Mohon tunggu...
PARTIKEL
PARTIKEL Mohon Tunggu... Pengolah Kata

Masih berusaha untuk mengolah kata yang tak bisa untuk di cerna.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perbedaan antara Kasih dan Cinta

27 November 2018   23:51 Diperbarui: 28 November 2018   00:32 2396 7 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perbedaan antara Kasih dan Cinta
Pixabay.com

Di jaman sekarang ini Arti cinta lebih ke arah Nafsu dan Ambisi, tanpa memikirkan hal yang lainnya. Banyak yang salah mengartikan tentang Cinta!

dan yang paling mengerti cinta hanyalah Rangga seorang.

Lha!...


Sedangkan Kasih adalah sebuah perasaan yang dimiliki oleh setiap makhluk, perasaan ini timbul apabila makhluk tersebut mempunyai rasa memiliki dan menyayangi. Kasih juga bisa dikatakan hubungan keterkaitan antara manusia tersebut dengan sesuatu. Dan makna dari kasih sangatlah luas, bukan hanya antara manusia dengan manusia, tetapi bisa juga antara Tuhan dengan manusia itu sendiri. Dan dengan adanya kasih tersebut membuat manusia mempunyai tujuan hidup yang harus di perjuangkan.

Cinta dan Kasih adalah dua kata yang hampir sama tetapi mempunyai makna yang berbeda, cinta adalah perasaan yang lahir dari hati seseorang , timbul dengan sendirinya, tidak melihat waktu dan usia, suatu masa untuk ingin menyayangi dan memiliki, seperti perasaan cinta ibu kepada anak nya, perasaan cinta Tuhan kepada umat nya yang bertaqwa. cinta yang tulus akan menimbulkan nilai-nilai kejiwaan yang selalu tulus dan berserah.

Kasih sayang adalah dua kata yang berarti, kasih itu murah hati, kasih itu mau mengerti, kasih itu pemaaf, kasih itu mau memberi, dan banyak lagi arti kasih. sedangkan sayang adalah penuh pengertian, mau percaya, mau bicara dan banyak lagi.

"Jangan pernah menuntut perhatian dan kasih sayang seseorang, bila kamu tidak memulai yang kamu tuntut"

Kasih adalah sebuah kata yang sering terdengar di telinga kita. Kasih bukanlah suatu hal yang tabu untuk diucapkan, apalagi dirasakan. Kasih akan membuat kita merasa nyaman, damai dan tentram dalam menjalani setiap detik kehidupan yang telah di berikan kepada kita.

Makna kasih yang sesungguhnya adalah bagaimana kita memberikan yang terbaik untuk orang lain, baik itu membahagiakan, tidak merebut kebahagiaan orang lain dan membuka pintu hati untuk sebuah kasih. Kasih adalah suatu perasaan, tetapi kasih sangat beda dengan CINTA!

Kasih lebih bersifat rasa kepedulian seorang insan tanpa ingin meminta imbalan/Pamrih pada yang dikasihinya. Maka dari itu setiap insan ingin diri mereka disayangi. Karena dengan rasa sayang itu setiap insan dapat merasakan kebahagiaan yang hakiki. Apabila sifat kasih sayang mulai luntur dan sifat dendam, ego dan kebenciannya lebih besar maka akan menjanjikan kehancuran pada manusia itu, hingga merambat pada masyarakat lain dan bahkan akan menghancurkan bangsa.

Lalu apakah pengertian kasih itu sebenarnya?

Kasih mempunyai makna yang beragam. Kasih berarti menyayangi, Kasih berarti mencintai, Kasih berarti membahagiakan orang yang kita kasihi. Kasih kepada Tuhan berarti mencintai Tuhan dengan cara menaati perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya,Kasih kepada orang tua berarti menyangi mereka dengan setulus hati dan berusaha untuk tidak menyakiti hatinya.

Kasih kepada sahabat berarti menjaga mereka dengan kasih sayang dan tidak mengkhianati. Kasih kepada pasangan berarti menjaga kepercayaan dengan setulus hati. Kasih mempunyai sejuta makna yang berbeda bagi tiap orang Secara umum kasih berarti menyayangi dengan setulus hati.

Kasih tidak mewajibkan kita untuk selalu mengalah. Tapi lebih ke arah TEGAS. Kasih akan menyatukan satu orang, dua orang, atau bahkan sejuta orang dalam ruang lingkup kedamaian. Dan tujuan yang bisa saya artikan dari makna Kasih itu adalah diciptakan untuk membuat kita saling mengasihi. Karena dengan Kasih kita akan selalu berbuat yang terbaik, baik itu hubungan antara kita dengan Tuhan, manusia, alam dan makhluk hidup lainnya di dunia ini.

Seandainya kita memiliki kasih yang sempurna, tidak akan ada pertikaian diantara Manusia. Kita pasti Saling mengasihi satu sama lain, menghormati sesama ciptaan Tuhan, menghargai setiap perasaan dan semua yang ada di sekeliling kita.

Saya sendiri masih belajar tentang kasih yang sesungguhnya. Dimana kasih tak akan pernah berhenti sampai akhir dari kehidupan saya sendiri.

Thumbs Up

Soebang 27/11/2018

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x