Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... Lainnya - dibuang sayang

Ngopi dulu ☕

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Viral Video Ampun Bang Jago, Myanmar dan Indonesia Memang Bersahabat Sejak Dulu

7 Februari 2021   10:02 Diperbarui: 7 Februari 2021   10:33 210 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Viral Video Ampun Bang Jago, Myanmar dan Indonesia Memang Bersahabat Sejak Dulu
Ampun Bang Jago (newsmaker.tribunnews.com)


Myanmar (dulu disebut Burma) adalah negara sahabat buat Indonesia. Banyak hubungan baik tercipta dan terjalin antara Indonesia dan Myanmar.

Junaidi Abdillah, mantan pemain nasional sepakbola Indonesia, pernah mengatakan jika Timnas Indonesia lebih gentar berhadapan dengan Burma ketimbang dengan Korea atau Jepang. Junaidi Abdillah adalah salah satu pemain Timnas ketika Indonesia dijuluki Macan Asia.

Pada masa-masa 45-60 tahun lalu sepakbola Indonesia mengalami masa keemasannya. Bahkan Timnas Indonesia bahkan dijuluki dengan "Macan Asia". Indonesia pada saat itu memang memandang Burma sebagai lawan yang kuat ketimbang dengan Jepang atau Korea Selatan.

Skor pun paling seri atau cuma berselisih satu.

Itu salah satu hubungan yang terjalin dengan baik dari sudut olahraga antara Burma dan Indonesia.

Negara sahabat Indonesia itu kini sedang disorot dunia internasional karena adanya perebutan kekuasaan mutlak yang dilakukan militer di bawah pimpinan Jenderal Min Aung Hlaing terhadap pemimpin NLD (National League for Democracy) Aung San Suu Kyi.

Sebuah video seorang wanita sedang melakukan senam aerobik di tengah kudeta menjadi sorotan. Wanita itu adalah Khing Hnin Wai, seorang guru pendidikan jasmani Myanmar melakukan gerakan senam dengan diiringi lagu Ampun Bang Jago. 

Lagu itu ciptaan dari Tian Storm X Ever Slkr yang sedang naik daun dan menjadi pembicaraan di jagad maya, terutama di tanah air.

Di belakang Khing Hnin Wai bahkan terlihat sejumlah konvoi militer yang melakukan kudeta tersebut.

Bukan lagu Indonesia Ampun Bang Jago saja yang populer di Myanmar. Lagu-lagu Indonesia lainnya juga ngehit di sana. 

ABC Australia melaporkan Kamis (4/2/2021) ada beberapa lagu yang favorit di Indonesia yang digubah kedalam bahasa Myanmar dan menjadi favorit dalam kehidupan sehari-hari di sana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN