Mohon tunggu...
Nia Kania Dewi
Nia Kania Dewi Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Allah bisa karena biasa, sebagai seorang pendidik yang terus belajar sepanjang hayat

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Puasa Media Sosial

30 Maret 2024   07:07 Diperbarui: 30 Maret 2024   07:11 290
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Puasa media sosial

"Puasa media sosial atau social media detox menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Kegiatan yang dilakukan dengan mengurangi penggunaan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau platform lainnya, bahkan meniadakannya selama periode tertentu disebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental, emosional, dan fisik.

Namun, apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh dan otak kita ketika kita berpuasa dari media sosial? Bagaimana melakukan puasa media sosial dengan benar dan efektif? 

Manfaat dari Puasa Media Sosial Puasa media sosial dilakukan untuk berbagai alasan. Beberapa orang melakukan puasa media sosial sebagai usaha untuk mengurangi gangguan yang datang dari media sosial, seperti menyia-nyiakan waktu, memperburuk kesehatan mental, atau membuat tidur terganggu. Ada juga yang melakukan puasa media sosial untuk melepaskan stres, mengurangi kecemasan, meningkatkan konsentrasi, atau meningkatkan hubungan sosial dan produktivitas.

Menciptakan Hubungan Sosial yang Lebih Sehat Salah satu manfaat puasa media sosial adalah meningkatkan hubungan sosial dan meningkatkan dukungan emosional. Meskipun media sosial memungkinkan kita untuk terhubung dengan lebih banyak orang dalam jangkauan yang lebih luas, kenyataannya adalah bahwa orang dapat merasa lebih terasing atau kesepian ketika menggunakan media sosial berlebihan. Dengan mengurangi waktu yang dihabiskan pada platform media sosial, kita dapat fokus membangun hubungan interpersonal yang lebih kaya dan substansial.

Meningkatkan Kesehatan Mental Puasa media sosial juga bisa membantu menjaga kesehatan mental kita. Penggunaan media sosial yang berlebihan dapat membuat kita rentan terhadap gangguan mental seperti kecemasan, depresi, dan kurangnya rasa percaya diri. Studi menunjukkan bahwa melihat dan membandingkan diri dengan postingan orang lain di media sosial dapat mempengaruhi persepsi kita tentang kebahagiaan dan kesuksesan kita. Dengan mengambil lebih sedikit waktu untuk melihat media sosial, kita dapat mengurangi risiko ini dan fokus pada kegiatan positif lainnya yang meningkatkan kesehatan mental kita seperti meditasi dan kegiatan fisik.


Meningkatkan Kesehatan dan Konsentrasi Puasa media sosial juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan konsentrasi. Banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam untuk melihat media sosial, membaca berita, atau menonton video, terkadang dengan posisi yang buruk. Mengurangi waktu yang dihabiskan saat duduk dan melihat layar dapat mengurangi risiko sakit pinggang, leher, dan bahu, sesuai dengan apa yang dilaporkan dalam berbagai studi terkait. Selain itu, dengan mengurangi waktu yang dihabiskan di media sosial, kita memiliki lebih banyak waktu untuk berolahraga, tidur lebih banyak, atau melakukan kegiatan kreatif yang dapat meningkatkan konsentrasi kita.

Metode Puasa Media Sosial yang Efektif Jika Anda ingin mencoba puasa media sosial, ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk memastikan bahwa Anda benar-benar melakukan hal tersebut dengan benar dan efektif.

Tentukan Tujuan Anda dan Durasi Waktu yang Sesuai Sebelum Anda memulai puasa media sosial, tentukan alasan dan tujuan Anda untuk berpuasa dari media sosial. Apakah Anda ingin mengurangi kecanduan atau mengurangi stres? Bagaimana rentang waktu yang cocok bagi Anda untuk melakukan puasa media sosial? Setelah Anda mengetahui target dan sasaran Anda, Anda akan lebih mudah untuk melakukan puasa media sosial dengan benar.

Membuat Rencana untuk Mengisi Waktu Luang Anda Salah satu kekhawatiran orang yang mencoba berpuasa media sosial adalah mengalami kebosanan atau merasa tidak punya waktu. Oleh karena itu, penting untuk membuat rencana yang melibatkan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat selama waktu luang Anda. Misalnya, Anda bisa membaca buku, pergi ke gym, atau pergi ke tempat-tempat yang selalu Anda impikan untuk dikunjungi.

Sisihkan Waktu untuk Mengecek Informasi Penting Mungkin masih ada kebutuhan untuk mengakses media sosial, terutama ketika mencari informasi penting yang memang hanya dapat diperoleh melalui media sosial. Jadi, alih-alih mengecek media sosial setiap saat, sepakati waktu khusus untuk mengecek informasi yang diperlukan selama puasa media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun