Karakteristik perkembangan anak sekolah dasar
   Karakteristik perkembangan anak yang berada di kelas awal SD adalah anak yang berada pada rentangan usia dini. Masa usia dini ini merupakan masa perkembangan anak yang pendek tetapi merupakan masa yang sangat penting bagi kehidupannya. Oleh karena itu, pada masa ini seluruh potensi yang dimiliki anak perlu di dorong sehingga akan berkembang secara optimal.
   Karakteristik perkembangan anak pada kelas satu, dua dan tiga SD biasanya pertumbuhan fisiknya telah mencapai kematangan, mereka telah mampu mengontrol tubuh dan keseimbangannya. Untuk perkembangan kecerdasannya anak usi kelas awal SD di tunjukkan dengan kemampuannya dalam melakukan seriasi, mengelompokkan obyek, berminat terhadao angka dan tulisan, meningkatnya perbendaharaan kata, senang berbicara, memahami sebab akibat dan berkembangnya pemahaman terhadap ruang dan waktu.
   Anak usia SD (6-12 tahun) di sebut sebagai masa anak-anak (midle childhood). Pada masa inilah di sebut sebagai usia matang bagi anak-anak untuk belajar. Hal ini di karenakan anak-anak menginginkan untuk menguasai kecakapan-kecakapan baru yang di berikan oleh guru di sekolah, bahwa salah satu tanda permulaan priode bersekolah ini ialah sikap anak terhadap keluarga tidak lagi egosentris melainkan objektif dan empiris terhadap dunia luar. Jadi dapat di simpulkan bahwa telah ada sikap intelektualitas sehingga masa ini di sebut priode intelektual. Hal ini sejalan dengan pendapat bahwa masa usia sekolah ini sering di sebut sebagai masa intelektual atau masa keserasian sekolah, pada masa ini sering relatif anak-anak mudah untuk didik daripada masa sebelumnya dan sesudahnya.
  Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI