Mohon tunggu...
Khairu Syukrillah
Khairu Syukrillah Mohon Tunggu... Kompasianer Brebes, Jawa Tengah | khairuatjeh@gmail.com | IG khairu_syukrillah

Berbuat baiklah bukan karena surga, tapi karena tuhan sudah sangat baik kepada kita | ID KBC-24

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Sosial Media, Saluran Komunikasi Efektif untuk Kampanye Cegah COVID-19

21 Maret 2020   15:43 Diperbarui: 21 Maret 2020   15:45 164 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sosial Media, Saluran Komunikasi Efektif untuk Kampanye Cegah COVID-19
Dok Pri Screenshot Aplikasi Medsos

Merebaknya kasus COVID-19, seluruh element dari mulai eksekutif hingga legislatif baik pusat hingga daerah terus mengkampanyekan pencegahan terhadap virus ini. 

Namun, untuk mengkampanyekan atau menyampaikan pesan terkait pencegahaan, perlu adanya media yang tepat berkaitan dengan dilarangnya masyarakat untuk melakukan kerumunan massa dan berkumpul maka perlu media yang tepat dalam menyampaikan pesan ini.

Secara kajian Ilmu Komunikasi ada yang namanua Saluran Komunikasi, atau saluran yang digunakan untuk berkomunikasi, diantaranya menggunakan media massa baik cetak, online maupun media televisi, namun seiring perkembangan zaman, media massa telah bertambah lagi fungsinya yaitu media sosial yang dikendalikan oleh masyarakat itu sendiri.

Fungsi saluran komunikasi adalah bagaimana kita dapat memastikan agar pesan yang disampaikan oleh komunikator atau penyampai pesan kepasa komunikan atau penerima pesan dapat terjalin efektif.

Dengan merebaknya COVID-19 ini, perlu ada edukasi kepada masyarakat untuk tetap berasa dirumah, menjaga kebersihan, serta rajin cuci tangan dan makan makanan yang bergizi, namun bagaimana kita menyampaikan hal tersebut agar cepat sampai kepada masyarakat? Sementara salah satu instruksi pemerintah adalah Social Distancing atau tidak boleh berkerumun atau berkumpu. 

Maka solusi yang tepat adalah dengan membuat konten-konten video, tulisan, selebaran dan lain-lain sebagai materi pesan yang dapat dilihat, didengar dan diterima oleh masyarakat terkait pencegahan COVID-19 ini.

Hal tersebut telah dilakukan oleh beberapa tokoh negara, salah satunya Hj. Nur Nadfifah, Anggota DPR RI Fraksi PKB dari dapil Jateng IX yang saat ini berada di Komisi IX juga melakukan hal tersenut. Apalagi Komisi IX salah satu tugasnya adalah berkaitan dengan kesehatan. Maka ini menjadi salah satu tugas dan tanggungjawabnya.

Pada prosesi pembuatan video singkat bersama timnya, Hj. Nur Nadlifah menyampaikan agar masyarakat tetap tidak panik dan terus menjaga kebersihan. COVID-19 ini perlu diwaspadai namun tidak untuk ditakuti. 

Dengan menjaga kebersihan, tidak berkerumun, tidak melakukan sentuhan langsun, rajin mencuci tangn pakai sabun, merupakan bagian dari pencegahan virus ini.

Beberapa conten video ini menurutnya adalah bagian dari caranya dalam menyapa warga untuk tetap waspasa dan sefty dalam mencegah COVID-19. Hal ini akan terus ia lakukan bersama timnya untuk mengedukasi seluruh masyarakat Indonesia terutama dapil yang menghantarkannya menuju DPR-RI yaitu Dapil Jateng IX yang meliputi Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal.

KBC-24 | Kompasianer Brebes.

VIDEO PILIHAN