Mohon tunggu...
Welim Yosafa
Welim Yosafa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Keterangan Profil

Goodbye to yesterday. Greeted by today. Smiling at tomorrow.

Selanjutnya

Tutup

Karir

Fokus Terhadap Kinerja Karyawan dalam Melakukan Penilaian Kinerja

13 Juni 2021   10:09 Diperbarui: 13 Juni 2021   10:13 61 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Fokus Terhadap Kinerja Karyawan dalam Melakukan Penilaian Kinerja
https://www.personneltoday.com/

Personality traits atau ciri-ciri kepribadian seringkali ditampilkan dalam formulir penilaian, sedangkan prestasi kerja selalu dimasukkan sebagai faktor kedua. Hal ini tentunya salah. Belum ada yang dapat mendefinisikan dengan baik tentang bagaimana personality yang ideal dan sesuai untuk suatu posisi tertentu. 

Belum ada yang dapat mendefinisikan arti sebenarnya dari istilah-istilah seperti 'Integritas' (integrity) atau 'keandalan' (reliability). Bagaimana anda membedakan antara 'percaya dir' (self-confident) dan 'agresif' (aggressive)?
Banyak deskriptor yang berfokus pada personality traits yang dipengaruhi oleh opini pribadi, dan kurang objektif dalam menilai karakteristik tersebut. Tentunya hal ini hanya membuat penilaian menjadi bias dan penilaian yang bersifat tidak adil.

Hal ini harus diperhatikan dan menjadi penting ketika informasi penilaian kinerja akan digunakan sebagai informasi untuk keputusan yang berkaitan dengan gaji dan promosi, atau untuk memilih orang dalam melakukan program pelatihan dan pengembangan. 

Penilaian dan kriteria yang tidak objektif, hanya akan membuka celah terhadap diskriminasi. Pemberi kerja bisa saja dituduh telah melakukan diskriminasi saat melakuakn penilaian.

Manajer dapat melakukan sedikit atau tidak sama sekali penilaian terhadap personality atau kepribadian karyawan, tetapi para manajer dapat mempengaruhi kinerja karyawan dengan berbagai cara. Dengan demikian, manajer dapat leibh fokus terhadap apa dan bagaimaan kinerja seorang karyawan.

Kesimpulannya adalah manajer harus berfokus pada kinerja karyawan dalam melakukan penilaian kerja, hal ini tentunya sangat penting apabila penilaian kinerja yang dilakukan akan berkaitan dengan gaji dan promosi karyawan serta program pelatihan pengembangan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan