Kalian tau gak sih? Dulu tuh zaman Jokowi, yang ngetop banget tuh proyek jalan tol Trans Jawa sama Trans Sumatera. Meskipun, jujur aja ya, sampai sekarang masih banyak yang belum nyambung. Nah, kalau kita throwback dikit ke zaman SBY, beliau pernah punya mimpi bikin Jembatan Selat Sunda. Tapi ya gitu deh, cuma sampe wacana doang.
Nah sekarang, giliran Prabowo nih yang muncul dengan super-mega-ultra proyek bernama GSW (Giant Sea Wall). Katanya sih, ini bakal jadi tameng buat ngejagain Pantura (Pantai Utara Jawa) dari ancaman tenggelam. Gokilnya lagi, biaya proyek ini tuh ada yang nyebut 500 triliun, tapi ada juga kajian yang bilang bisa sampe 2.000 triliun. Bro, itu tuh literally se-APBN kita satu tahun! Dan itu baru buat satu proyek doang lho
Terus, kalian masih inget dong Kereta Cepat Jakarta-Bandung? Nah, itu tuh sebenernya belum finish. Rencana awalnya sih harusnya nyampe Surabaya. Makanya sekarang Prabowo ngebut lagi buat lanjutin proyek ini sampe selesai. Tapi masalahnya, bro... APBN udah megap-megap. Jadi, doi ngajak investor luar buat join. Soalnya duit negara udah kebagi ke program kayak MBG dan belanja wajib lainnya. Ribet kan?
BTW, di awal 2025 kemarin, muncul tuh Perpres No. 12 Tahun 2025 tentang RPJMN alias Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Isinya? Ada sekitar 77 proyek strategis nasional, dan beberapa di antaranya tuh bener-bener jumbo banget.
Yang paling niat ya si GSW tadi. Bayangin, tembok laut ini bakal dibangun dari Banten sampe Gresik, sepanjang hampir 1.000 KM! Literally satu pulau ditamengin. Tapi ya balik lagi, duit dari mana? APBN aja gak bakal cukup.
Makanya, skema andalan pemerintah tuh KPBU (Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha). Bahkan, Prabowo sampe bikin forum khusus: International Conference on Infrastructure (ICI) yang diadain tanggal 11-12 Juni 2025 kemarin. Yang ngurus siapa? Menko Infrastruktur kita: Mas AHY! Iya, putra SBY sendiri, cuy
Di forum itu, investor luar dan BUMN ditodong buat kolab. Terus, ada juga lembaga pendanaannya: Danantara. Jadi, ya kaya semacam mak comblang antara duit dan proyek.
Eh tapi, GSW ini gak lepas dari kontroversi juga. Yang pertama, proyek ini tuh gak komersil. Jadi investor juga mikir-mikir karena gak ada cuannya. Kedua, bisa ganggu nelayan, tambak, sampe ekosistem pesisir. Ketiga, tantangan teknisnya segede gaban: sungai bisa ketutup, terus harus pake pompa raksasa buat cegah banjir.
Makanya ada alternatif: cukup dibangun di titik rawan aja. Sisanya bisa pake mangrove atau ya udah relokasi aja lah warganya (tapi ini juga bisa ribet, bro).
Nah, balik lagi ke proyek kereta cepat Jakarta - Surabaya. Biayanya tuh diperkirakan 700 triliun juga. Risiko komersialnya gede banget, karena proyek gini tuh balik modalnya bisa puluhan tahun. Investor mana coba yang sabar segitu?
Masalah lain: rutenya. Ada yang bilang dilanjutin dari Bandung, ada juga yang pengen bikin jalur baru dari Jakarta langsung ke Surabaya. Tapi ya... kalau perhitungannya salah, bisa-bisa malah nabrak moda transportasi lain, misalnya penerbangan domestik. Kacau, kan?
Gak cuma itu, RPJMN juga punya rencana bangun pembangkit listrik baru. Totalnya? Sekitar 69,5 GW sampai 2034. Ada proyek kayak PLTA Kayan di Kalimantan Utara, PLTS apung di waduk-waduk Jawa, sampe PLTG berbasis gas dari Andaman dan Tanimbar. Nah, kalau yang ini sih katanya menarik buat investor. Karena pasarnya udah jelas, dan skema pembiayaannya juga solid, langsung kontrakan sama PLN.
Cuma ya, kata Tempo: semua proyek ini tuh ambisius banget. Bahkan bisa dibilang mimpi di siang bolong, bro. Soalnya kondisi fiskal kita tuh literally lagi sempit. Kalau gak disiapin dengan rapi, proyek-proyek ini bisa jadi beban baru buat BUMN kayak Danantara. Padahal harusnya BUMN itu cuan oriented, bukannya jadi tempat nampung proyek-proyek yang gak ada untungnya.
Sumber : Tempo
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI