Mohon tunggu...
Okti Nur Risanti
Okti Nur Risanti Mohon Tunggu... Penerjemah - Deus est ergo sum

Menulis adalah salah satu upaya saya dalam memenuhi misi mandat budaya.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Menulis Jurnal untuk Kesehatan Jiwa

12 Oktober 2021   19:17 Diperbarui: 14 Oktober 2021   19:30 377 17 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi gambar menulis (Unsplash, Kelly Sikkema)

Menulis itu sungguh memiliki banyak manfaat, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Salah satu manfaat menulis adalah menjadi sarana "konseling" bagi diri sendiri. Dalam konteks ini, jenis tulisan yang kita bicarakan adalah tulisan jurnal.

Bagaimana hubungan antara konseling dengan jurnal?

Sebelum itu, mari kita ketahui dulu apa itu konseling. Menurut KBBI, konseling adalah pemberian bimbingan oleh yang ahli kepada seseorang dengan menggunakan metode psikologis dan sebagainya; atau pemberian bantuan oleh konselor kepada konseli sedemikian rupa sehingga pemahaman terhadap kemampuan diri sendiri meningkat dalam memecahkan berbagai masalah.

Dalam prosesnya, orang yang memiliki masalah atau pergumulan -- disebut konseli -- akan menceritakan pergumulannya kepada konselor, yaitu ahli atau seorang profesional di bidang konseling ini. Dalam konseling, konselor hanya berfungsi sebagai katalisator, bukan sebagai penyedia solusi. 

Konselor akan memandu konseli untuk mengeluarkan, menyadari, mengurai, dan memetakan masalah yang dimilikinya sehingga akhirnya dapat mencari, menemukan, dan memiliki solusi atas masalahnya. Dengan perkataan lain, konseling adalah proses untuk mencari jalan keluar atau menemukan solusi dari dan oleh konseli dengan bimbingan dari konselor.

Sementara, jurnal adalah catatan harian seseorang, yang isinya bisa memuat banyak hal, mulai dari rutinitas sehari-hari, cerita-cerita yang dialami sepanjang hari, refleksi, evaluasi, pencapaian, atau curahan perasaan.

Nah, menulis jurnal harian untuk perasaan dan pengalaman yang kita miliki dalam sehari, bisa menjadi satu terapi atau sarana yang melaluinya kita melakukan "konseling" pada diri sendiri.

Jurnal berfungsi seperti "konselor" yang membantu kita untuk menyelesaikan atau meringankan pergumulan yang kita miliki saat kita nenuliskan perasaan atau pergumulan yang kita alami. 

Seperti seorang konselor yang akan menyimpan masalah dari konseli, jurnal juga bisa diandalkan kerahasiaannya agar tidak diketahui oleh orang lain. Dan, sebagaimana fungsi seorang konselor yang baik, jurnal juga dapat memandu kita untuk mendapat solusi atas pergumulan yang kita hadapi.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat jurnal bagi kesehatan jiwa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan