Mohon tunggu...
midah azsahara
midah azsahara Mohon Tunggu... mahasiswa

Saya Midah az sahara kerap di panggil azeet, saya kelahiran bekasi 2001, keibukan saat ini ialah mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Peran Promosi Melalui Digital Marketing dan Kepuasan Pelanggan dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Home Store BUket Sahara Crafts

5 Februari 2025   23:09 Diperbarui: 5 Februari 2025   23:08 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dibuat Oleh Peneliti (2024)

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1       Manajemen Pemasaran

            Manajemen Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis dalam menciptakan, mengkomunikasikan, pengiriman, dan penciptaan nilai baik bagi konsumen, pelanggan, rekanan dan masyarakat yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan. Menurut Apri Budianto (dalam Penerbit Ombak 2015) Artinya manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian terhadap program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran dan hubungan yang menguntungkan dengan pasar sasaran (target market) dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.

           Pemasaran digital adalah cara mempromosikan produk atau layanan melalui media digital seperti media sosial, e-mail, dan situs web. Dalam pemasaran digital, hal yang penting adalah menarik perhatian konsumen, membangkitkan minat, membangun keinginan, dan mendorong mereka untuk bertindak, yang sering dikenal dengan istilah AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Dengan menggunakan strategi seperti pemasaran konten dan pengoptimalan mesin pencari (SEO), perusahaan dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan biaya yang lebih efisien. Menurut Ryan (2016), pemasaran digital memungkinkan brand untuk terhubung langsung dengan pelanggan, sehingga meningkatkan kesadaran merek dan loyalitas pelanggan.

            Sebagai usaha yang dilakukan penjualan dirumah, Home Store buket sahara juga memerlukan analisis, perencanaan, penerapan dan pengendalian terhadap penjulan yang akan di jalankan, sehingga bisa mencapai target.

2.1.1    Fungsi Manajemen Pemasaran

            Menurut Aditama (2020) dalam (Musnaini 2021:13) fungsi manajemen pemasaran yaitu:

Planning (Perencanaan)

Perencanaan adalah proses yang mendefinisikan tujuan dari organisasi, membuat strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan dari organisasi, serta mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi.

Organizing (Pengorganisasian)

Pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusuan atau alokasi sumber daya organisasi dalam bentuk desain organisasi atau struktur organisasi ssuai dengan tujuan perusahaan yang tertuang di dalam visi dan misi perusahaan, sumber daya organisasi, dan lingkungan bisnis perusahaan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun