Lihat ke Halaman Asli

Himam Miladi

TERVERIFIKASI

Penulis

6 Cara Memberi Judul yang Klik Banget bagi Psikologi Pembaca

Diperbarui: 17 Maret 2019   19:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber ilustrasi: unsplash.com/@johnschno

8 dari 10 orang akan membaca judul artikel kita, tetapi hanya 2 dari 10 orang yang akan membaca sisa tulisannya - Copyblogger

Saya sering mendapati artikel yang dimuat di blog bersama (seperti Kompasiana) atau di berbagai situs lain hanya mendapat sedikit pembaca. Padahal isinya berkualitas dan sangat layak untuk dibaca.

Di satu sisi, banyak artikel yang isinya biasa saja, bahkan kalau boleh saya kategorikan termasuk artikel sampah/junk article (termasuk di antaranya fake news/hoaks), tapi memperoleh banyak kunjungan. Banyak yang me-like atau membagikannya.

Mengapa bisa begitu?

Jawabannya terletak pada judul yang diberikan.

Seperti apa seharusnya judul artikel yang baik itu? Bagaimana supaya 8 dari 10 orang setelah membaca judul juga tertarik membaca isi artikelnya?

Menurut Fairyblogmother, ada 7 kriteria penting dari sebuah judul artikel yang baik:

sumber infografis: dokumentasi Himam Miladi

Fenomena judul"Clickbait".

Ketika internet tumbuh sebagai sumber berita, hal ini juga melahirkan dinamika baru dalam dunia media online, terutama dalam pemberian judul artikelnya. Lahirlah apa yang dinamakan Clickbait Media.

Menurut Merriam-Webster (Britannica Digital Learning Unabridge), "clickbait" didefinisikan sebagai:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline