Mohon tunggu...
TOPIK PILIHAN
 REVISI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SISTEM ZONASI

REVISI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SISTEM ZONASI

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akhirnya langsung merevisi peraturan mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi. Aturan sistem zonasi PPDB diatur dalam Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru akhirnya direvisi dengan poin perubahan pada memperluas jalur prestasi dari 5 persen menjadi 5-15 persen. Di sisi lain, kuota untuk zonasi turun dari 90 persen menjadi 80 persen.Sampaikan opini/pendapat Kompasianer dengan menambahkan label SistemZonasi2019 (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 SIDANG MK PILPRES 2019

SIDANG MK PILPRES 2019

Hasil sengketa Pilpres 2019 akan diputuskan pada 28 Juni 2019. Pada prinsipnya, semua materi gugatan dan keterangan selama persidangan akan menjadi dasar pertimbangan Hakim Ketua MK, Anwar Usman. Menkopolhukam Wiranto juga meminta masyarakat menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Yuk sampaikan opini/pendapat Kompasianer mengenai peristiwa pada setiap tahapan sidang MK sengketa Pilpres 2019. Tambahkan label SidangMKPilpres2019 (tanpa spasi) pada setiap artikel

 COPA AMERICA 2019, BRASIL

COPA AMERICA 2019, BRASIL

Turnamen sepak bola antar negara-negara Amerika Selatan, Copa America 2019 akan kembali bergulir di Brasil pada 14 Juni hingga 7 Juli 2019 di Brasil. Banyak yang memprediksi kalau Brasil, Uruguay, Argentina masih menjadi unggulan selain Chile, tentu saja, yang berstatus sebagai juara bertahan.Kira-kira akan berlangsung seperti apa Copa America 2019 kali ini? Akankah ada kejutan dari tim-tim kuda hitam atau munculnya bintang muda yang bersinar? Silakan tulis semua ulasan terkait turnamen ini dengan menambahkan label CopaAmerica2019 (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 TRANSPARANSI PENYIDIKAN POLRI JAGA KEPERCAYAAN PUBLIK

TRANSPARANSI PENYIDIKAN POLRI JAGA KEPERCAYAAN PUBLIK

Saat ini publik menginginkan kerusuhan diungkap secara gamblang. Sebab, pengungkapan kasus itu menunjukkan hadirnya negara. Aparat kepolisian juga diminta terus mengedepankan transparansi dalam penanganan kasus tersebut. Kemudian juga masih ada yang harus dijawab oleh pihak kepolisian, yakni siapa pelaku yang bertanggung jawab atas peristiwa penembakan peristiwa 21-22 Mei yang memakan korban jiwa.Kompasianer, bagikan opini Anda terkait transparansi penyidikan Polri dan kaitannya dengan kepercayaan publik dalam kasus 21-22 Mei ini di Kompasiana. Jangan lupa untuk menyematkan label TransparansiPenyidikanPolri (tanpa spasi) pada tiap artikel Anda.

 PEMBENAHAN ANGKUTAN MASSAL DEMI KENYAMANAN MUDIK

PEMBENAHAN ANGKUTAN MASSAL DEMI KENYAMANAN MUDIK

Berdasarkan catatan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terjadi penurunan jumlah pemudik yang menggunakan angkutan massal tahun ini dibanding tahun 2018. Jumlah total penumpang selama mudik Lebaran 2019 tercatat sebanyak 11.531.775 orang. Sedangkan pada tahun 2018 jumlah penumpang mencapai 13.923.193.Untuk mengatasi itu, pemerintah didesak untuk membenahi angkutan massal lebaran agar penggunaan angkutan massal bisa menjadi pilihan utama pemudik. Sebab bila hanya mengandalkan jalan tol kemacetan akan selalu terjadi seiring dengan tingginya pertumbuhan kendaraan pribadi.Kompasianer, apakah Anda memiliki tanggapan/opini/usul terkait wacana pembenahan angkutan massal ini? Silakan tuliskan di Kompasiana dengan menyertakan label PembenahanAngkutanMassal (tanpa spasi) pada tiap artikel Anda.

 MENGEMBALIKAN SEMANGAT PRODUKTIF PASCA-LIBUR LEBARAN

MENGEMBALIKAN SEMANGAT PRODUKTIF PASCA-LIBUR LEBARAN

Cuti bersama dan libur Idul Fitri tahun 2018 berlangsung pada 11-20 Juni 2018. Seperti dikutip dari Harian Kompas, permasalahan utama dalam isu banyaknya cuti bersama dan hari libur yang diterima para pekerja di Indonesia adalah produktivitas dan disiplin kerja.Dan kembali ke rutinitas semula bukanlah perkara mudah, apalagi setelah libur seperti ini.Adakah tips atau cara yang biasa Kompasianer lakukan untuk mengembalikan semangat produktif? Sila tuliskan dengan menambahkan label KembaliProduktif (tanpa spasi) pada setiap artikel.

 MEMETIK MAKNA

MEMETIK MAKNA "MINAL AIDIN WAL FAIDZIN"

Kementerian Agama telah menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah pada 5 Juni 2019. Penetapan itu dikeluarkan setelah sidang isbat di Kementerian Agama, Jakarta, Senin (03/06/2019).Berdasarkan ketetapan itu seluruh umat Islam, terutama di Indonesia, akan menjalankan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Salah satu momen paling dinanti setelah selama satu bulan penuh menjalani ibadah puasa.Kompasianer, pada momen berbahagia ini kami mengajak Anda berbagi opini mengenai apa yang sudah Anda petik dari makna "Minal Aidin wal Faidzin". Tak hanya itu, Anda juga bisa menceritakan kehangatan lebaran di tahun ini. Tuliskan opini dan cerita Anda di Kompasiana dengan mencantumkan label IdulFitri1440H pada tiap artikelnya.

 BERBAGI KISAH MUDIK TAHUN INI

BERBAGI KISAH MUDIK TAHUN INI

Selain berbuka bersama dan mendapat THR, momen paling dinanti-nanti tiap Ramadan adalah kembalinya ke kampung halaman, atau mudik. Di sana kita melepas rindu dengan sanak saudara di bulan penuh berkah. Momen ini bisa dikatakan sebagai puncak Ramadan. Dan dalam perjalanannya selalu memiliki kisah tersendiri.Anda juga dapat melaporkan reportase situasi terkini dari jalan yang Anda lalui. Atau juga membagikan spot-spot menarik yang Anda kunjungi untuk melepas penat saat di perjalanan.Agar semua peristiwa itu tak hanya Anda simpan sendiri dan membayangkan serunya berbagi cerita-cerita saat mudik bersama penulis-penulis lainnya, maka alangkah tepatnya Anda bagikan di Kompasiana. Tunggu apa lagi? Yuk bagikan cerita pengalaman mudik Anda di Kompasiana dengan mencantumkan label: MudikKompasianer2019 (Tanpa Spasi).

 KEGIATAN JELANG LEBARAN

KEGIATAN JELANG LEBARAN

Lebaran sebentar lagi. Beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi unik dalam menyambut lebaran seperti di Tumbilotohe, Gorontalo yang selalu menyalakan minyak obor dari maghrib hingga pagi.  Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 3 malam terakhir di bulan Ramadhan.Kami ingin tahu bagaimana kesiapan atau kebiasaan Kompasianer jelang lebaran. Apakah ada kegiatan rutin yang dilakukan di tempatmu? Tulis ulasan Kompasianer dengan menambahkan label JelangLebaran2019 (tanpa spasi) pada setiap artikel.

SETELAH MEDIA SOSIAL DIBATASI

SETELAH MEDIA SOSIAL DIBATASI

Pembatasan yang terjadi seiring dengan maraknya kabar bohong dan ujaran kebencian menjelang penetapan rekapitulasi suara Pemilu 2019 oleh KPU, plus kerusuhan 21-22 Mei di Jakarta, memunculkan pro-kontra.Pemerintah berdalih pembatasan sudah sesuai dengan pasal 40 ayat (2) UU-ITE. Pembatasan ini berlaku dengan syarat media sosial terbukti mengganggu ketertiban umum dan/atau mengandung muatan negatif. Tetapi di sisi lain, pemerintah dinilai mengabaikan pasal 28F UUD 1945, tentang hak masyarakat untuk berkomunikasi dan menerima informasi.Hal ini akan terus terjadi bila ada kejadian serupa berulang di kemudian hari. Pemerintah mesti lebih menyiapkan regulasi yang jelas dan tegas guna membatasi penggunaan media sosial.Bagaimana tanggapan Kompasianer mengenai pembatasan media sosial pada pekan lalu? Sampaikan opini/pendapat terkait topik serupa dengan menambahkan label PembatasanMediaSosial (tanpa spasi) pada setiap artikel.