Mohon tunggu...
Muhammad Umair
Muhammad Umair Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

28 Oktober 2020   20:45 Diperbarui: 28 Oktober 2020   20:48 102 2 0 Mohon Tunggu...

Pada masa pandemi seperti ini banyak yang terkena dampaknya dari segala aspek, termasuk salah satunya aspek yang sangat penting, yaitu pendidikan. Pemerintah menetapkan aturan pembelajaran secara daring kepada seluruh sekolah yang terus berlanjut hingga sekarang walaupun ada beberapa sekolah yang sudah menetapkan pembelajaran secara luring. Pembelajaran seperti ini dapat menyusahkan bagi siswa maupun guru dikarenakan belum siapnya salah satu dari dua pihak atau bahkan kedua belah pihak. Siswa tidak paham dengan apa yang diajarkan oleh guru dikarenakan metode pembelajaran yang kurang mendukung dan guru kesulitan pula menentukan penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk siswa dikarenakan pula terbatasnya fasilitas yang dimiliki siswa, seperti sinyal yang buruk sebagai contoh.

Banyak guru yang mulai terbiasa dengan situasi ini dan dapat menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam pembelajarannya seperti pada MAN 2 Kota Malang. Ada yang menggunakan media pembelajaran berupa video yang diunggah ke akun YouTube pribadinya kemudian menyuruh siswa untuk absen di kolom komentar sehingga siswa sekaligus menonton materi yang diberikannya dikarenakan juga tidak semua siswa bisa selalu sekolah dengan media seperti Zoom atau Google Meet dikarenakan keterbatasan sinyal sehingga dengan nonton video di YouTube maka siswa dapat menontonnya menunggu mendapatkan sinyal yang baik dan dapat mendengar penjelasan secara lancar dengan cara mengunduh video. Ada juga yang menggunakan media grup di WhatsApp dan dijelaskan secara rinci serta memberikan penjelasan yang disertai dengan gambar pendukung materi dalam file berbentuk PPT yang relatif kecil ukurannya sehingga siswa yang memiliki keterbasan sinyal dapat dipermudah proses pembelajarannya. Ada pula yang menggunakan media pertemuan daring seperti Zoom sesuai kesepakatan siswa dan guru agar tidak ada yang keberatan kemudian dijelaskan materi disertai dengan share screen mengenai materi yang dijelaskan.

Dari contoh-contoh penggunaan media pembelajaran di atas maka dapat dilihat jenis-jenis media pembelajaran yang cocok untuk mendukung proses pembelajaran siswa pada masa pandemi Covid-19 ini. Seperti penggunaan media pembelajaran berbentuk audio visual gerak, yaitu video penjabaran materi di YouTube yang dapat berbentuk animasi atau film mengenai materi yang  bersangkutan. Ada pula yang menggunakan visual diam seperti slide penjelasan materi dengan gambar di PowerPoint. Dapat pula menggunakan media cetak seperti buku atau modul bagi siswa yang sudah memiliki buku.

VIDEO PILIHAN