Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

-

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

10 Tips Menyiram Tanaman agar Tidak Layu dan Mati

23 Maret 2021   12:09 Diperbarui: 30 Maret 2021   21:37 125 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
10 Tips Menyiram Tanaman agar Tidak Layu dan Mati
Menyiram tanaman ada tipsnya agar tidak layu dan mati (Milada Vigerova/Pixabay)

Memelihara tanaman menjadi hobi Anda selama pandemi. Pastinya Anda mau tanaman tersebut selalu sehat kan? Anda kemudian memberikan perhatian ekstra dengan mengasumsikan bahwa menyiram tanaman akan menjadi kunci utama.

Dalam prakteknya, Anda menyiram tanaman secara berlebihan, atau menyiramnya saat panas terik supaya tanaman terus terlihat segar dan tidak layu.

Stop! Praktik ini keliru dan malah membuat tanaman cepat layu dan mati.

Menyiram tanaman ada teknik dan waktu khususnya, lho.

Dengan mengikuti 10 tips berikut, dijamin tanaman di rumahmu akan sehat dan tampak segar terus-terusan!

10 Tips Menyiram Tanaman

1: Jaga agar tetap lembab

Kebanyakan tanaman bahkan bergantung pada kelembapan. Namun, mengondisikan tanaman agak kering sebelum penyiraman dapat meningkatkan pertumbuhan akar tanaman.

2: Jadwal penyiraman di setiap musim dan seberapa besar air yang dibutuhkan

Mengenai jadwal penyiraman, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetahui tingkat kebutuhan airnya. Caranya dengan mengukur secara berkala waktu yang tanaman butuhkan, mulai dari penyiraman secara menyeluruh sampai menjadi layu.

Ingat baik-baik kondisi ini takaran waktu dan kuantitas air yang disiram, di luar kondisi cuaca tertentu yang membutuhkan sistem penyiraman khusus. Kondisi dingin dan lembap pada musim hujan menimalisir penggunaan air. Sementara kondisi panas dan kering saat kemarau akan membutuhkan air yang lebih banyak.

Perhatikan juga waktu hingga tanaman mandiri. Dengan asumsi praktik penyiraman yang berjalan tepat, semakin lama tanaman di atas tanah, semakin mandiri dan berkurang kebutuhan akan asupan air tambahan.

Tanaman yang baru dipindahkan bisa saja membutuhkan air lebih dari sekali dalam sehari. Pastikan dengan mengeceknya secara berkala.

3: Siram pada sore hari atau dini hari

Ketika Anda menyiram tanah yang sudah turun suhunya ketika sore atau malam hari, maka lebih sedikit air yang menguap daripada di tanah yang panas di siang hari. Dan tanaman dapat mencukupi diri mereka sendiri dengan air yang tersisa di waktu siang pada hari berikutnya.

4: Jaga agar daun tetap kering untuk menghindari penyakit

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN