GELIAT KOTA CERDAS DI INDONESIA

GELIAT KOTA CERDAS DI INDONESIA

Mengacu pada model lingkaran kota cerdas Boyd Cohen, pegiat kota cerdas internasional, lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kompas mengembangkan dan menggunakan itu untuk metode penilaian dan pembobotan kota dalam IKCI 2018. Hasilnya, ditetapkan 4 kota pada urutan pertama di setiap kategori di antaranya adalah Kota Surabaya untuk Kota Metropolitan, Kota Denpasar untuk Kota Besar, Kota Manado untuk Kota Sedang, dan Kota Padang Panjang untuk Kota Kecil.Tim Litbang Kompas sendiri membuat 6 dimensi cerdas yang dinilai, yakni lingkungan, masyarakat, ekonomi, kualitas hidup, pemerintahan, dan mobilitas. Namun, setelah keluarnya daftar Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018 oleh tim Litbang Kompas, kami ingin tahu bagaimana kini kondisi kota yang Kompasianer tingggali tumbuh dan berkembang menuju kota cerdas? Tambahkan label KotaCerdasIndonesia (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 Debat Putaran Pertama Capres-Cawapres 2019

Debat Putaran Pertama Capres-Cawapres 2019

Banyak yang mesti dipersiapan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai panitia penyelenggara. Dan seperti yang kita tahu, pada 17 Januari 2019, proses pemilu akan memasuki tahap penting: debat capres-cawapres putaran pertama. Meski pertanyaan yang akan diberikan kepada masing-masing paslon sudah terlebih dulu diberikan KPU sebelum waktu debat, tetapi dalam format debat nanti akan dibagi menjadi 2 model pertanyaan yaitu terbuka dan tertutup.Ada 4 tema yang akan diperdebatkan pada debat putaran pertama ini, yakni Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. Dari keempat tema tersebut, mana yang menurutmu menarik untuk ditunggu argumentasi dan solusi yang ditawarkan oleh masing-masing paslon? Sampaikan opini/pendapat Kompasianer terkait topik berikut dengan menambahkan label DebatPertamaCapres2019 (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 MENYOROTI RESPONS KASUS PROSTITUSI

MENYOROTI RESPONS KASUS PROSTITUSI

Akhir pekan ini, media sosial ramai menggunjingkan peristiwa penangkapan seorang artis di sebuah hotel Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (5/1/2019). Penangkapan yang digawangi oleh Polda Jatim tersebut menduga keterlibatan sang artis dalam praktik prostitusi online. Tetapi diskusi yang kemudian berkembang di media sosial ialah cemooh serta gurauan yang jamak ditujukan kepada si artis. Identitasnya juga lebih banyak beredar di ruang publik dibandingkan dengan identitas penyewanya. Mengenai fenomena ini, Komisioner Komisi Nasional (Komnas) Perempuan Adriana Venny menyayangkan maraknya pengeksploitasian identitas dan penghakiman terhadap perempuan, mulai dari jajaran penegak hukum, media, hingga respons masyarakat. Kompasianer, bagaimana opini Anda menanggapi sikap aparat, media, dan masyarakat dalam fenomena kasus prostitusi online ini? Sampaikan opini atau reportase terkait topik dengan menambahkan label TimpangSikapiProstitusi (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 Korupsi Bantuan Bencana

Korupsi Bantuan Bencana

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas proyek sistem penyediaan air minum di wilayah bencana Palu-Donggala, Sulawesi Tengah. Persitiwa itu membuat kita patut prihatin atas etika dan empati para pejabat ini. Sebab, bukan tidak mungkin hal serupa terjadi di tengah bencana-bencana lainnya.Mengutip Harian Kompas (03/12/2018), menunjukkan sejak 2002 dana penanggulangan dan bantuan bagi korban bencana di sejumlah daerah dikorupsi. Sejumlah pejabat dari beberapa daerah seperti di Papua, Jateng, Jabar, Sumut, Sulut, Aceh, dan Riau pun harus mempertanggunjawabkan perbuatannya di ranah hukum.Kompasianer, bagaimana tanggapan Anda melihat fenomena ini? Atau adakah saran kepada pihak berwenang merumuskan pemberian dana bantuan pascabencana agar tidak kembali disunat? Tuliskan opini atau analisa Anda di Kompasiana dengan mencantumkan label KorupsiBantuanBencana (tanpa spasi) di setiap artikelnya.

 Pengaturan Skor Sepak Bola Indonesia

Pengaturan Skor Sepak Bola Indonesia

Setelah dibentuknya Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola pada 22 Desember 2018, terdapat 240 laporan yang masuk melalui hotline yang dibuka sampai saat ini. Namun, dari sekian banyak laporan, hanya ada 47 laporan yang ditindak lanjuti terkait skandal pengaturan skor sepak bola Indonesia.Terkait pengaturan skor ini juga akan jadi agenda utama PSSI pada kongres tahunan yang akan dihelat pada 20 Januari 2019 di Bali. Tentu sebagai penikmat dan penonton sepak bola Indonesia berharap banyak pada hasil kinerja Satgas Antimafia Bola ini.Komitmen untuk membawa sepak bola lebih baik bukan hanya menjadi tugas PSSI semata, melainkan seluruh elemen masyarakat, terlebih kasus pengaturan skor ini sudah berlangsung lama. Melihat kondisi sepak bola tanah air sekarang ini, kami mengajak Kompasianer untuk ikut memberi kritik atau saran atas isu tersebut dengan menambahkan label PengaturanSkor (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 Menyambut Tahun Baru 2019

Menyambut Tahun Baru 2019

Memasuki tahun politik 2019 tentu kita berharap perayaan tahun baru 2019 hadir dalam bentuk yang bersahaja. Rasa saling simpati dan empati sesama masyarakat menjadi penguat solidaritas berbangsa dan bernegara. Kegiatan perayaan tahun baru 2019 jika dilaklukan dengan sikap saling toleran tentu mencerminkan bahwa kita bisa merajut temali persaudaraan lintas golongan, antara warga satu dengan warga lainnya. Inilah yang menjadi harapan bahwa tahun baru 2019 menjadi basis utama membangun toleransi dan kebhinekaan itu. Dalam meyambut tahun 2019 kami mengajak Kompasianer untuk menceritakan bagaimana kesiapannya dalam mempersiapkan perayaan tahun baru ini baik berupa reportase atau opini dengan menambahkan label TahunBaru2019 (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 TSUNAMI MENERJANG WILAYAH PERAIRAN SELAT SUNDA

TSUNAMI MENERJANG WILAYAH PERAIRAN SELAT SUNDA

Telah terjadi Tsunami di Pantai Barat Provinsi Banten pada Sabtu (22/12/2018) sekitar pukul 21.27 WIB. Menurut Siaran Pers yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berdasarkan hasil pengamatan rekaman seismik dan laporan masyarakat, peristiwa ini tidak disebabkan oleh aktivitas gempa bumi tektonik. Namun, sensor Cigeulis (CGJI) mencatat adanya aktivitas seismik dengan durasi lebih-kurang 24 detik dengan frekuensi 8-16 Hz pada pukul 21.03.24 WIB.Tidak hanya itu, BMKG juga telah mendeteksi dan memberi peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku dari tanggal 22-25 Desember 2018 pukul 07.00 WIB di wilayah perairan Selat Sunda.Jika Kompasianer ada yang ingin menyampaikan opini atau reportase dengan menambahkan label TsunamiDiBantenDanLampung (tanpa spasi) pada setiap artikel.

Cinta Kasih Natal 2018

Cinta Kasih Natal 2018

Natal telah tiba! Selain menandai awal libur panjang, perayaan Natal kerap menjadi saat yang tepat untuk menilik kembali relasi dengan orang di sekitar kita. Sudahkah kehadiran Isa Almasih memberi semangat pada kita untuk berbela rasa, menabur kasih, dan memberi manfaat bagi makhluk hidup di sekitar kita?Kompasianer, kamu juga merasakan damai Natal tahun ini? Apa aktivitasmu di Natal 2018? Kisahkanlah pengalaman liburan, kemeriahan, kesan, ritual ibadah, dan aktivitas lainnya selama libur Natal ini. Tambahkan label Natal2018 (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 SAATNYA PARA IBU MENGAMBIL PERAN LEBIH

SAATNYA PARA IBU MENGAMBIL PERAN LEBIH

Hari Ibu acapkali diidentikkan sebagai momentum untuk mengapresiasi jasa seorang ibu dalam peran domestiknya. Padahal, tugasnya lebih dari itu. Terlepas dari pilihan seorang perempuan untuk menjadi ibu rumah tangga atau berkarier, fungsi ibu tidaklah sekadar mengurus rumah, anak, dan mendampingi laki-laki. Tak hanya bertanggung jawab di rumah, fungsi seorang ibu dalam kehidupan bermasyarakat sungguhlah luas.Dalam memperingati Hari Ibu tahun ini, kami ingin mengajak Kompasianer menceritakan kisah atau pengalaman tentang aktivitas para ibu bersosialisasi di kehidupan sehari-hari. Bisa tentang peran para ibu untuk menaikkan kualitas hidup di lingkungan sekitarnya, tentang kiprah para ibu di tempat berkaryanya, dll. Silakan tambahkan label HariIbu2018 (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 Bukit Soeharto Hancur karena Penambangan, Apa Pendapatmu?

Bukit Soeharto Hancur karena Penambangan, Apa Pendapatmu?

Penambangan batubara ilegal di kawasan konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto di Kalimantan Timur, menyebabkan sekitar 71 persen atau sekitar 67.000 hektar lahan, kini dalam kondisi kritis.Fenomena ini sungguh disayangkan, mengingat bila terus dibiarkan, bukan tidak mungkin kawasan konservasi menjadi hancur, habis, dan mengganggu ekosistem lingkungan. Alih-alih menindak tegas, pada kasus ini komitmen aparat kepolisian perlu dipertanyakan, lantaran terbukti aksi penambangan liar justru terjadi di belakang kantor kepolisian setempat.Kompasianer, apa opini Anda mengenai peristiwa ini? Adakah tindakan yang menjadi usulan Anda demi lebih terjaganya lahan konservasi di Indonesia? Sampaikan opini/pendapat Kompasianer mengenai beralih fungsinya kawasan konservasi menjadi lahan penambangan liar dengan menambahkan label PenambanganBukitSoeharto (tanpa spasi) pada setiap artikel.