Pola Asupan Makan buat Pengidap Diabetes

Pola Asupan Makan buat Pengidap Diabetes

Diabetes bukanlah penyakit sembarang. Penyakit ini disebabkan kandungan gula darah yang berlebihan di dalam tubuh. Sebagian besar diakibatkan faktor genetik, namun gaya hidup juga memiliki peran yag tidak sedikit. Jika seseorang terkena diabetes, ia memiliki kemungkinan untuk terkena penyakit serius lain, seperti serangan jantung, struk, gagal ginjal, kebutaan, bahkan harus menjalani amputasi jika luka semakin parah. Apakah Kompasianer punya tips mengatur pola makan supaya terhindar dari diabetes. Selain itu, untuk Anda yang tengah berjuang melawan dampak diabetes atau tinggal bersama penderita diabetes, adakah tips makan yang dapat dibagikan untuk menjaga kondisi tetap prima? Tuliskan tips Anda dengan menambahkan label PolaMakanDiabet (tanpa spasi) pada setiap artikelmu.

Seberapa Besar Peluang Indonesia di AFF Cup 2018?

Seberapa Besar Peluang Indonesia di AFF Cup 2018?

Piala AFF 2018 telah resmi dimulai pada Kamis (8/11/2018). Tetapi, mulai tahun ini, turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara tersebut memiliki format yang unik, yakni empat laga yang dimainkan oleh masing-masing tim akan dilangsungkan dengan format 2 laga tandang dan 2 laga kandang.Kira-kira, seperti apa peluang Indonesia pada turnamen AFF 2018 kali ini? Atau, akan ada kejutan dari negara-negara lain? Silakan ulas jalannya turnamen AFF 2018 di Kompasiana dengan menambahkan label AFFCUP2018 (tanpa spasi) pada setiap artikel.

Seperti Apa Pahlawan Idamanmu?

Seperti Apa Pahlawan Idamanmu?

Setiap tanggal 10 November kita mengenang aksi heroik para pahlawan. Meski demikian, perayaan ini hendaknya tidak berhenti pada romantisasi belaka. Masih ada pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan setelah itu.Pekerjaan rumah itu begitu banyak. Kesenjangan sosial, tantangan perbedaan yang kerap menyulut perseteruan, ketakmerataan pendidikan, dan masalah kenegaraan lainnya yang menjadi dinamika sehari-hari. Selama masih ada masalah, akan selalu dibutuhkan pahlawan-pahwalan baru.Jika boleh berandai-andai, sosok pahlawan seperti apa yang kamu harapkan dapat untuk situasi saat ini? Atau jika kamu sudah menemukan pahlawan itu, siapakah dia? Yuk, ceritakan kisahmu itu dengan menambahkan label PahlawanIdaman (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 INSIDEN LION AIR JT610

INSIDEN LION AIR JT610

Pesawat Lion Air JT610 dikabarkan hilang kontak pada pagi ini (27/10/2018) tepatnya pukul 06.33 WIB. Penerbangan dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang tersebut membawa 181 penumpang serta 7 crew.Setelah mengudara 13 menit semenjak lepas landas dari Bandar Udara Soekarno-Hatta, pergerakan Lion Air JT 610 terhenti di di perairan Karawang, Jawa Barat. Hingga saat ini belum dipastikan mengenai jumlah korban akibat kecelakaan pesawat ini.Kompasianer, Jika Anda ingin berbagi informasi terkait musibah ini atau pengalaman tentang dunia penerbangan. Sertakan label InsidenJT610 (tanpa spasi) pada artikel yang Anda tayangkan.

 HANGAT DALAM DEKAPAN 10 TAHUN KOMPASIANA

HANGAT DALAM DEKAPAN 10 TAHUN KOMPASIANA

Setelah 10 tahun hadir sebagai blog sosial di Indonesia, Kompasiana telah menjadi salah satu kanal warganet untuk menyampaikan segala hal yang ada di benak mereka. Tak sedikit pula kisah tentang peristiwa yang menguras emosi dan menarik simpati, membuat satu hingga sekumpulan Kompasianer merasa perlu untuk menyampaikan dukungan dan bahu-membahu menggalang bantuan.Kompasianer, Andakah salah seorang yang mengalami eratnya pertalian antar-Kompasianer di Kompasiana? Atau jangan-jangan Andalah penggagas, pegiat, dan pelakunya?Mari bagikan pengalaman indah Anda bercengkerama, berjejaring, berkomunitas, bahu-membahu, memiliki keluarga baru, dan peristiwa-peristiwa lainnya yang berkesan di Kompasiana. Sertakan label 10TahunKompasiana (tanpa spasi) pada setiap artikel Anda.

 Selamat Jalan, Si Gundul!

Selamat Jalan, Si Gundul!

Pecinta sepak bola Tanah Air mendapat kabar mengejutkan, tentu bukan kabar menggemberikan: Media sepak bola terlama, Tabloid Bola, menyudahi penerbitannya.Selama 34 tahun perjalanannya, Tabloid Bola, memang memiliki tempat tersendiri bagi pecinta sepak bola tanah air. Selama perjalanannya itu, Tabloid Bola hadir dengan kemasan dan ulasan-ulasannya yang khas.Kompasiana mengajak Anda untuk membagikan kenangan-kenangan menarik bersama Tabloid Bola. Memburu poster pemain atau tim idola, misalnya. Dan jangan lupa cantumkan label TabloidBolaPamit (tanpa spasi) di tiap artikel Anda.

 SETELAH 1 TAHUN, SELANJUTNYA APA, ANIES?

SETELAH 1 TAHUN, SELANJUTNYA APA, ANIES?

Hari ini 17 Oktober 2018 tepat satu tahun Anies Baswedan menduduki posisi Gubernur DKI Jakarta. Selam setahun itu, sudah ada banyak yang dilakukan Anies, tetapi ada juga yang belum.Dalam rangka 1 tahun Anies Baswedan menjabat Gubernur DKI Jakarta, kami mengajak para pembaca mengirimkan tulisan berupa opini tentang kepemimpinan Anies selama satu tahun belakangan, serta saran untuk pemerintahannya di tahun-tahun mendatang.Bagi Anda yang ingin menuliskan, sertakan label 1 Tahun Anies (Tanpa Spasi) pada tiap artikel.

 MERAYAKAN BULAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DENGAN BAHASA DAERAH

MERAYAKAN BULAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DENGAN BAHASA DAERAH

Seperti yang telah kamu ketahui, kita masyarakat Indonesia merayakan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia di bulan Oktober. Landasan penatapan tersebut merujuk pada pertemuan para pemuda di rumah Sie Kong Liongdi Jalan Kramat nomor 106 pada tanggal 28 Oktober 1928.  Sebuah deklarasi yang disebuh dengan Sumpah Pemuda. Masing-masing dari mereka bersepakat menggunakan dan menghormati Bahasa Indonesia tanpa melupakan bahasa daerahnya.Adakah di antara Kompasianer yang masih menggunakan bahasa daerah (atau, biasa juga disebut Bahasa Ibu) dalam percakapan, dalam menulis artikel, membuat vlog, dan kesempatan lainnya? Jika ya, bagaimana reaksi orang-orang sekitarmu ketika kamu menggunakan bahasa daerah?Yuk, ceritakan bagaimana pengalaman-pengalaman unik ketika kamu atau temanmu menggunakan bahasa daerah. Tambahkan label BanggaBerbahasaDaerah (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 KAMPANYE DAMAI 2019

KAMPANYE DAMAI 2019

Setelah masa kampanye resmi dibuka oleh KPU, pada saat yang bersamaan dilaksanakan pula deklarasi Kampanye Damai oleh kedua paslon Capres dan Cawapres. Kampanye Damai diharapkan dapat menarik simpati konstituen sebanyak-banyaknya tanpa menjatuhkan kompetitor.Lalu, bagaimana dengan Anda, Kompasianer? Bagaimana cara Anda menyikapi perbedaan pendapat dan berpartisipasi menciptakan Kampanye Damai?Mari, sampaikan opini/reportase di daerahmu tentang Kampanye Damai untuk pemilihan presiden 2019 dengan menambahkan label DamainyaKampanye2019 (tanpa spasi) di setiap artikel.

 Akankah Perseteruan Cicak vs Buaya Jilid 5 Terjadi?

Akankah Perseteruan Cicak vs Buaya Jilid 5 Terjadi?

Hasil penyelidikan Indonesialeaks dan kolaborasi 9 media seputar aliran dana suap yang diduga diterima oleh sejumlah pejabat institusi kepolisian. Hasil investigasi ini gempar lantaran melibatkan nama Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian di dalamnya.Bocoran dokumen yang menunjang laporan ini menunjukkan jejak aliran dana dari Basuki Hariman ke Kapolri Tito Karnavian sejak Tito menjabat sebagai Kapolda Metro, Kepala BNPT, hingga dilantik menjadi Kapolri. Basuki Hariman ialah tersangka penyuap mantan Hakim MK Patrialis Akbar dalam kasus impor daging sapi tahun 2017 lalu.Kompasianer, bagaimana tanggapanmu terhadap kasus yang menyeret nama Kapolri itu? Akankah keterungkapan kembali kasus ini oleh Indonesialeaks lantas membuat KPK meneruskan penyidikan walau berisiko membuka bab baru perseteruan Cicak vs Buaya? Tuliskan opinimu tentang dugaan ini dengan label CicakBuayaJilid5 (tanpa spasi) pada setiap artikel.