Mohon tunggu...
Anggita
Anggita Mohon Tunggu... -

Be curious, not judgmental. - Walt Whitman

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Media Sosial Paling Banyak Digunakan 2016

6 Januari 2017   09:59 Diperbarui: 4 April 2017   16:36 14788
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://pctechmag.com/

Siapa sangka ternyata Indonesia, khususnya Jakarta adalah salah satu daerah dengan penggunaan media sosial terbanyak di dunia. Social Memos melakukan penelitian dan menghasilkan data :

  • Lebih dari 11 juta pengguna Facebook berasal dari Jakarta

  • 29 juta pengguna Twitter yang berasal dari Indonesia dan Jakarta memposting 2,4% dari 10,6 miliar tweet di seluruh dunia

  • 1,3 juta pengguna LinkedIn berasal dari Indonesia

Sementara itu, menurut penelitian yang dilakukan oleh Statista, penggunaan media sosial oleh masyarakat Indonesia paling banyak terjadi pada Januari 2016. 

Berdasarkan survei, 80,9% pengguna internet melalui perangkat mobile di Indonesia adalah mereka yang berusia 16-19 tahun (umumnya untuk mengakses Facebook). Dengan pencapaian ini, bahkan Jakarta disebut sebagai “Kota Media Sosial Di Dunia”.

Berikut ini merupakan daftar media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dan Jakarta selama tahun 2016 :

1. Facebook

Walaupun berada di peringkat kedua setelah Thailand, namun harus diakui bahwa Indonesia adalah salah satu penyumbang terbesar pengguna Facebook. Tercatat ada 11.658.760 pengguna Facebook yang berasal dari Indonesia.

Pengguna Facebook paling banyak ada pada rentang usia 30-35 tahun ke atas (hasil penelitian Statista). Kemudian diikuti oleh pengguna rentang usia 26-29, 20-25 dan 16-19 tahun.

Fanpages pada Facebook dengan jumlah fans terbanyak adalah Fanpages Opera Van Java, Mario Teguh dan juga Dahsyat dengan total lebih dari 21 juta fans.

2. Instagram

Pengguna Instagram di Indonesia didominasi oleh kalangan usia 20-25 dan 16-19 tahun. Apalagi gaya hidup saat ini secara tidak langsung "mengajarkan" para penggunanya untuk aktif dan tetap eksis di media sosial yang berbasis visual ini.

Selain untuk membagi foto, Instagram juga kini diandalkan untuk keperluan bisnis para pengusaha. Banyaknya pengguna Instagram dan kemudahan menggunakannya dirasa sangat menguntungkan para pengusaha untuk menggunakan media sosial ini dalam mengembangkan bisnisnya.

3. Twitter

Penduduk Jakarta yang memiliki akun Twitter, memposting sekitar 2,4% dari total lebih dari 10,6 juta tweet perharinya di seluruh dunia. Walaupun bukan merupakan daerah dengan pengguna Twitter terbanyak (peringkat kelima dunia), namun warga Jakarta berhasil mengalahkan Jepang dan London dalam hal keaktifan memposting tweet.

Pengguna Twitter dari Indonesia yang paling banyak memiliki follower didominasi oleh kalangan artis, seperti Agnes Monica dan Sherina Munaf.

4. Path

Dengan dilengkapi berbagai fitur baru, kini pengguna Path dari Indonesia terus bertambah banyak. Mirip dengan Instagram, pengguna media sosial ini paling banyak adalah mereka yang ada pada rentang usia 20-25 tahun dan diikuti dengan usia di bawahnya.

Kapasitas Path yang hanya memperbolehkan user memiliki 500 teman, membuatnya sebagai media sosial yang cukup eksklusif. Dengan demikian, Anda tidak perlu takut mendapatkan gangguan dari orang tak dikenal karena bisa memilih dan membatasi teman Anda.

Media Sosial Yang Populer Di Dunia

Sementara itu, Statista juga melakukan penelitian terhadap media sosial yang paling populer atau paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Di bawah ini adalah daftar media sosial dengan jumlah penggunanya yang aktif di dunia :

1. Facebook dengan 1,59 miliar pengguna

2. WhatsApp dengan 1 miliar pengguna

3. facebook Messenger dengan 900 juta pengguna

4. QQ dengan 853 juta pengguna

5. WeChat dengan 697 pengguna

6. QZone dengan 640 juta pengguna

7. Tumblr dengan 555 juta pengguna

8. Instagram dengan 400 juta pengguna

9. Twitter dengan 320 juta pengguna

10. Baidu Tieba dengan 300 juta pengguna

Selain kepentingan berkomunikasi, penggunaan media sosial dan internet juga dipengaruhi oleh sektor bisnis. Ketika berbicara mengenai penggunaan internet di dunia, hal ini turut didominasi oleh kepentingan pasar Asia Timur dan Selatan. Kemajuan teknologi menawarkan peluang untuk mengembangkan bisnis di daerah tersebut melalui bantuan internet.

Sumber : 1, 2 dan 3.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun