalin komunikasi dengan Kompasianer. Pengelola memiliki hak melayangkan peringatan, menghapus konten, dan memblokir akun Kompasianer.
  7. Konten adalah materi yang ditempatkan (posted) ke dalam sistem dan/atau ditayangkan (published) di situs Kompasiana, terdiri atas teks, file foto dan bentuk grafik 2 dimensi lainnya, video, dan audio, serta komentar oleh Kompasianer. Konten juga termasuk materi yang diunggah (uploaded), ditautkan (linked) atau dilekatkan (embedded) ke dalam materi yang ditayangkan di Kompasiana.