Mohon tunggu...
Adriansyah Abu Katili
Adriansyah Abu Katili Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo.

Saya dosen pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Memiliki hobi membaca dan menulis. Saya membaca buku fiksi maupun non fiksi dan puisi. Saya juga suka menulis, baik tulisan ilmiah, ilmiah populer, fiksi, dan puisi.,

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Menjelang 2024

11 November 2023   20:43 Diperbarui: 16 November 2023   16:33 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Menjelang 2024

kalian berkata "Demi Merah Putih"

Dan aku berkata

Kalau demi Merah Putih

Mengapa nafsu berkuasa

melebih cinta kalian pada Merah Putih

sehingga berusaha mengatur irama dan nada ketukan palu

Agar sesuai dengan nada dan irama yang kalian nafsukan?


Menjelang tahun 2024

kalian berkata

"Inilah demokrasi"

dan aku berkata

" Kalau ini demokrasi,

mengapa berusaha menang

dengan menjegal kompetitor

dan bukan dengan meningkatkan daya jual kalian?


Kalian berkata

"Inilah Republik"

dan aku bertanya

"Kalau ini republik

mengapa ada bau kerajaan?"


Empat tahun yang lalu

kau garang 

dan aku sempat bersemangat sampai berkata

"Inilah dia"

kini aku bertanya

"Di mana dia?"

Pertanyaan yang membentur dinding-dinding cadas

yang menggaung sepi tak terjawab


kalian semua

kini menyusun retorika

demi menggenggam gerak tangan kami

yang memegang paku

sesudah itu kami menanti

dan menilai

 keselarasan retorika

dan realita

dari siapapun yang kan nanti berkibar 


Pasca 2024

Semoga bukan teka teki

Yang tak berakhir sepi





Baca juga: Politik Meja Makan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun