Mohon tunggu...
I Dewa Nyoman Sarjana
I Dewa Nyoman Sarjana Mohon Tunggu... Guru - profesi guru dan juga penulis.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

hobi membaca dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Takdir

16 Maret 2024   15:14 Diperbarui: 16 Maret 2024   15:37 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TAKDIR

DN Sarjana

Semestinya tidak ada lagi yang Fitri ragukan. Sama   dengan rintik hujan sedari pagi turun membasahi bumi. Sampai malam ini pun, saat kita menyisakan silang pendapat, dia tetap setia mendampingi. Fitri  rasakan saja hempasan semilir angin, tanpa diminta mendinginkan  suasana.

Begitu Ridho mengusir kesedihan mereka berdua. Dalam hening malam, pembicaraan tentang kematian  tiada pernah terputus. Kehilangan seseorang yang sangat dicintai, tentu sesuatu yang menyedihkan. Sambil merenung Ridho  minum teh jahe hangat yang dibuat oleh istrinya.

"Tapi, Pak. Mengapa Mbok harus meninggalkan    kita selamanya?"

Fitri  melontarkan kesedihannya sambil menyekat  air mata. Dalam hatinya ia tidak terima mengapa orang yang sangat dikasihi meninggalkan mereka untuk selamanya. Padahal dia sering berpesan, kalau nanti selesai bekerja diperkantoran, dia akan belajar   membuat jajanan. Selama ini Mbok  selalu sigap melayani keluarganya.

"Itulah takdir Fit. Kita tak kuasa melawannya. Termasuk siapapun".

Ridho berusaha menenangkan istrinya. Satu minggu semenjak ditinggal Mbok, dia masih tidak bisa menerima kenyataan. Memang di setiap kesempatan, pertemuan dengan Mbok pasti ada saja pembicaraan  yang  menarik. Yang lebih sering adalah bimbingan tentang hidup yang sesungguhnya. Hidup yang berbeda, kehidupan di dunia sana nanti, sering menjadi petuah   bagi kami berdua. Di saat kegundahan menyelimuti kami berdua, Mbok selalu bilang jalani saja. Cobaan bagian dari karma kita. Tidak boleh dihindari, apalagi  dialihkan kepada orang lain.

"Fitri, rumah disini, gampang-gampang susah. Mbok   minta Fitri menyadari dan jangan tidak menerima kenyataan itu". Itu pesan yang sering diucapkan.

"Maksud Mbok apa? Saya tidak paham". Suara Fitri agak tegang, sambil memegang lutut kakak iparnya. Ia sangat ingin mendapatkan jawaban yang jelas dari kata-kata yang baru saja diucapkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun