Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan sejak tahun 1990. Mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan. Siap membantu dan mendampingi penyusunan Rancang Bangun Master Program Transformasi Corporate Culture dan mendampingi pelaksanaan internalisasi shared values dan implementasi culture.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Transformasi Teknologi Menghasilkan Values

5 April 2021   06:42 Diperbarui: 5 April 2021   06:48 212 2 0 Mohon Tunggu...

Bagaimana Transformasi Teknologi dapat Menghasilkan Values...???

Pada tahun lalu, krisis Covid-19 telah memperjelas keharusan bisnis untuk membuat perubahan yang didorong oleh teknologi, yang sekarang lebih banyak terjadi daripada sebelumnya. Survei Global McKinsey terbaru tentang teknologi dan bisnis, menunjukkan kemajuan dalam integrasi teknologi dan bisnis. Integrasi tersebut menciptakan nilai bisnis yang nyata, termasuk aliran pendapatan baru dan biaya yang lebih rendah. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa, rata-rata, beberapa aktivitas transformasi menghasilkan dampak yang lebih besar daripada yang lain. Dan menurut data, perusahaan dengan organisasi TI berkinerja terbaik telah membedakan diri mereka dari yang lain dalam upaya mereka untuk menciptakan nilai, mengadopsi teknologi baru, dan mendekatkan teknologi dan bisnis.

Berdasarkan hasil Survei Global McKinsey tentang teknologi dan bisnis terbaru (Maret 2021) dapat diperoleh tujuh pelajaran utama tentang transformasi teknologi dalam dunia bisnis.

Pelajaran Pertama: Investasi teknologi menciptakan nilai bisnis yang signifikan

Sesuai hasil survei, lebih dari tiga perempat inisiatif yang dilakukan oleh perusahaan telah menghasilkan beberapa atau pengurangan biaya yang signifikan dan peningkatan pengalaman insan perusahaann. Upaya perubahan telah meningkatkan pendapatan dari aliran yang ada, dan menghasilkan pembuatan aliran pendapatan baru, misalnya, lini produk baru atau bisnis baru.

Namun demikian, investasi teknologi bukanlah upaya satu kali untuk mengejar ketinggalan, tetapi perusahaan masih mempunyai rencana untuk mengejar setidaknya satu transformasi lagi dalam satu atau dua tahun ke depan.

Pelajaran Kedua: Transformasi yang berfokus pada orang menghasilkan values paling banyak

Berkenaan dengan dampak, survei menunjukkan bahwa tidak semua jenis transformasi diciptakan sama. Di antara sepuluh inisiatif transformasi, responden mengatakan bahwa perubahan pada insan perusahaan dan strategi Talent Management adalah salah satu langkah bernilai tertinggi yang harus dilakukan. Perusahaan yang telah mengubah pendekatan mereka terhadap talent teknologi, yaitu, mengubah praktik untuk menarik, mempertahankan, dan meningkatkan talent dengan keterampilan digital dan teknik. Pendekatan tersebut mempunyai dampak terbesar terhadap bisnis.

Dampak bisnis terbesar yang dirasakan adalah mewujudkan aliran pendapatan baru, mengurangi biaya, dan meningkatkan pengalaman insan perusahaan. Di samping itu, meningkatkan analitik data merupakan faktor penting yang memungkinkan pendapatan baru dan meningkatkan aliran pendapatan yang ada. Sementara itu, perusahaan yang mengalami nilai negatif pada bisnis mereka, tidak melakukan transformasi talent atau penskalaan data dan kemampuan analitik perusahaan.

Namun meskipun inisiatif yang berfokus pada insan perusahaan terkait paling erat dengan penciptaan values, tetapi menjadi hal yang paling kecil kemungkinannya untuk dikejar oleh perusahaan di masa depan. Sebaliknya, sebagian besar responden memperkirakan perusahaan mereka akan mengejar digitalisasi pengalaman pengguna akhir, penskalaan data dan analitik, dan peningkatan arsitektur TI. Kondisi tersebut merupakan perubahan penting dari survei tahunan sebelumnya, ketika transformasi infrastruktur adalah yang paling banyak dikejar oleh perusahaan. Sekarang, perusahaan cenderung mengatakan bahwa mereka akan memodernisasi infrastruktur dalam satu atau dua tahun ke depan.

Pelajaran Ketiga: Talent dalam transformasi teknologi sangat berharga untuk dikejar tetapi sulit untuk dieksekusi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN