Mohon tunggu...
Yuanita Pratomo
Yuanita Pratomo Mohon Tunggu... Freelancer - Mommy

Give a mom a break and she will conquer the world!

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

The Joy of Learning: Ujian Tiba, Tantrum Melanda?

29 September 2022   09:23 Diperbarui: 29 September 2022   14:03 648 16 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi "Tantrum Belajar" karya si cantik, dokpri

Setelah sekian lama bertapa, akhirnya saya memutuskan keluar dari pertapaan dan kembali menulis, gara-gara mendengar obrolan ibu-ibu di tengah padatnya jadwal ujian tengah semester anak-anak mereka.

"Anak sekarang... duh susahnya disuruh belajar, maunya mainan hp mulu", begitu curhat ibu A. Ibu B mengangguk setuju. Ibu C mengamini.

"Dari dikasih tahu baik-baik, sampai diancam sudah gak mempan. Malah nangis teriak-teriak. Tantrum!" lanjut ibu D.

"Saking jengkelnya, sampai saya cuekin. Sudahlah saya gak peduli. Pokoknya kalau nilainya jelek, sudah tahu hukumannya apa!" Gemuruh suara penuh kejengkelan ibu E.

Musim ujian tiba, mendadak tantrum pun melanda. Ternyata bukan hanya anak-anak saja lho yang tantrum karena disuruh belajar dan melepas gadget mereka, tapi orangtua juga dilanda tantrum karena perlu extra effort untuk membuat anak-anak mau belajar. Dari membujuk, mengancam sampai menyerah dan memilih tidak mau tahu alias tidak peduli, karena skala tantrumnya sudah mencapi level tertinggi.

Kenapa kok bisa begini?

Ada yang menuduh gadget sebagai tersangka utama, meskipun memang ada tersangka-tersangka lainnya. Tapi kita akan membahas soal gadget secara lebih mendalam lain waktu saja, sekarang kita fokus ke masalah tantrum saat belajar.

Mungkinkah meredakan atau meniadakan tantrum yang melanda ketika ujian tiba? Jawabannya iya, sangat mungkin. Setidaknya, berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Nha, demi menjawab keresahan ibu A, ibu B, ibu C, ibu D, ibu E dan ibu bapak yang lain, saya pun merelakan waktu menyetrika saya untuk menuliskan beberapa tips yang walaupun belum sempurna, karena pengalaman saya sebagai orangtua juga masih sangat terbatas, tapi semoga berguna.

Saya berharap sekali tips-tips berikut ini berguna, supaya pengorbanan waktu setrika saya tidak sia-sia.

Tips Pertama: Kenali Gaya Belajar Anak Kita

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan