Mohon tunggu...
Himam Miladi
Himam Miladi Mohon Tunggu... Penulis

Freelance Content Writer| Blogger | Editor | Email : himammiladi@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

6 Cara Memberi Judul yang Klik Banget bagi Psikologi Pembaca

15 Maret 2019   14:22 Diperbarui: 17 Maret 2019   19:16 0 19 9 Mohon Tunggu...
6 Cara Memberi Judul yang Klik Banget bagi Psikologi Pembaca
sumber ilustrasi: unsplash.com/@johnschno

8 dari 10 orang akan membaca judul artikel kita, tetapi hanya 2 dari 10 orang yang akan membaca sisa tulisannya - Copyblogger

Saya sering mendapati artikel yang dimuat di blog bersama (seperti Kompasiana) atau di berbagai situs lain hanya mendapat sedikit pembaca. Padahal isinya berkualitas dan sangat layak untuk dibaca.

Di satu sisi, banyak artikel yang isinya biasa saja, bahkan kalau boleh saya kategorikan termasuk artikel sampah/junk article (termasuk di antaranya fake news/hoaks), tapi memperoleh banyak kunjungan. Banyak yang me-like atau membagikannya.

Mengapa bisa begitu?

Jawabannya terletak pada judul yang diberikan.

Seperti apa seharusnya judul artikel yang baik itu? Bagaimana supaya 8 dari 10 orang setelah membaca judul juga tertarik membaca isi artikelnya?

Menurut Fairyblogmother, ada 7 kriteria penting dari sebuah judul artikel yang baik:

sumber infografis: dokumentasi Himam Miladi
sumber infografis: dokumentasi Himam Miladi

Fenomena judul"Clickbait".

Ketika internet tumbuh sebagai sumber berita, hal ini juga melahirkan dinamika baru dalam dunia media online, terutama dalam pemberian judul artikelnya. Lahirlah apa yang dinamakan Clickbait Media.

Menurut Merriam-Webster (Britannica Digital Learning Unabridge), "clickbait" didefinisikan sebagai:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
KONTEN MENARIK LAINNYA
x