Mohon tunggu...
Khoirul Taqwim
Khoirul Taqwim Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta

Peneliti Tentang Kemasyarakatan

Selanjutnya

Tutup

Puisi Artikel Utama

Puisi: Aku Ingin Menyusuri Sungai

15 Juni 2023   18:26 Diperbarui: 16 Juni 2023   21:15 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Sungai. (StockSnap via Pixabay)

Saat hatiku mulai lelah
Mengenal isi dunia
Terkadang tak sesuai harapku
Aku ingin berjalan menyusuri sungai
Supaya aku menemukan kedamaian disitu
Karena aku merasa hidup itu
Terkadang menjadi beban dalam jiwa dan otakku

Aku ingin menyusuri sungai
Seperti Imam Al-Ghazali
Dia lari dari keduniawian yang penuh nafsu sesaat
Dia penasihat Raja yang bosan dengan kehidupan duniawi
Dia ingin mencari kedamaian lewat hati
Menyusuri sungai
Jalan perjuangan tentang makna hidup
Bahwa hidup penuh tipu daya
Maka menyusuri sungai
Jalan mendekatkan diri kepada Ilahi
Melalui zuhud dalam memuaskan hati
Tuk selalu dekat dengan Sang Maha pencipta segala

Aku ingin menyusuri sungai
Mencari kedamaian
Mendekatkan diri kepada Rabb
Supaya hatiku tenang
Setenang embun pagi tiba
Memenuhi ruang rinduku
Rindu akan kedamaian di  hati dan jiwaku

Aku ingin menyusuri sungai
Mencari arti kehidupan
Kehidupan yang semakin serampangan
Jika aku mengejar nafsu semata
Semua akan hancur lebur
Maka aku ingin menyusuri sungai
Supaya hatiku tenang
Setenang dalam sunyi dan sepi
Memenuhi ruang kedamaian semesta jiwa

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun