Mohon tunggu...
TOPIK PILIHAN

BISA NGGAK YA PENDIDIKAN NONFORMAL JADI HARAPAN BARU PENDIDIKAN?

8 Juli 2024   18:36 Diperbarui: 18 Juli 2024   03:58
BISA NGGAK YA PENDIDIKAN NONFORMAL JADI HARAPAN BARU PENDIDIKAN?


Topik Pilihan Kolaborasi datang lagi! Kali ini Kompasiana berkolaborasi dengan Kompasianer Dayu Rifanto, pendiri inisiatif Bukuntukpapua serta taman baca Pinjam Pustaka, untuk menantang sekaligus mengajak para Kompasianer berbagi opini hingga pengalaman terkait pendidikan nonformal atau pendidikan masyarakat dalam program Topik Pilihan Kolaborasi Kompasiana.

Nah, Kompasianer, menurutmu apakah pendidikan formal saat ini cukup untuk memenuhi pendidikan bagi anak-anak kita? Ataukah pendidikan nonformal yang justru lebih memberikan harapan baru? Atau bagaimana peran keduanya agar bisa saling melengkapi?

Bagaimana perasaanmu saat melihat atau mengetahui anak-anak begitu antusias datang ke taman baca? Apakah anak-anak juga antusias datang ke perpustakaan sekolah? Ataukah ada yang perlu dibenahi?

Kemudian apa pendapatmu mengenai pendidikan nonformal atau pendidikan masyarakat saat ini? Menurut kamu perlukah pendidikan nonformal semakin diperkuat dan dikedepankan? Sejauh mana pendidikan nonformal dapat melengkapi pendidikan formal demi memberikan pendidikan yang utuh bagi anak-anak?

Kami juga ingin mendengar cerita dan pengalamanmu tentang taman baca yang ada di sekitarmu. Apakah di tempatmu ada taman baca untuk anak-anak? Bagaimana koleksi bacaan, fasilitas dan kondisinya? Apakah banyak anak yang tertarik untuk mengunjunginya?

Yuk, ikutan ajakan dan tantangan Kompasianer Dayu Rifanto terkait hal ini di Kompasiana sekarang. Jangan lupa untuk menyematkan label Pendidikan Nonformal pada tiap konten yang kamu buat, ya!

LAPORKAN KONTEN
Alasan