Mohon tunggu...
#patriarki
Film "Kim Ji-Young, Born 1982" tentang Problematika Perempuan
Erni Lubis
Erni Lubis
11 Desember 2019 | 4 hari lalu

Film "Kim Ji-Young, Born 1982" tentang Problematika Perempuan

Kenapa sih perempuan harus selalu disuruh memilih? Bukankah kita bisa mendapatkan keduanya? Pertanyaan itu sejak awal sudah menempatkan posisi perempu

Hiburan
171
4
0
Adi Wedar Sukondo
Adi Wedar Sukondo
23 Oktober 2019 | 1 bulan lalu

Pengaruh Media pada Persepsi Masyarakat terhadap Wanita Perokok

LATAR BELAKANGPeranan wanita dalam kehidupan sosial di Indonesia selama ini memang tidak lepas dari adanya dominasi  pria. Narasi ketimpangan per

Humaniora
88
2
1
Vincentia Roseline Andi
Vincentia Roseline Andi
12 September 2019 | 3 bulan lalu

Membangun Kesadaran terhadap Perkosaan dalam Pernikahan

Seorang perempuan di Amerika Serikat sangat bahagia setelah hakim menyatakan dirinya tidak bersalah atas penyerangan yang dilakukan terhadap suaminya.

Humaniora
117
2
1
Para Lelaki itu Menyebutnya "Agas"
Sabri Leurima
Sabri Leurima
02 September 2019 | 3 bulan lalu

Para Lelaki itu Menyebutnya "Agas"

Pangkalan ojek itu kini ramai dihuni puluhan penonton partai final antara; Barcelona versus Real Madrid dalam memperebutkan piala Copa Del Rey 2014.Se

Fiksiana
21
1
1
Hegemoni Patriarki dalam Lagu Despacito
Petra JD
Petra JD
11 Agustus 2019 | 4 bulan lalu

Hegemoni Patriarki dalam Lagu Despacito

Lagu Despacito merupakan lagu dengan tingkat popularitas yang tinggi. Video klipnya sendiri meraja di YouTube, peringkat pertama perihal jumlah tonton

Hiburan
5022
4
2
(Masih) Pelupa
Karimatus Sahrozat
Karimatus Sahrozat
12 Juli 2019 | 5 bulan lalu

(Masih) Pelupa

"Kenapa sih dulu kamu minta putus?"Pertanyaan pertamamu hari ini. Entah memang benar atau hanya perasaanku saja, hari ini kamu lebih banyak diam. Kamu

Fiksiana
107
4
2
Perempuan Kok Digadai dan Dijual, Situ Waras?
Woro seto
Woro seto
09 Juli 2019 | 5 bulan lalu

Perempuan Kok Digadai dan Dijual, Situ Waras?

 "Ya ampun, enak banget, udah dihalalin, dapat mobil fortuner lagi"  gumam teman sekantorku yang terkejut dengan mahar di sebuah pernikahan.

Humaniora
57
1
2
Fiola Anglina Wijono
Fiola Anglina Wijono
22 Juni 2019 | 5 bulan lalu

Lika-Liku Kehidupan Budak Patriarki

Sebuah analisis sederhana dari novel berjudul Tarian Bumi karya Oka Rusmini. Apabila terdapat sebuah kesalahpahaman atau menyinggung suku atau ras ata

Gaya Hidup
60
1
2
Film "Siti" (2014), Kelas Bawah Melawan Patriarki
Irfan Suparman
Irfan Suparman
14 Juni 2019 | 6 bulan lalu

Film "Siti" (2014), Kelas Bawah Melawan Patriarki

Film adalah kesenian audio-visual yang menggambarkan realitas kehidupan dunia. Melihat film Siti (2014) yang di sutradarai Eddie Cahyono sineas asal Y

Hiburan
172
1
2
Nesya MegaPertiwi
Nesya MegaPertiwi
31 Mei 2019 | 6 bulan lalu

Berdiri di Atas Kaki Sendiri

Adakah cara untuk melepas diri dari kehidupan patriarki?Sejarah umat manusia mencatat setidaknya salah satu syarat terbentuknya Negara adalah pengakua

Humaniora
26
1
2
KDRT: Penyimpangan Nilai Budaya Patriarki
Michael D. Kabatana
Michael D. Kabatana
28 Mei 2019 | 6 bulan lalu

KDRT: Penyimpangan Nilai Budaya Patriarki

Akhir-akhir ini, kita marak disibukan dengan beragam berita seputar Kekerasan Dalam Rumah Tangga, selanjutnya disebut KDRT. KDRT yang terjadi kerap be

Politik
101
1
2
ona mariani
ona mariani
27 Mei 2019 | 6 bulan lalu

Kartini 4.0: Membaca Peluang di Antara Jeratan Peradaban

Banyak halyang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benardapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiriR.A. KartiniSebelum membahas l

Kotak Suara
37
2
2
Sandra Suryadana
Sandra Suryadana
19 Mei 2019 | 7 bulan lalu

Bila Anti "Feminis Feminis Club" Bikin Film

Beberapa waktu yang lalu dunia feminisme sempat digoyang oleh hadirnya akun tandingan @indonesiatanpafeminis dengan tagline "Tubuhku Bukanlah Milikku"

Hiburan
60
3
2
Veronica Maureen
Veronica Maureen
10 Mei 2019 | 7 bulan lalu

A Story of Wounds: Mengoyak Budaya Patriarki

"Saya dan tim mau menyampaikan bahwa kekerasan terhadap perempuan adalah juga cacat dalam kemanusiaan." -- Jessie Monika (Penulis Naskah)Sebuah pertun

Humaniora
75
11
4
Islam, Kepemimpinan Perempuan, dan Seksualitas (Review)
agung maulana
agung maulana
22 April 2019 | 7 bulan lalu

Islam, Kepemimpinan Perempuan, dan Seksualitas (Review)

Data BukuJudul                        : "ISLAM, KEPEMIMPINAN PEREMPUAN, DAN SEKSUALITAS"Pe

Gaya Hidup
328
1
4
Partisipasi Perempuan Meningkat, Belum Tentu Kesetaraan Gender Meningkat
Mohamad Irvan
Mohamad Irvan
15 April 2019 | 8 bulan lalu

Partisipasi Perempuan Meningkat, Belum Tentu Kesetaraan Gender Meningkat

Pada debat capres dan cawapres ke lima tanggal 13 April 2019 yang lalu, kedua pasangan capres-cawapres menawarkan program yang akan meningkatkan parti

Humaniora
53
5
4
Soal Perempuan, Jokowi-Ma'ruf Lebih Mengerti
Felix Tani
Felix Tani
15 April 2019 | 8 bulan lalu

Soal Perempuan, Jokowi-Ma'ruf Lebih Mengerti

 Saya sepakat dengan rekan Kompasianer Leya Cattleya, bahwa isu kesetaraan gender tidak mendapat porsi selayaknya dalam debat terakhir capres/caw

Humaniora
239
4
1
Devi NurmalaSari
Devi NurmalaSari
27 Maret 2019 | 8 bulan lalu

Memo 8 Maret 2019

Jadi beginilah definisi merasakan galau karena dosa yang belum diperbuat namun sudah direncanakanAku berniatMenjadi wanita karirMengejar karirBerada d

Fiksiana
7
1
1
Perempuan di Negeriku Serba Salah
Fajar Syahlillah
Fajar Syahlillah
03 Maret 2019 | 9 bulan lalu

Perempuan di Negeriku Serba Salah

Pakai hijab dikomentari, gak pakai hijab makin salah. Kuliah tinggi jadi bahan bicara, nggak nikah-nikah jadi rasan-rasan. Gak keluar rumah salah, kel

Humaniora
202
2
1
Aldriyety Merdiarsy
Aldriyety Merdiarsy
26 Januari 2019 | 10 bulan lalu

"Sekolah Ibu" dan Diskriminasi terhadap Perempuan

Pernyataan Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, beberapa saat lalu mengundang polemik di masyarakat. Hal ini disebabkan Program yang dicetusk

Humaniora
27
2
1