Mohon tunggu...
Saepul Solihin
Saepul Solihin Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Pandeglang-Banten

Selanjutnya

Tutup

Book Artikel Utama

Novel "Pulang" Karya Leila S. Chudori

1 April 2015   10:22 Diperbarui: 14 Agustus 2022   01:47 5099
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Aji Suryo, adik Dimas yang berbudi dan tulus, seorang lulusan ITB yang memilih hidup merunduk dan bekerja sebagai kepala laboraturium penelitian sebuah pabrik ban terkemuka. Ia memang tidak tertarik terlibat dalam politik. 

Lalu ada Vivienne Deveraux, wanita Prancis yang menjadi istri Dimas karena mengalami efek le coup de foudre alias cinta pada pandangan pertama pada lelaki Asia yang ditemuinya di tengah ribuan massa aksi mahasiswa dan buruh dalam revolusi Paris, Mei 1968 di depan UNiversitas Sorbone. 

Tokoh lain Segara ALam, Bulan, Kenanga, Bimo, Lintang, Rama dan Andini. Serta peran pembantu, Narayana, Radytia, Yos, Gilang dan Mitha. 

Dalam cerita ini, Lintang Utara, putri tunggal Dimas dan Vivienne yang sangat cerdas, hidupnya ditempa oleh nuansa sastrawi ayahnya dan nuansa intelektual ibunya sedangkan Segara Alam, putra Hananto yang 10 tahun lebih tua dari Lintang, tumbuh sebagai sebagai anak eks tapol yangpenuh stigma, ia menjelma menjadi sosok pemuda yang sangat cerdas, kritis dan keras dalam berpendirian.

f. Latar Setting utama kisah ini adalah Indonesia dan Perancis ketika terjadi gerakan G30 SPKI 1965, Revolusi Perancis Mei 1968, dan Reformasi Rezim Orde Baru Mei 1998.

g. Sudut Pandang. Penulis menempatkan dirinya sebagai sudut pandag orang ke satu dan sekaligus orang ke tiga. Karena sudut pandang dalam novel ini berubah-ubah, hal ini yang sedikit membuat bingung pembaca karena penempatan tokoh berubah secara tiba-tiba.

Narasi Cerita: Pulang

Novel Pulang adalah paparan mengenai peristiwa bersejarah yang dimulai dengan peristiwa G 30 S PKI tahun 1965, revolusi mahasiswa di Paris, Prancis tahun 1968, dan tragedi kerusuhan Mei 1998 yang menandai digulingkannya Presiden Suharto pada rezim Orde Baru di Indonesia. 

Tokoh utamanya adalah Dimas Surya ayah dari seorang Putri cantik Lintang yang dilahirkan dari seorang wanita Prancis bernama Vivienne Deveraux. Dimas Surya memiliki tiga orang sahabat yang bernama Nugroho, Tjai, dan Risjaf. 

Mereka menyebutkan dengan Empat Pilar Tanah Air yang sudah diharamkan menginjak tanah air sendiri. Para eksil politik ini melarikan diri ke luar negeri hingga luntang-lantung di Kuba, Cina, dan Benua Eropa sampai akhirnya memutuskan untuk menetap di Paris. 

Mereka juga memiliki sahabat yang bernama Hananto, yang menikahi Surti Anandari mantan kekasih Dimas. Hingga masa hidupnya Dimas tidak bisa melupakan Surti, meski wanita ini telah melahirkan tiga orang anak bagi Hananto, Kenanga Bulan, dan Alam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun