Mohon tunggu...
Pical Gadi
Pical Gadi Mohon Tunggu... Administrasi - Karyawan Swasta

Lebih sering mengisi kanal fiksi | People Empowerment Activist | Phlegmatis-Damai| twitter: @picalg | picalg.blogspot.com | planet-fiksi.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Puisi: Buku-buku dan Mimpi Buruk

17 Mei 2021   20:00 Diperbarui: 17 Mei 2021   20:12 250
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi gambar untuk puisi buku-buku dan mimpi buruk dari pixabay.com

Buku-buku itu
mereka seperti cermin yang menunjukkan sisi lain diri kita.

Saat membaca novel fantasi
aku jadi tahu begitu rigid-nya diriku
saat membaca buku sejarah
aku jadi sadar idealismeku kadang menyesatkan
saat membaca buku sains
aku jadi paham kebodohan berbahaya dipelihara
saat membaca kitab suci
aku jadi teringat dosa-dosaku
saat membaca buku wirausaha
aku jadi tahu betapa malasnya diriku
saat membaca buku ekonomi
aku mulai mengingat utang-utang pada sahabatku
saat membaca buku filsafat
aku paham begitu dangkalnya cara berpikirku.

Akhirnya aku meninggalkan buku-buku itu
membiarkan mereka di sudut kamar
berhari-hari
berbulan-bulan
tidak tersentuh.

Sampai pada suatu malam yang sepi
buku-buku itu menggerayangiku
menindihku yang tidak berdaya di atas kasur
melucuti satu per satu pakaianku
lalu mulai membaca membaca diriku yang polos sepuasnya.

Ada yang aneh!
semua halaman
buku-buku yang terbuka mengelilingiku
kosong melompong tanpa tulisan satu aksara pun
ke mana tulisan-tulisan itu pergi?

Praang!!
suara cermin pecah membangunkanku.

Ah,
syukurlah semuanya baik-baik saja.

Buku-buku itu
mereka masih duduk manis di sudut kamar
menanti untuk dibuka kembali.

--- 

kota daeng, hari buku nasional 2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun