Mohon tunggu...
Muhammad Jasrif Teguh
Muhammad Jasrif Teguh Mohon Tunggu... Apoteker - Praktisi manajemen stratejik, farmasi dan healthcare

Founder IDN-Pharmacare Institute - Mahasiswa Doktoral Manajemen Stratejik Universitas Brawijaya - Penulis artikel opini dan essay

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Pentingnya Kesehatan Mental Karyawan di Masa Pandemi

24 Desember 2021   10:45 Diperbarui: 25 Desember 2021   18:00 337 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi karyawan bekerja (Photo by fauxels from Pexels)

Di masa pandemi COVID-19, banyak karyawan harus beradaptasi dengan bekerja dari rumah dengan lingkungan kerja yang sudah barang tentu sangat berbeda dalam banyak aspek dibandingkan tempat kerja di kantor dengan segala fasilitasnya.

Di saat yang sama juga karyawan mengalami keterisolasian dari teman dan rekan kerja kadang-kadang bahkan dari keluarga. 

Sejauh mana lingkungan rumah dapat diadaptasi bervariasi sesuai dengan situasi karyawan dan waktu serta sumber daya yang tersedia.

Pada gilirannya rutinitas hidup sehari-hari yang terganggu dapat menyebabkan stres tambahan, ketegangan dan tekanan fisik dan mental. Dampak dari tekanan ini kadang kala bahkan bisa lebih kuat dalam situasi ekonomi saat ini.

Banyak perusahaan terkena dampak negatif dan pada akhirnya harus melakukan pemutusan hubungan kerja. 

Kondisi seperti itulah yang menyebabkan pekerja merasakan kecemasan, ketidakpastian, dan ketidakamanan lebih lanjut yang dapat mengakibatkan perasaan depresi.

Situasi ini diperparah dengan adanya kebijakan pembatasan sosial, pengetatan mobilitas, penutupan tempat-tempat wisata, dan pembatasan kegiatan masyarakat.

Hasil studi Institute for Employment Studies (2020) melihat bagaimana bekerja dari rumah untuk waktu yang lama berdampak pada keluhan pada otot dan tulang, nyeri terutama di leher, bahu dan punggung. 

Selain itu, ditemukan juga peningkatan konsumsi makanan yang kurang sehat, kurang berolahraga, masalah tidur karena kecemasan, bekerja dengan pola kerja yang tidak teratur dan hari yang panjang dan merasa kesepian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan