Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Mindfulness: Fokus Tanpa Penilaian

11 September 2021   11:30 Diperbarui: 11 September 2021   11:46 73 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mindfulness: Fokus Tanpa Penilaian
Ilustrasi. Sumber: Practical Mindfulness Book, hlm. 9.

Mindfulness melibatkan perhatian dengan pikiran yang terfokus, pada saat ini, tanpa penilaian. Tapi apa ini benar-benar berarti? Dan mengapa pertanyaan penilaian muncul ketika kita sedang berfokus, katakanlah, pada nafas atau sensasi tubuh kita?

Bayangkan Anda sedang bermeditasi dengan mindful, memusatkan perhatian Anda pada nafas saat nafas itu masuk ke dan keluar dari tubuh Anda. Dengan posisi duduk, Anda sekarang mengarahkan pikiran Anda ke tekanan tepi kursi terhadap paha bawah Anda. 

Tekanan itu ada setiap kali Anda duduk di kursi untuk makan malam atau menulis surat, tetapi Anda biasanya tidak menyadari atau memperhatikannya sama sekali. Membawa sensasi seperti itu ke dalam sorotan kesadaran, dan menjaganya tetap di sana, adalah contoh memperhatikan dengan pikiran yang terfokus pada saat ini.

Pikiran dan Perasaan yang Mengembara
Sangat sedikit dari kita yang mampu sepenuhnya mengendalikan pemikiran kita. Sederhananya, pikiran kita cenderung mengembara. Jadi saat Anda duduk, dengan mindful berfokus pada sensasi di paha Anda, kemungkinan besar Anda akan mengalami pengalihan pikiran. Beberapa di antaranya akan didorong oleh peristiwa eksternal, misalnya denting sebuah jam dinding yang jauh atau suara tukang pos yang membuka gerbang Anda, orang lain akan keluar dari keasyikan Anda.

Menghentikan Sebentar Penilaian
Seperti apa non-penilaian dalam latihan? Pertimbangkan skenario imajiner ini: saudara Anda  yang bandel akan datang berkunjung akhir pekan ini. Anda tahu bahwa Anda harus berbicara dengannya untuk membantunya mengubah perilakunya ke arah yang lebih seimbang.

Sebelum dia datang, Anda melakukan meditasi mindfulness, tetapi fokus Anda dilanggar oleh pikiran, ini memicu emosi yang pada gilirannya menyebabkan reaksi, penilaian. Di dalam latihan mindfulness Anda hanya akan mengenali pikiran dan emosi, Anda tidak akan bereaksi atau terjerat dengan penilaian.

Pikiran
1. "Aku ingin tahu bagaimana aku akan memulai percakapan."
2. "Dia membuatnya sulit bahkan untuk mengatur percakapan."
3. "Apa yang mungkin dia katakan?"
4. "Terakhir kali kami berbicara, saya tidak jujur."
5. "Dia mengalami masalah yang sangat besar sekarang."

Emosi
1. Ansietas tentang tugas yang sulit.
2. Ketidaksabaran.
3. Kegentaran.
4. Kesal dengan diri sendiri karena tidak mengatakan apa yang saya maksud.
5. Kekhawatiran akan kesejahteraan saudara saya.

Pertimbangan
1. Memutuskan untuk membatasi percakapan.
2. Memutuskan untuk menunda pengaturan lain.
3. Memutuskan saya tidak harus membiarkannya mendatangi saya.
4. Berpikir bahwa aku saya boleh terlalu keras pada diri saya sendiri.
5. Ingin tahu apakah dia membutuhkan konseling.

Tong Sampah Penilaian
Dalam latihan mindfulness Anda,  sensasi, bagian dari pengalaman Anda saat ini, pasti akan muncul dalam kesadaran Anda. Ada baiknya untuk mengenali para pengunjung ini (disorot dengan cetak tebal pada aliran pemikiran di bawah ini).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan