Mohon tunggu...
Reyvan Maulid
Reyvan Maulid Mohon Tunggu... Freelancer - Writing is my passion
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penyuka Seblak dan Baso Aci. Catch me on insta @reyvanmaulid

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Fenomena Curse of Knowledge, Sudah Dijelasin tapi Enggak Ngerti?

26 Oktober 2021   20:44 Diperbarui: 27 Oktober 2021   17:02 855 20 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Curse Of Knowledge |  Foto: Freepik

"Baik, cukup sekian penjelasan dari bapak pada kuliah ekonomi mikro hari ini. Kira-kira saudara-saudara apakah ada pertanyaan terkait materi hari ini? Silahkan ditanyakan ya."

Terus salah satu temen nyeletuk, "Eh kamu paham enggak materi yang disampaikan oleh bapak itu? Bingung loh aku dengerinnya. Mana ada istilah isocost, isoquant, deadweight loss, apalagi ini istilah itu, bener-bener deh aku gapaham sama sekali." (Sambil garuk-garuk kepala)

"Iya nih, sama tau aku pun juga gapaham sama sekali loh pas kuliah tadi bapaknya jelasin materi hari ini. Mana pakai kurva lagi itu penjelasannya. Pusing kali lah bisa jawab gak ya nanti aku ujian sama bapak ini."

Pernah tidak sih kalian punya temen yang pinter banget. Nah, saking pinternya, saat dia menjelaskan sesuatu ternyata penjelasannya ribet dan tidak sampai masuk ke otak si penerima informasi karena berputar-putar dan tidak ada jeda apalagi titik komanya. Bikin gagal paham gitu istilahnya. 

Ataupun misalnya dalam sebuah kuliah ada dosen yang gelarnya sudah profesor ketika beliau menjelaskan sebuah materi tapi kerap kali menggunakan istilah akademis yang kitanya sendiri sebagai orang awam susah untuk menangkap maksud penjelasannya?

Sepertinya hal ini mungkin sering terjadi dalam hidup kalian. Saya rasa kalian juga tidak sadar jika hal ini terjadi pada kalian dalam suatu aktivitas keseharian. 

Ternyata hal ini merupakan hal yang biasa dan lumrah terjadi di dunia apapun. Baik di dunia akademis, sekolah, maupun kehidupan rumah tangga juga bisa terjadi teman-teman. 

Loh kok bisa? Iya memang bisa dan biasa terjadi di kehidupan kita. Terkadang mungkin kita juga bisa luput akan hal itu. 

Dalam dunia psikologi, hal seperti ini telah dibuktikan oleh sebuah fenomena unik yang dinamakan curse of knowledge atau kutukan pengetahuan. 

Lalu kira-kira apa itu fenomena curse of knowledge? Mari kita simak penjelasannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan