Mohon tunggu...
Suko Waspodo
Suko Waspodo Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

amrih mulya dalem gusti

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Cara Menghilangkan ‘Prengus’ Daging Kambing

25 September 2014   14:04 Diperbarui: 17 Juni 2015   23:35 482 10 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Menghilangkan ‘Prengus’ Daging Kambing
1411603442147768934

Sebentar lagi kita memperingati atau melaksanakan ibadah Idhul Adha dan pasti akan melaksanakan korban dengan menyembelih kambing lalu mengolahnya menjadi makanan sesuai dengan selera kita. Cita rasa daging kambing memang begitu istimewa. Sepertinya, dimasak dengan bumbu tradisional (masakan khas Indonesia), bahan tersebut akan menjadi sebuah sajian kuliner yang selalu ampuh menggoda selera. Tapi, yang jadi masalah, memang tak mudah mengolah daging hewan yang biasa dijadikan sebagai hewan kurban oleh umat muslim tersebut. Masalahnya, bila salah mengolahnya, daging ini akan mengeluarkan bau yang tak sedap. Oleh sebab itu, rasanya sangat penting untuk menguasai cara menghilangkan bau yang tak sedap pada daging ini.

Perlu diketahui, daging kambing umumnya diolah menjadi sate, tongseng, gulai atau kari. Bukan hanya dagingnya saja, bagian lain dari hewan ternak ini juga umum dimasak dengan bumbu sate, tongseng, gulai dan kari. Kesemuanya, sedikit atau banyak, pasti menggunakan santan. Cita rasa santan kelapa yang khas akan menambah cita rasa gurih daging kambing.

Cara menghilangkan bau tak sedap ‘prengus’ daging kambing bukanlah suatu hal yang susah. Tips ini sangat gampang untuk diterapkan. Tips ini biasa diterapkan oleh para pedagang sate kambing maupun makanan olahan lain berbahan daging kambing.

1. Gunakan Kunyit, Jahe dan Bawang Putih

Para pengelola atau juru masak resto sate kambing pada umumnya mengatakan, kunyit, jahe dan bawang putih merupakan bumbu kunci yang ampuh untuk menghilangkan bau ‘prengus’ daging kambing.

Daging kambing dicuci bersih lalu dipotong-potong, setelah itu, kita kasih kunyit sepotong, jahe sepotong, bawang putih, diulek. Campurkan bumbu-bumbu itu ke bagian daging yang telah dikeringkan selama 15 menit. Kemudian daging kambing yang telah dicampurkan bumbu-bumbu tadi bisa dicuci kembali.

Menurut para pakar kuliner, selain menghilangkan bau, ketiga bumbu ini juga dapat menambah cita rasa pada daging yang akan diolah.

2. Cara Mengolah Jeroan Kambing

Khusus untuk bagian jeroan kambing, rebus jeroan lalu tambahkan daun salam dan lengkuas. Mengolah jeroan agar tidak bau ‘prengus’ ialah dengan merebusnya.

Jeroan dicuci bersih, lalu dimasukan ke dalam air dingin. Rebus jeroan sampai keluar busa-busa putih. Ambil busa-busa yang mengumpul di permukaan itu lalu buang sampai busa-busanya habis. Bau ‘prengus’-nya memang di busa-busa putih yang dibuang tadi.

Kemudian, saat merebus, sebaiknya tambahkan daun salam dan lengkuas yang dirajang untuk menambah aroma rempah pada jeroan sekaligus menghilangkan bau ‘prengus’-nya.

Nah, itulah tips kecil untuk menghilangkan ‘prengus’ pada daging kambing, semoga bermanfaat. Selamat menyambut Idhul Adha dan menikmati kuliner berbahan dasar daging kambing yang lezat dan nikmat.

Salam nikmat penuh cinta.

***

Solo, Kamis, 25 September 2014

Suko Waspodo

www.sukowaspodo.blogspot.com

Ilustrasi: sowolo.wordpress.com

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x