Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan selama lebih dari 25 tahun, dan mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Transformasi Kualitas dan Garansi

9 April 2021   06:37 Diperbarui: 9 April 2021   06:42 145 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Transformasi Kualitas dan Garansi
Dok. pribadi

Perusahaan industri memanfaatkan analitik canggih, melalui kecerdasan buatan (Artificial Intelligence)  dan pembelajaran mesin (Machine-Learning), untuk mendorong transformasi kualitas dan garansi ke tingkat berikutnya.

Bagi perusahaan yang ingin meningkatkan kinerja keuangan dan kepuasan pelanggan, jalan tercepat menuju sukses seringkali berupa transformasi kualitas produk yang berfokus pada pengurangan biaya garansi. Masalah kualitas dapat ditemukan di semua industri, dan bahkan perusahaan terbaik pun dapat memiliki titik lemah dalam sistem kualitas mereka. Masalah ini dapat menyebabkan kecelakaan, kegagalan, atau penarikan produk yang merusak reputasi perusahaan. Mereka juga menciptakan kebutuhan untuk tindakan pencegahan yang meningkatkan total biaya kualitas. Hasil akhirnya seringkali berupa buruknya kepuasan pelanggan dan menurunkan pertumbuhan lini atas, serta biaya tambahan yang merusak profitabilitas lini bawah.

Nilai yang dipertaruhkan sangatlah signifikan. Di industri maju --- seperti otomotif dan perakitan, elektronik canggih, semikonduktor, dan peralatan --- biaya jaminan tahunan bisa mencapai 5 persen dari pendapatan produk, dengan rata-rata 2 hingga 3 persen. Sebagian besar dari angka itu langsung membebani margin bersih. Oleh karena itu, seberapa baik perusahaan menangani biaya dan proses kualitas dan garansi sangat penting bagi kinerja bisnisnya secara keseluruhan.

Untuk mengubah kualitas dan garansi, perusahaan industri terkemuka menggabungkan alat tradisional dengan teknik "kecerdasan buatan"/ Artificial-Intelligence (AI) dan "pembelajaran mesin"/ Machine-Learning (ML) terbaru. Pendekatan gabungan memungkinkan produsen untuk mengurangi total biaya kualitas, memastikan bahwa produk mereka bekerja dengan baik, dan meningkatkan harapan pelanggan. Dampak dari transformasi yang dirancang dengan baik dan dilaksanakan dengan ketat sehingga melampaui pengurangan biaya untuk memasukkan laba dan pendapatan yang lebih tinggi juga.

Tekanan pada biaya kualitas semakin meningkat karena integrasi perangkat lunak dan perangkat keras meningkatkan kompleksitas produk. Selain itu, ekspektasi pelanggan tentang fitur produk terus meningkat, dengan berita buruk tentang produk yang berkembang pesat di dunia yang sangat terhubung. Namun meskipun tekanan meningkat, efektivitas pendekatan tradisional untuk memecahkan masalah kualitas (seperti analisis Pareto) menurun.

Mengingat kerumitan ini, solusi yang dikemas sebelumnya jarang berhasil. Selain itu, bahkan ketika solusi off-the-shelf terbukti efektif dalam konteks terbatas, perusahaan biasanya kesulitan untuk menskalakannya di seluruh lini produk --- dan mungkin menemukan bahwa utilitas mereka menurun dengan rilis produk yang berurutan.

Oleh karena itu, perusahaan sudah saatnya menggunakan teknik baru yang menghasilkan manfaat nyata. Menambahkan alat tradisional dengan teknik Artificial-Intelligence (AI) dan Machine-Learning (ML) memungkinkan perusahaan industri memperoleh sejumlah manfaat yang dapat diukur, serta biaya menjadi lebih murah.  Perusahaan telah mengurangi total biaya kualitas dengan menghasilkan lebih sedikit klaim, serta memperoleh porsi yang signifikan (seringkali hingga 30 persen) dari biaya garansi. Terobosan ini dapat mendorong peningkatan margin yang cukup besar dalam waktu dekat dan seringkali 2% hingga 5% pendapatan dalam jangka panjang.

Dengan menambahkan AI dan ML, keandalan menjadi lebih tinggi karena dapat mengidentifikasi dan mengurangi masalah dan risiko lebih awal dan lebih cepat memastikan bahwa pelanggan melihat lebih sedikit peristiwa waktu henti yang tidak direncanakan dan waktu henti yang direncanakan lebih pendek. Sehingga dengan demikian reputasi meningkat. Seiring waktu, meningkatkan persepsi merek pelanggan dengan produk berkinerja tinggi dapat meningkatkan pangsa pasar.

Pengalaman pelanggan yang mulus. Mengurangi beberapa langkah penyerahan, sengketa, dan penyelesaian yang melekat dalam klaim (baik di antara fungsi dalam satu perusahaan atau lintas tingkatan pemasok) menghasilkan pengalaman ujung ke ujung yang lebih baik. Produk yang lebih baik. Meningkatkan pemecahan masalah akar penyebab dan mengkodifikasi pelajaran yang didapat dalam proses garansi ujung ke ujung dapat membantu tim pengembangan produk merancang produk yang lebih baik di masa mendatang.

Manfaat yang paling utama adalah menghasilkan dampak keuangan yang lebih baik melalui biaya jaminan yang lebih rendah, biaya operasi yang lebih rendah, dan pendapatan yang meningkat.

Namun demikian, beberapa pendekatan peningkatan kualitas tradisional merupakan prasyarat bagi perusahaan yang ingin mengubah praktik kualitas produk mereka. Pendekatan ini memberikan seperangkat alat dasar untuk memecahkan berbagai masalah kualitas --- dan menangkap nilai yang signifikan jika dilengkapi dengan teknik AI dan ML.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN