Mohon tunggu...
Andi Samsu Rijal
Andi Samsu Rijal Mohon Tunggu... Dosen - Peneliti Bahasa dan Budaya

Seorang Ayah; Pencinta Buku

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Puisi; Hari dalam Seminggu

21 Juli 2023   10:37 Diperbarui: 21 Juli 2023   10:39 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Liburan, dokumentasi penulis 

Kita adalah rencana yang tersusun di kalender, yang telah dilingkari dengan penuh warna-warni, tapi itu hanya kata benda yang tak berwujud, tak terhitung juga tak bergerak.

** 

Andai saja semua hari dalam seminggu adalah kata sifat, sehingga pilihan hanya ada dua; bahagia atau sedih, baik atau buruk, lama atau singkat. Maka tak perlu kita berburuk sangka pada Senin yang kaku, pada Selasa yang bisu, Rabu seperti hari-hari yang lalu, atau Kamis dengan harapan tercipta kenangan manis dan seterusnya kita menunggu Minggu mewujudkan seperti tertera di kalender itu.

*** 

Bila nama-nama hari itu menjelma menjadi kata kerja beraturan, maka dunia kita hanya diwarnai target kerja kedepannya, dari kata kerja dibendakan menjadi upah kerja, sedang jalan dengan teman kerja atau bisa saja dikerjain.

****

Sebenarnya ada satu nama hari diawali huruf hidup namun banyak keliru lalu diganti dengan awalan huruf hidup menjadi Minggu, lalu Minggu demi Minggu kita biarkan berlalu, sementara kawanan hari hari lainnya tetap berdiri dengan huruf hidup di awal nama mereka, kini orang-orang tetap saja keliru dengan menjadikannya satu Minggu menjadi hari kerja penuh. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun