Mohon tunggu...
Dwi Astuti
Dwi Astuti Mohon Tunggu... Guru

A simple person

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Procedure Text menggunakan Model Pembelajaran PBL dan Media Audio Visual

11 Februari 2024   01:52 Diperbarui: 11 Februari 2024   02:10 1785
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi : SMP NEGERI 4 SUBANG

Tujuan yang ingin dicapai : Dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis Procedure Text.

Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.Latar Belakang dalam praktik pembelajaran ini adalah :
1.Motivasi belajar yang rendah dalam mata pelajaran Bahasa Inggris karena metode pembelajaran yang digunakan guru masih monoton (ceramah) dan pembelajarannya yang kurang menarik yaitu hanya menggunakan buku sebagai sumber materi hal tersebut membuat siswa mudah bosan dan mengantuk.
2.Pemanfaatan teknologi yang masih rendah, sehingga perlu mengembangkan pembelajaran berbasis IT
3.Kemampuan berpikir kritis dan mandiri yang masih rendah sehingga perlu meningkatkan berpikir kritis, nilai manfaat, mandiri, kerjasama dan menghasilkan karya bermanfaat.

Berdasarkan permasalahan di atas, praktik baik (Best Practice) perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dengan menggunakan model dan strategi yang tepat sehingga pembelajaran inovatif dapat tercapai dengan baik.
Oleh  karena  itu,  penulis  yang  berperan sebagai  guru  mendesain  pembelajaran  inovatif  untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan membuat text tentang cara membuat makanan atau minuman.


Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,1.Memerlukan waktu yang lebih banyak mempersiapkan media audio visual dibandingkan buku yang sudah tersedia.
2.Memerlukan alat pendukung semacam laptop, proyektor, sumber listrik.
3.Peserta didik cenderung pasif selama proses pembelajaran dan belum terbiasa untuk melakukan presentasi.


Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat
/ Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi iniLangkah-langkah untuk menghadapi tantangan:
1.Guru menyiapkan perangkat dan media pembelajaran dengan matang.
2.Guru memastikan ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran.
3.Guru menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan membimbing siswa agar bisa melakukan presentasi dengan baik.
Strategi yang digunakan:
1.Menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning).
2.Menggunakan media pembelajaran video (Youtube), slide PPT.

Berikut langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran:
1.Kegiatan Pendahuluan
Salam dan doa, memeriksa kehadiran peserta didik, apersepsi, memberikan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran, langkah- langkah kegiatan dan sistem evaluasi pembelajaran, serta menanyakan materi yang akan dibahas dan mengaitkannya dengan tujuan pembelajaran.

2.Kegiatan Inti
a)Orientasi peserta didik kepada masalah
Guru menayangkan gambar minuman dan makanan ke peserta didik melalui slide PPT dan menanyakan tentang cara membuatnya. Peserta didik mengamati gambar sambil menggali informasi dari gambar tersebut. Guru mengajak peserta didik berdiskusi tentang gambar yang sudah ditayangkan dengan mengajukan pertanyaan pemantik. Guru dan peserta didik mendiskusikan jawaban dari pertanyaan pemantik berdasarkan gambar tersebut. Lalu Guru menayangkan contoh video cara membuat jus buah. Peserta didik diminta untuk menganalisa video tersebut dengan menyebutkan struktur dan unsur kebahasaan teks prosedur.

b). Mengorganisasikan Peserta Didik
Guru membagi peserta didik ke dalam kelompok beranggotakan 4 orang. Guru membagikan LKPD  kepada  peserta  didik  berisi yang permasalahan yang berkaitan dengan fungsi sosial, struktur teks dan kaidah kebahasaan dari Procedure Text.

c). Membimbing Penyelidikan Individu dan kelompok
Guru mengarahkan peserta didik mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang mereka ketahui untuk menyelesaikan masalah, kemudian membimbing peserta didik untuk dapat mengidentifikasi, menentukan dan menganalisis fungsi sosial, generic structure dan language features pada Procedure Text. Guru memantau keaktifan siswa selama mengerjakan tugas kelompok, memantau perkembangan dan memberikan bimbingan jika peserta didik mengalami kesulitan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun