Mohon tunggu...
TOPIK PILIHAN
 KITA SEMUA BERSAUDARA

KITA SEMUA BERSAUDARA

Pasca aksi unjuk rasa yang terjadi di Jayapura, Manowari, Sorong, dan beberapa wilayah di Indonesia atas insiden yang dialami mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur, telah berangsur normal. Tidak hanya itu, Lukas Enembe Gubernur Papua sendiri mengapresiasi aksi unjuk rasa tersebut karena berjalan damai. Bahkan massa pun bertemu langsung dengan Gubernur untuk menyampaikan sikap yang mengencam aksi persekusi dan rasisme.Kejadian ini semestinya bisa menjadi pembelajaran ke depan. Sebab, biar bagaimanapun, segala bentuk perpecahan antar-warga tidak boleh terjadi lagi --atas dasar apapun. Silakan Kompasianer bisa menuliskan opininya mengenai topik berikut dengan menambahkan label KitaSemuaBersaudara (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 DIGODA PROMO TANGGAL MERAH

DIGODA PROMO TANGGAL MERAH

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Kemerdekaan kali ini juga turut dimeriahkan oleh berbagai promo dan potongan harga. Namun, sudahkan kita cerdas dalam memanfaatkan berbagai promo ini?Tergodakah Anda? Bagaimana cara Anda menyiasati pengeluaran dengan segudang iming-iming promo belanja? Apakah diskon dan promo ini mereduksi penghayatan Hari Kemerdekaan atau hari raya lainnya? Ataukah momentum promo ini justru menjadi solusi bagi kebutuhan keluarga?Karena itu kami mengajak Anda untuk menuliskan opini tentang promo dan potongan harga yang kerap muncul jelang hari besar di Indonesia. Sematkan label BerburuPromoTanggalMerah (tanpa spasi) pada tiap artikelnya.

 SDM UNGGUL KEBANGGAAN KITA SEMUA

SDM UNGGUL KEBANGGAAN KITA SEMUA

Selain dikenal sebagai bangsa yang penduduknya ramah-ramah, Indonesia juga memiliki segudang prestasi yang dapat dibanggakan di kancah internasional. Tak salah jika tahun ini kita mengangkat "SDM Unggul, Indonesia Maju" sebagai tajuk nasional peringatan HUT ke-74 RI.Nah, Kompasianer, menurutmu apa sajakah kehebatan orang Indonesia yang membuat kita sanggup berdaya saing di level dunia? Ayo bareng-bareng berbagi cerita tentang keunggulan kita yang "Indonesia banget" di berbagai sektor!Tuliskan opini, pengalaman, reportase, dan apapun soal keunggulan dengan menambahkan KeunggulanOrangIndonesia (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 DUH, KPI!

DUH, KPI!

Lelucon-lelucon tak pantas, tayangan religi tak masuk akal, drama-drama konyol dengan mempertontonkan aib hingga komoditas anak dan gender demi keuntungan pasar menjadi hal jamak ditemui dalam berbagai tayangan di televisi. Padahal mereka menggunakan frekuensi publik, yang sejatinya adalah milik masyarakat. Lembaga yang didapuk untuk berwenang atas segala macam tayangan, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), pun seperti tak kuasa.Kompasianer, apa opini Anda mengenai tayangan televisi kita hari ini? Dan adakah solusi untuk Komisioner Penyiaran Indonesia atas persoalan ini?Demi tayangan televisi dan KPI yang lebih baik tuliskan berbagai opini Anda di Kompasiana mengenai hal ini dengan menyematkan label MenyorotiKPI (tanpa spasi) pada tiap artikelnya.

 Mengolah Daging Kurban

Mengolah Daging Kurban

Mengolah daging kurban itu gampang-gampang-susah. Sebab, acapkali kita tidak tahu akan dapat jenis daging seperti apa. Ketika sudah menyiapkan bahan untuk daging sapi, ternyata dapatnya daging kambing --juga sebaliknya.Makanya, untuk Idul Adha tahun ini, lebih baik kita saling berbagi resep atau tips cara mengolahnya agar setelah solat ied yang disiapkan tidak lagi arang dan tusuk sate untuk nyate bareng. Silakan Kompasianer tulis dengan menambahkan label MengolahDagingKurban (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 CERITA DI BALIK PADAM LISTRIK

CERITA DI BALIK PADAM LISTRIK

Telah terjadi gangguan aliran listrik yang terjadi pada Minggu (4/8/2019) pada Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi atau SUTET 500kV Ungaran-Pemalang. Titik gangguannya, ujar Plt Dirut PLN, Sripeni Inten Cahyani, yaitu pada sirkuit satu.Dan yang membuat lebih parahnya lagi, layanan provider ikut mati. Akibatnya, aktivitas di dunia nyata dan maya mati gaya.Etapi, tentu saja, ada saja hal-hal yang bisa dilakukan tanpa listrik dan tanpa terkoneksi internet, bukan?Yuk tulis dan ceritakan semuanya di Kompasiana yang Kompasianer lakukan selama padamnya listrik dengan menambahkan label CeritaDiBalikPadamListrik  (tanpa spasi) pada tiap artikelnya.

 SIAP SIAGA BENCANA

SIAP SIAGA BENCANA

Tinggal dalam lingkaran gempa paling aktif di dunia, Cincin Api Pasifik (Pacific Ring of Fire), sekaligus dibelit jalur gempa teraktif nomor dua di dunia, Sabuk Alpide (Alpide Belt) memang bukan pekerjaan ringan untuk kita. Belum lagi menyoal pengetahuan dan kesiapsiagaan akan bencana alam.Kompasianer, ada baiknya kita mulai untuk menambah pengetahuan dan kesiapsiagaan bencana lebih ekstra mengingat bencana alam di sekitar kita bisa kapan saja terjadi. Mari berbagai pengetahuan mengenai kesiapsiagaan bencana alam kepada para pembaca. Tulis di Kompasiana dengan menambahkan label KesiapsiagaanBencana (tanpa spasi) di tiap artikelnya.

 Buruknya Kualitas Udara Kita

Buruknya Kualitas Udara Kita

Perbincangan tentang pencemaran udara di Jakarta yang sempat mencapai titik terburuk ini lagi-lagi mendapat perhatian banyak orang. Tidak hanya di Jakarta, beberapa daerah juga ikut melaporkan betapa buruknya polusi udara yang belakangan ini mencemari.Bagaimana dengan kualitas di daerah tempat Kompasianer? Apa yang Kompasianer rasakan dengan cuaca dan kualitas udara saat ini? Adakah upaya atau langkah yang Kompasianer lakukan guna mengantisipasi bahaya dari polusi udara tersebut? Sampaikan opini atau laporan reportase Kompasianer terkait topik berikut dengan menambahkan label KualitasUdara (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 Cerdas Berutang!

Cerdas Berutang!

Banyaknya ragam metode berutang ini kerap menjadi opsi andalan kita demi pemenuhan kebutuhan hidup yang lebih praktis. Tapi, namanya juga utang. Suatu hari harus dibayar. Dan tak jarang, di antara kita ada yang terjebak dalam kesulitan membayar utang.Kompasianer, bagaimana opini kalian mengenai keputusan berutang dan kemudahan mendapat kredit yang kini jamak ditawarkan oleh bank/aplikasi keuangan? Adakah tips cerdas berutang yang mau dibagikan? Tulis pengalaman/opinimu dengan menambahkan label CerdasBerutang (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 TERBANG TINGGI GARUDA MUDA

TERBANG TINGGI GARUDA MUDA

Tim Nasional Indonesia U-15 bakal berlaga di Piala AFF U-15 2019 di Thailand, 25 Juli hingga 8 Agustus mendatang. Pada Piala AFF U-15 2019, Indonesia akan bersaing dengan Myanmar, Vietnam, Timor-Leste, Singapura, dan Filipina dalam Grup A.Kompasianer, mari kita berikan dukungan kalian kepada para Garuda Muda yang tengah berjuang untuk mengharumkan nama bangsa. Berikan juga analisa Anda terkait AFF U-15 2019 di Kompasiana dengan mencantumkan label DukungGarudaMuda (tanpa spasi) pada tiap artikelnya.