Mohon tunggu...
Nabilah Destin Amelia
Nabilah Destin Amelia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo semuanya selamat datang! Saya Nabilah Destin Amelia, Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNJ.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Sosial Remaja

30 Maret 2024   18:56 Diperbarui: 30 Maret 2024   19:02 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Dalam era di mana dunia terkoneksi melalui ujung jari, media sosial telah menjadi salah satu kekuatan paling berpengaruh, terutama di kalangan remaja. Remaja, sebagai generasi yang tumbuh dalam lonjakan teknologi, telah menjadikan media sosial sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari mereka. Dengan platform seperti Instagram, Facebook, TikTok, Twitter dan Youtube, remaja dapat terhubung dengan dunia secara instan. Namun, sementara media sosial membawa manfaat besar dalam hal konektivitas dan akses informasi, dampaknya terhadap perilaku sosial remaja juga tidak boleh diabaikan.

Pengertian Media Sosial

Media sosial adalah platform-platform di internet yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi konten, dan terhubung dengan orang lain secara online. Tujuan utama dari media sosial adalah memfasilitasi komunikasi antarindividu atau kelompok dalam bentuk teks, gambar, video, dan berbagai jenis konten lainnya.

Di media sosial, pengguna dapat membuat profil pribadi, mengikuti akun-akun lain, memberikan "like" atau "dislike" terhadap konten, mengomentari postingan orang lain, dan berpartisipasi dalam berbagai komunitas online. Beberapa contoh platform media sosial yang populer termasuk Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, YouTube, WhatsApp, dan banyak lagi.

Media sosial telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang di seluruh dunia. Mereka tidak hanya digunakan untuk berbagi momen pribadi, tetapi juga untuk mendapatkan berita, informasi, mempromosikan bisnis, menyampaikan opini, dan membangun jejaring sosial. Sementara itu Media sosial terhadap remaja merujuk pada dampak dan pengaruh platform-platform media sosial terhadap perilaku, pola pikir, emosi, dan hubungan sosial remaja. Remaja adalah kelompok yang paling aktif dalam menggunakan media sosial, dan penggunaan yang intens dapat memiliki berbagai konsekuensi yang signifikan.

Pengertian Remaja


Remaja adalah fase perkembangan manusia yang berada di antara masa anak-anak dan dewasa. Secara umum, remaja adalah kelompok usia antara 13 hingga 19 tahun. Selama masa ini, individu mengalami perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan mereka. Penting bagi orang tua, pendidik, dan masyarakat secara keseluruhan untuk mendukung dan membimbing remaja dalam menjalani fase perkembangan ini dengan sehat dan positif. Terutama dalam penggunaan sosial media.

Media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku sosial remaja, baik positif maupun negatif

Dampak Positif

1. Keterhubungan dan Komunikasi: Media sosial memungkinkan remaja untuk terhubung dengan teman-teman mereka, keluarga, dan komunitas secara global. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan memperluas lingkaran sosial mereka.

2. Sumber Informasi dan Edukasi: Remaja dapat mengakses berbagai informasi dan materi edukatif melalui media sosial, membantu mereka belajar tentang topik-topik tertentu dan mengembangkan minat dalam hal-hal yang bermanfaat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun