Mohon tunggu...
TOPIK PILIHAN
 DIKEPUNG POLUSI ASAP

DIKEPUNG POLUSI ASAP

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa wilayah Indonesia kembali terjadi. Asapnya menyebar hingga mancanegara. Persoalan ini selalu terulang tiap tahun, namun sampai sekarang belum bisa diselesaikan sampai ke akarnya.Asap karhutla dan polusi udara menyebabkan ini negara mengalami kerugian secara ekonomi. Sementara masyarakatnya terancam kesehatannya.Kompasianer, apakah wilayah Anda dikelilingi kabut asap dan/atau mengalami penurunan kualitas udara hingga mengganggu aktivitas? Atau Anda memiliki solusi memecahkan masalah asap yang terus berulang?Berikan opini dan kabarkan kondisi terkini Anda kepada para pembaca Kompasiana dengan memberikan label Indonesia Dikepung Asap (dengan spasi) pada setiap artikel Anda.

 SELAMAT JALAN, HABIBIE

SELAMAT JALAN, HABIBIE

Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta,  Rabu (11/09/2018). Habibie meninggal di usianya yang ke-83.Untuk mengenang beliau, kami mengajak Kompasianer menuliskan segala bentuk opini mengenai BJ Habibie, terutama perihal apresiasi atas karya dan jasanya untuk Indonesia.Tuliskan opini Anda di Kompasiana dengan mencantumkan label BJ Habibie Meninggal (menggunakan spasi) pada tiap artikelnya.

Hari Olahraga Nasional

Hari Olahraga Nasional

Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada 9 September kali ini tidak boleh hanya diperingati sebagai hari bersejarah belaka. Hari Olahraga Nasional tahun ini harus menjadi momentum kebangkitan olahraga Tanah Air.Karena itu momen Hari Olahraga Nasional patut menjadi menjadi titik balik prestasi olahraga nasional dari semua cabang yang ada, terutama perihal pembinaan dan prestasi.Apa opini Anda mengenai keolahragaan nasional saat ini? Dan pembenahan apa yang harus dilakukan oleh seluruh pengurus cabang olahraga di Tanah Air? Tuliskan opini dan penilaian Anda dengan menyertakan label Prestasi Olahraga Nasional (menggunakan spasi) pada tiap artikelnya.

POLEMIK LEMBAGA ANTIRASUAH

POLEMIK LEMBAGA ANTIRASUAH

Agak janggal bila seorang calon pejabat tak mengetahui, apalagi menguasai, perundang-undangan dalam wilayah jabatan yang akan diembannya. Sekiranya begitu yang melatarbelakangi polemik Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) belakangan ini.Persoalan lainnya adalah, secara tiba-tiba Dewan Perwakilan Rakyat kembali berencana meeivisi UU Nomor 30 Tahun 2002 Tentang KPK. Rencana DPR melalui rapat yang dibahas secara tertutup dari publik itu akan mengubah kedudukan dan kewenangan KPK. Kompasianer, bagaiamana tanggapan Anda terkait polemik lembaga antirasuah itu kali ini? Dan masih mampukah KPK ke depannya dalam mengusut hingga menuntaskan persoalan korupsi di Indonesia ?Tuliskan tanggapan atau opini Anda di Kompasiana dengan menyertakan label KPK Di Ujung Tanduk (dengan spasi) di tiap artikelnya.

Protes Pelanggan

Protes Pelanggan

Akan tiba satu masa: di mana pelanggan dirugikan dan protes bahkan cenderung marah atas ketidaknyamanan yang diterima. Momen-momen seperti itulah yang kadang bisa di luar kendali. Apa tanggapan Kompasianer mengenai bentuk protes tersebut? Adakah pengalaman yang pernah Kompasianer rasakan ketika berhadapan dengan pelayanan yang tidak baik itu? Silakan tulis opini atau tips dalam menyikapi hal semacam itu dengan menambahkan label Protes Pelanggan (gunakan spasi) pada setiap artikel.

 MENGAWASI LEGISLATOR TERPILIH

MENGAWASI LEGISLATOR TERPILIH

Sudah sejak minggu lalu dan beberapa hari ke depan, para anggota dewan legislatif terpilih sudah siap mengemban tugasnya di daerah masing-masing.Kita akan sama-sama mengawal mereka, anggota legislatif di masing-masing daerah, agar tetap amanah akan janji-janjinya selama kampanye. Atas visi dan misi yang mereka telah tawarkan pada kita. Jadi, silakan tulis opini/pendapatnya dengan menambahkan label Mengawasi Legislator (gunakan spasi) pada setiap artikel.

 TAHUN BARU ISLAM 1441 H: TOLERAN, PEMAAF, DAN HIJRAH

TAHUN BARU ISLAM 1441 H: TOLERAN, PEMAAF, DAN HIJRAH

Seluruh umat Muslim di dunia termasuk Indonesia menyambut tahun baru Islam 1441 Hijriah yang jatuh pada 1 Muharram atau Minggu (01/10/2019).Dilihat dari sejarahnya, tahun baru islam memiliki makna menegaskan kembali pentingnya menerapkan akhlak mulia dalam kehidupan yang bersumber dari Al-Quran, termasuk menjadi toleran dan pemaaf tanpa terkecuali. Serta mengingat kembali peristiwa hijrah dan sejarah dari Nabi Muhammad SAW dan para sahabat.Kompasianer, itu adalah sedikit yang bisa digambarkan. Namun setiap dari Anda tentu punya makna tersendiri dalam momentum tahun baru Islam kali ini. Bagikan opini Anda dalam memaknai tahun baru Islam kali ini. Anda juga bisa menceritakan bagaimana perayaan tahun baru Islam di sekitar.Tuliskan cerita dan opini Anda di Kompasiana. Dan jangan tertinggal untuk menyematkan label Tahun Baru Islam 1441 Hijriah (tanpa spasi) pada tiap artikelnya.

 BAGIKAN KISAH HORORMU DI KOMPASIANA

BAGIKAN KISAH HORORMU DI KOMPASIANA

Ada kalanya kita, entah secara sadar atau tidak, mengalami hal-hal yang bahkan sulit untuk kita percayai. Sampai pada satu momen di mana kita jadi bingung untuk sekadar menceritakannya pada orang lain: peristiwa tersebut benar atau semata khayalan belaka?Di antara dunia nyata maupun maya, ternyata ada dunia ghaib yang sejak dulu kita dengar dan tahu itu.Barangkali ada sedikit kisah atau cerita atas pengalaman yang pernah Kompasianer alami mengenai hal-hal menyeramkan maupun tempat-tempat yang Kompasianer tahu --dan dipercayai-- sebagai tempat angker yang bisa bagi kepada kami. Silakan tulis dengan menambahkan label KisahHoror (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 URGENSI PINDAH IBU KOTA

URGENSI PINDAH IBU KOTA

Presiden Joko Widodo secara resmi sudah menetapkan wilayah yang akan menjadi Ibu Kota baru Indonesia. Itu diumumkan Jokowi saat konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/08/2019)"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur," kata Jokowi.Kompasianer, bagikan pandangan Anda mengenai urgensi pindah ibu kota di Kompasiana dengan menyematkan label Urgensi Pindah Ibu Kota (tanpa spasi) di tiap artikelnya.

Menembang Lagu Daerah

Menembang Lagu Daerah

Indonesia punya segudang lagu khas berbagai daerah: kaya dan unik. Namun agak disayangkan eksistensi lagu daerah perlahan meredup dan kurang dimaknai.Para milenial dan generasi selanjutnya saat ini lebih menggandrungi K-pop ketimbang lagu daerah. Menggandrungi K-pop bukanlah kesalahan apalagi dosa besar. Tapi kita bisa belajar dari situ.Kompasianer, bagaimana pendapat Anda tentang fenomena lagu daerah saat ini, dan langkah apa yang harus dilakukan demi membangkitkan eksistensi lagu-lagu daerah hingga mendunia? Yuk, tuliskan dengan menyematkan label BangkitLaguDaerah (tanpa spasi) pada tiap artikelnya.