Bersyukur. Pada 2024 lalu, TBM Teras Literasi mendapatkan bantuan bahan bacaan bermutu dari Perpustakaan RI dalam program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). Bantuan buku menambah semangat berkegiatan.
"Pakk...kapan adain membaca lagi?" tanya Kirana (9), seorang anggota TBM Teras Literasi. Dia bertanya lantaran sudah beberapa bulan, saya meliburkan kegiatan membaca bersama. Kegiatan TBM sedang vakum.Â
"Iya, Kirana mau membaca lagi ya? Boleh nanti pas libur seperti biasa ya," jawab saya berusaha mewujudkan keinginannya. Mendengar jawaban tersebut, Kirana tersenyum.
Biasanya rutin tiap hari Minggu, TBM Teras Literasi mengadakan kegiatan membaca bersama di serambi Masjid Utsman bin Affan (UBA) Perumahan Griya Satria Mandalatama, Kelurahan Karanglewas Lor, Kecamatan Purwokerto Barat, Banyumas, Jawa Tengah. Acara selalu ramai kehadiran anak-anak usia siswa sekolah dasar. Saat buku-buku dihamparkan, puluhan anak-anak meriung di serambi: memilih buku dan kemudian membacanya.
Lantaran ada kesibukan, aktivitas gelar buku dan membaca bersama belum terselenggara. Pertanyaan dari Kirana, dan beberapa anak seusia menunjukkan anak-anak haus bacaan.
Keberadaan TBM
TBM Teras Literasi berlokasi di rumah kami. Di RT 9 RW 05 Kelurahan Karanglewas Lor, Kecamatan Purwokerto Barat, Banyumas, Jawa Tengah. Memanfaatkan teras sebagai lokasi kegiatan. Awalnya, saat pandemi Covid-19 melanda, anak-anak datang ke rumah berkegiatan bersama untuk membaca buku dan ngaji karena TPQ diliburkan. Seiring waktu, kegiatan kemudian dipindahkan ke serambi Masjid UBA karena memiliki daya tampung lebih luas dan berada di tengah pemukiman.
Keberadaan TBM berada di lingkungan dengan jumlah anak-anak terbilang banyak. Di kala sore dan hari libur, banyak anak bermain di area fasum. Tantangan terbesar adalah mengajak anak membaca, lantaran anak terbiasa bermain game online di kala waktu senggang.
Karena pertimbangan tersebut, TBM Teras Literasi memiliki sasaran kegiatan untuk anak-anak. Tujuannya mengajak membaca serta mengurangi bermain gadget. Kegiatan yang dilakukan biasanya adalah membaca buku bersama didukung kegiatan penunjang lain. Misalnya menggambar, mewarnai, menceritakan kembali isi bacaan, dan bekerjasama dengan pihak pendukung acara literasi.