Mohon tunggu...
TOPIK PILIHAN
 WUJUDKAN IMPIAN PERGI HAJI SEDINI MUNGKIN

WUJUDKAN IMPIAN PERGI HAJI SEDINI MUNGKIN

Menunaikan ibadah haji merupakan bagian dari rukun Islam ke lima. Rukun Islam tersebut wajib bagi setiap muslim yang mampu, baik secara fisik maupun finansial. Karenanya alangkah baiknya kita tetap berusaha untuk memampukan diri untuk berhaji, meskipun perlu biaya tidak sedikit.Nah Kompasianer, Kamu dan orang di sekitar kamu punya niat suci mewujudkan dan menunaikan ibadah haji sejak dini? Yuk ceritakan keinginan kamu untuk segera beribadah disertai dengan kiat-kiat mewujudkannya baik secara batin, finansial, dan persiapan lainnya. Atau bila sudah pernah, mari berbagi tipsnya di Kompasiana. Tambahkan label "Saatnya Berhaji" (dengan spasi) pada setiap artikel Anda.

 SIAPKAH INDONESIA MELAKUKAN SENSUS ONLINE?

SIAPKAH INDONESIA MELAKUKAN SENSUS ONLINE?

Terhitung mulai Sabtu, 15 Februari 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia memulai sensus penduduk. Metode pendataan dibagi menjadi 2, yakni secara online pada 15-31 Maret 2020 dan pencatatan konvensional pada Juli 2020 bagi warga yang merasa terkendala mencatatkan diri secara online.Anda sudah mengisi formulir sensus online dan mau berbagi pengalaman di Kompasiana? Atau Anda punya kisah opini lain mengenai Sensus Penduduk 2020?Tulis konten Anda dengan menambahkan label Sensus Online 2020 (menggunakan spasi) pada setiap artikel.

 TRANSAKSI ONLINE DIBURU PAJAK

TRANSAKSI ONLINE DIBURU PAJAK

Sampai saat ini proses penyusunan undang-undang Omnibus Law Perpajakan masih belum rampung. Dari rencananya, pemerintah masih berusaha mendapat pemasukan pendapatan dari transaksi online, semisal e-commerce.Diberitakan, pihak e-commerce pun menyambut baik dengan syarat: pemerintah juga harus mengambil pajak pada transaksi di media sosial dan WhatsApp.Bagaimana tanggapan Anda memandang rencana pengenaan pajak transaksi online? Apakah Anda sebagai konsumen bersedia untuk menanggung sebagian beban pajak yang dikenakan pada belanjaan Anda? Atau Kompasianer punya opini lain terkait hal ini?Silakan tulis pendapat Abda dengan menambahkan label Pajak Transaksi Online (menggunakan spasi) pada setiap artikelnya.

 VALENTINE DENGAN SILATURAHMI

VALENTINE DENGAN SILATURAHMI

Rencana pembangunan terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta menuai kontroversi. Presiden Jokowi menyebutkan pembangunan ini dimaksudkan agar umat dari kedua rumah ibadah tersebut dapat dengan mudah menyeberang jalan sembari menjalin silaturahmi.Terlepas dari pro kontra yang terjadi, momen silaturahmi memang perlu kita rawat. Pada momentum Hari Kasih Sayang atau yang biasa disebut dengan Hari Valentine, upaya menjalin silaturahmi seperti rencana pembangunan terowongan ini perlu kita apresiasi sebagai wujud rasa sayang.Kompasianer, apakah kalian memiliki wujud lain dalam mengungkapkan rasa sayang dan menjalin silaturahmu? Tak perlu muluk-muluk. Mungkin Anda mengungkapkannya dengan cara bertegur sapa dengan tetangga sekitar, memberi tip kepada driver ojol, atau memasak makanan kesukaan untuk orang tersayang. Ceritakan cara Anda mengungkapkan rasa sayang dengan menambahkan label Valentine dengan Silaturahmi (menggunakan spasi) pada setiap artikel.

 FILM

FILM "PARASITE" DAN PROFIL KESENJANGAN KITA

P 2018 saat PBB mencatat Korsel sebagai negara dengan perekonomian terbesar nomor 11 dunia, perumahan bagi warga miskin masih jadi masalah yang tak kunjung terselesaikan. Hal serupa juga dialami oleh Indonesia.Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka kemiskinan di Indonesia pada September 2019 sebesar 9,22 persen. Angka tersebut lebih rendah 0,19 persen dibandingkan periode Maret 2019.Pemerintah pun berusaha mengurangi angka ini dengan berbagai cara, Program Keluarga Harapan (PKH), misalnya. Kendati begitu, program ini dinilai belum tepat sasaran. Bahkan, pemerintah harus melabeli "keluarga miskin" di tiap rumah yang berhak menerima PKH tersebut.Kompasianer, bagaimana opinimu mengenai penanganan kesenjangan sosial ekonomi di Indonesia dewasa ini? Sebenarnya apa yang dibutuhkan oleh masyarakat miskin dan bagaimana cara penanganan paling ideal menurut kamu? Bagikan opinimu di Kompasiana terkait hal ini dengan menyematkan label Solusi Kesenjangan (menggunakan spasi) pada tiap artikelnya.

 PERS DAN KEPERCAYAAN PUBLIK

PERS DAN KEPERCAYAAN PUBLIK

Pada peringatan Hari Pers Nasional ke-22 ini, rasa-rasanya, masih ada begitu banyak pekerjaan rumah yang media massa di Indonesia. Terlebih, karena  media massa mesti terus menjaga kepercayaan publik lewat kerja-kerja jurnalistiknya.Bagaimana tanggapan Kompasianer mengenai perkembangan media massa saat ini? Adakah yang mesti cepat-cepat dibenahi guna menjaga kepercayaan publik?Silakan tulis opini/pendapatnya tentang topik berikut dengan menambahkan label Hari Pers Nasional 2020 (menggunakan spasi) pada setiap artikel.

 APA SALAHNYA TERIMA KEMBALI EKS KOMBATAN ISIS?

APA SALAHNYA TERIMA KEMBALI EKS KOMBATAN ISIS?

Ternyata wacana pemulangan 600 WNI yang terlibat kelompok teroris Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) ke Tanah Air menjadi perdebatan. Pemerintah sendiri masih akan meninjau atas nasib warga negara Indonesia (WNI) eks ISIS untuk bisa pulang ke Indonesia.Bagaimana tanggapan Kompasianer terhadap kasus ini? Terlebih hingga saat ini mereka telantar di Suriah dan beberapa negara lainnya.Silakan tulis opini/pendapatnya mengenai topik berikut dengan menambahkan label Pemulangan WNI Eks ISIS (menggunakan spasi) pada setiap artikel.

EKSPOR LEGALISASI GANJA

EKSPOR LEGALISASI GANJA

Anggota DPR Komisi VI Rafly Kande dari Fraksi PKS melontarkan usulan agar ganja jadi komoditas ekspor. Usulan itu kemudian memicu pro-kontra. Bila melihat negara-negara lain, seperti melansir KOMPAS.com dari Forbes, pelegalan ganja sebagai komoditas untuk obat-obatan sebenarnya sudah dilakukan beberapa negara.Namun, ganja tidak dapat dilegalkan di Indonesia. Sebab, aspek hukum legalisasi ganja akan bertentangan dengan UN Single Convention 1961 dan UN Convention 1988 tentang narkotika dan obat-obatan terlarang.Kompasianer, bagaimana pandangan Anda mengenai ganja yang diusulkan menjadi komoditas ekspor? Atau, Kompasianer memiliki pandangan berbeda mengenai ganja yang belum diketahui banyak orang? Atau mungkin juga Kompasianer punya pengalaman tersendiri dengan ganja? Bagikan opini Anda terkait hal ini di Kompasiana dengan menyertakan label Legalisasi Ganja (menggunakan spasi) pada tiap artikelnya.

 COWOK PAKAI SKINCARE, BERANI?

COWOK PAKAI SKINCARE, BERANI?

Ini memang belum umum terjadi. Atau mungkin sudah lumrah namun belum banyak yang berani mengungkapkannya: Kalau cowok-cowok skincare-an!Nah, Topik Piliihan Kompasiana kali ini ingin menantang cowok-cowok share pengalamannya menggunakan skincare, baik melalui tulisan atau berbentuk video.Kamu boleh berbagi kiat-kiat menggunakan skincare yang tepat, mengulas tentang kesehatan kulit, mitos-mitos tentang penggunaan skincare, atau apapun saja yang berkaitan.Yuk bagikan pengalaman kamu menggunakan skincare di Kompasiana. Dan jangan lupa menyematkan label Cowok Juga Pakai Skincare (menggunakan spasi) pada tiap artikelnya.

 KONTRASEPSI, PENTINGKAH?

KONTRASEPSI, PENTINGKAH?

Kita acapkali ragu dan segan pada topik seksualitas, meskipun dalam konteks pendidikan seks. Terutama dalam norma masyarakat Indonesia, obrolan semacam ini dianggap tabu dan cenderung dihindari. Terutama pada isu kesehatan, baik perempuan maupun laki-laki perlu mengenal dan menyadari bagaimana melakukan aktivitas seksual secara sehat sehingga terhindar dari penyakit dan kehamilan tak direncanakan.Kompasianer, bagaimana tanggapan Anda mengenai penggunaan kontrasepsi bagi kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik? Atau Anda punya rekomendasi pola kontrasepsi yang bersahabat? Silakan tulis pengalaman dan opini Anda dengan menambahkan label Pilih Kontrasepsi (menggunakan spasi) pada setiap artikel.