Mohon tunggu...
Frederikus Suni
Frederikus Suni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Content Creator Tafenpah

Membaca, Berproses, Menulis, dan Berbagi || Portal Pribadi: www.tafenpah.com www.pahtimor.com www.hitztafenpah.com www.sporttafenpah.com ||| Instagram: @suni_fredy || Youtube : Tafenpah Group

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Begini Caraku Menjaga Pola Makan dan Berat Badan

23 April 2021   22:54 Diperbarui: 23 April 2021   23:46 546
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Olahraga sebagai solusi untuk tetap menjaga berat badan dan hidup sehat. Pixabay

Aktivitas akan berjalan normal, bila ditunjang dengan kesehatan dan berat badan yang prima dalam setiap kesempatan.


Menjaga pola makan tentunya setiap orang punya triknya tersendiri. Sebelumnya di sini saya bukan seorang ahli gizi, dokter ataupun pegiat literasi kesehatan ya. Saya cuman menuliskan sesuai dengan pengalaman saya seputar menjaga pola makan.


Pola makan selalu memiliki kaitan erat dengan bertambah dan berkurangnya berat badan. Bagi saya pola makan yang tepat dan efektif untuk tetap menjaga berat badan adalah hanya mengonsumi karbohidrat, protein, sedikit vegetarian dan air mineral.


Bila tak ada salah satu menu protein berupa telur, ikan dll. Saya cukup mengonsumsi karbohidrat saja. Sebagai anak rantau makan nasi putih dan garam sudah jadi hal biasa. Yang terpenting pikiran sehat.


Pikiran yang sehat berpotensi untuk tetap menjaga berat badan. Apapun bisa dikonsumsi yang terpenting selalu menjaga pikiran dari hal-hal yang mengundang stres, depresi dan tekanan batin.


Pikiran adalah jendela dunia. Pikiran yang jernih, saya pun bebas melakukan aktivitas dalam keseharian. Selain itu saya selalu menyediakan waktu 10-15 menit dalam sehari untuk bermeditasi. Tujuan dari meditasi adalah tetap mengendalikan hawa nafsu untuk mengonsumi jajan di pinggir jalan yang akan menambah berat badan.


Olahraga secukupnya


Selain pola makan dan pola pikir, saya juga melakukan olahraga 3 kali dalam seminggu yakni jogging, pemanasan ringan di kamar, berupa push up dan sit up. Tujuan dari olah raga ringan ini untuk bisa mengeluarkan keringat dari dalam tubuh.


Kalori yang terbakar di dalam tubuh sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap fit dalam beraktivitas. Ada juga pola hidup yang tak saya lupakan yakni tidur cukup 4 jam dalam sehari dan banyak minum air putih.

Di sana sini saya selalu mendengar orang berkata bahwa tidur ideal manusia dalam sehari adalah 8 -9 jam. Tapi, bagi saya cukup istirahat 4 jam dalam sehari. Yang diperbanyak adalah minum air putih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun