Mohon tunggu...
Xpertrainer
Xpertrainer Mohon Tunggu... Konsultan - Penyedia layanan workshop PowerPoint, Instagram, dan Prezi berbasis di Jakarta

Xpertrainer.com merupakan layanan workshop di bidang desain yang memiliki tujuan berbagi pengetahuan mengenai cara dan tips yang efektif dalam membuat desain presentasi, media sosial, dan desain digital lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Melatih Produktivitas Kerja: Menjaga Fokus dan Efisiensi

26 Maret 2024   10:30 Diperbarui: 26 Maret 2024   10:39 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: unsplash.com

Produktivitas kerja menjadi tantangan sekaligus kebutuhan bagi setiap profesional. Setiap individu berupaya keras untuk mengoptimalkan performanya, serta berusaha mempertahankan keseimbangan antara tuntutan pekerjaan dan kehidupan pribadi. Pentingnya produktivitas tidak hanya terbatas pada tingkat individu tetapi juga memiliki dampak yang besar juga pada perusahaan. Memangnya apa pengaruh atau manfaat produktivitas kerja terhadap perusahaan itu? Simaklah pembahasan berikut mengenai produktivitas kerja.  

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Produktivitas kerja mempunyai 2 dimensi, yang pertama yaitu efektivitas yang berkaitan dengan kualitas, kuantitas serta waktu. Kemudian yang kedua adalah efektivitas yang berkaitan dengan usaha membandingkan input dengan realisasi pengguna. Meningkatkan produktivitas kerja, maka berarti juga akan dapat meningkatkan efektivitas, fokus dan juga efisiensi kerja.

Dengan produktivitas kerja yang meningkat, tidak hanya berdampak positif pada pengembangan diri sendiri, namun juga pada perusahaan itu. Maka dari itu, Anda sebagai karyawan dapat melakukan berbagai cara meningkatkan produktivitas kerja salah satunya melakukan pelatihan dalam meningkatkan produktivitas kerja. Berikut, pentingnya produktivitas kerja bagi perusahaan.

Pentingnya Produktivitas Kerja Terhadap Perusahaan

Seperti yang diketahui sebelumnya, produktivitas kerja meningkatkan efektivitas, dan efisiensi kerja. Ketika efektivitas, fokus dan efisiensi kerja meningkat, maka sangat memungkinkan juga kualitas hasil kerjanya meningkat. Dari sini sudah terlihat bahwa itu nantinya berpengaruh juga pada perkembangan perusahaan. Berikut manfaat produktivitas kerja terhadap perusahaan. 

1. Berdampak pada Peningkatan Keuntungan Perusahaan

Salah satu contoh seorang karyawan yang produktif dalam bekerja adalah menjamin pekerjaannya bisa selesai dengan baik dalam durasi waktu yang sudah disediakan perusahaan, atau bahkan bisa juga lebih singkat. Berarti, tak ada waktu yang terbuang dengan sia-sia. Apabila sudah bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang disediakan atau lebih singkat, maka lebih banyak juga keuntungan untuk perusahaan. 

2. Menghadirkan Lingkungan Kerja yang Positif di Perusahaan


Produktivitas kerja bisa juga menciptakan lingkungan kerja positif. Karena karyawan yang produktif bisa memiliki semangat serta motivasi kerja, dan semangat kerja itu bisa ditularkan kepada rekan kerjanya yang lain. Sehingga, jika semuanya termotivasi kerja, tercipta budaya kerja produktif di perusahaan. 

3. Tercipta Kepuasan Pelanggan

Apabila karyawan bisa bekerja dengan produktif, alur pekerjaan bisa selesai dengan baik dan terkendali. Sehingga, perusahaan jadi lebih fokus pada layanan pelanggan. Karena pekerjaan lain sudah terkoordinasikan dengan baik, perusahaan bisa fokus memberi pelayanan terbaik pada pelanggan dan fokus berupaya meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Itulah pentingnya produktivitas kerja terhadap perusahaan. Untuk informasi lebih lanjut seputar produktivitas kerja bisa cek di website dan instagram Xpertrainer.

Website: https://xpertrainer.com/
Instagram: https://www.instagram.com/xpertrainer/
Tiktok : https://www.tiktok.com/@xpertrainer
Youtube: https://www.youtube.com/@xpertrainer2176

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun