Mohon tunggu...
Acek Rudy
Acek Rudy Mohon Tunggu... Konsultan - Palu Gada

Entrepreneur, Certified Public Speaker, Blogger, Author, Numerologist. Mua-muanya Dah.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Planogram Sederhana, Membuat Tempat Usaha Berfungsi Maksimal

27 September 2022   11:42 Diperbarui: 1 Oktober 2022   07:01 1018 40 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi planogram dalam bisnis kosmetik (Sumber: Thinkstock)

Sejujurnya saya baru mengenal istilah Planogram saat sebuah supermarket nasional membuka gerainya yang pertama di Kota Makassar. Kejadian tersebut berlangsung pada pertengahan 90an.

Pada saat itu saya menemani seorang sahabat yang sedang bertugas sebagai tenaga marketing di sebuah perusahaan multinasional. Kunjungannya ke Makassar untuk memastikan Planogram produknya berjalan efektif.

Apa itu Planogram?

Dugaan saya kata ini berasal dari plano (bidang) dan gram (diagram). Dengan demikian Planogram berarti diagram bidang. Masih terasa asing terdengar? Iya, istilah ini memang identik dengan bisnis retail.

Artinya adalah diagram yang menampilkan rencana tata letak produk dagangan (merchandise) di dalam rak display maupun pada areal toko secara umum.

Tentunya produk merchandise tidak bisa diletakkan secara serampangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Baik dari sisi efektivitas pajangan, alur keluar masuk pelanggan, ukuran toko, dan lain sebagainya.

Manfaat Planogram

Perlukah kita membuat Planogram? Bagi perusahaan retail besar, memiliki Planogram adalah hal yang wajib. Begitu pula dengan perusahaan kecil. Hanya saja, para pemilik UMKM belum sadar jika mereka sebenarnya sudah mempraktikkan Planogram sederhana. Itu karena secara sadar atau tidak, para pemilik usaha tahu bahwa penataan barang di toko banyak manfaatnya.

Satu. Memaksimalkan Tempat Jualan

Setiap toko memiliki karakternya sendiri. Di dalamnya terdiri dari area yang strategis hingga sudut yang sulit terjangkau. Pada umumnya, pemilik toko akan memaksimalkan area yang strategis dan mengabaikan daerah yang tertutup.

Dengan perencanaan Planogram yang bagus, setiap sudut akan dimaksimalkan sedemikian rupa, sehingga tidak ada yang terbuang.

Ilustrasi Planogram (sumber: qrcode-tiger.com)
Ilustrasi Planogram (sumber: qrcode-tiger.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan