Mohon tunggu...
Mika Sora
Mika Sora Mohon Tunggu...

Keluarkan dan utarakan dirasakan, siapa tau dapat menjadi karya yang berguna untuk orang lain..

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Iseng-iseng Wawancara "Driver" Gojek

9 Agustus 2017   17:13 Diperbarui: 22 November 2017   11:22 0 0 0 Mohon Tunggu...

Efek keseringan naik Gojek itu buat aku bertanya - tanya didalam hati. Pengen nanya sih, tapi takiut ga enak disangka kepo. Ga nanya, penasaran. Akhirnya aku cobalah bertanya ke beberapa driverGojek. *Lebih tepatnya pas naik 4 Gojek buat nanya beberapa beberapa pertanyaan dibawah. Kebanyakkan dari kita mungkin sudah sangat familiar dengan transportasi yang berbasis online di Jakarta. Kali ini mungkin saya akan sedikit menginformasikan beberapa hal, yang mungkin kita semua belum mengetahuinya. Berikut beberapa pertanyaan yang saya tanyakan kepada driver.

Penasaran degh sama Go-Pay. Kalau penumpang memberikan tips gitu. Aman ga ya? Terus gimana cara si drivernya bakalan tahu kalau mereka mendapatkan tips?? apakah mereka juga tahu mengenai nominalnyakah? hmm.. Penasaran deh.. T_T
Informasi yang saya terima dari beberapa drivergojek, mereka mengatakan awalanya mereka juga agak ragu. Karena banyak informasi negatif yang diterima oleh driver, seperti "yakin masuk tuh tips sesuai dengan yang diberikan penumpang ke kita?" atau "Duh, gimana ini cara ambilnya?" dsb. Ternyata untuk pertanyaan diatas ini sudah mendapatkan titik terang. Semua drivermendapatkan notifikasi yang memberitahukan kalau mereka mendapat tips dari penumpang dan di notifikasi tersebut memperlihatkan nominal yang mereka peroleh.
Begh.. akhirnya abang gojek mendapatkan informasi yang pasti seperti ini kan enak. :D

Kaln para driver kerjanya diluar semua nih. APakah ada jaminan yang ditaha dari Gojek? Misalnya seperti Ijasah, BPKSB dst?
Ternyata untuk menjadi anggota driver ojek online,mereka harus menjaminkan IJasah mereka selama mereka menjadi driver. Namun kabar yang membahagiakan adalah untuk mengambil ijasah atau apapun itu sangatlah mudah. Tidak dipersulit. Jadi mereka kalau sudah tidak mau menjadi anggota driverojek online.Dan ketika saya sedang bersama dengan driver gojek, ternyata drivernya menjaminkan buku nikahnya. Wogh. Jujur saya sih kaget. Tapi, yasudahlah ya. Yang penting pengambilannya mudah dan tidak dipersulit. (>__<)

Apakah susah pak, kalau ingin melakukan penarikkan dana di Gojek? misalnya ada penahanankah? atau harus mengisi form apa gitu pak?
Mungkin awal - awal mendapat permasalahan seperti kartu yang di gunakan Bank lain, sedangkan gojek mempunyai Bank sendiri yang bisa mempercepat dalam penarikkan biayanya. Tapi itu hanya dialami driverbaru masuk,  setelah 4 bulanan sudah bisa seperti para drvieryang lainnya. Jadi bisa dikatakan kalau penarikkan dananya mudah. O(^^)O

Apakah driver Gojek juga mendapatkan poin? Dan sebenernya apa sih kegunaan poin itu ?
Ternyata sistem poin ini sudah ada sejak dulu, bedanya kalau dulu itu ketika narik sampai jam 6 an sudah bisa mendapatkan poin. Tapi sekarang, harus narik sampai pagi dulu baru bisa mendapatkan poin. Sebenernya ini menjadi beban tersendiri untuk driver nya. Karena kalau drivertersebut sudah narik dari pagi hari masa dilanjutkan sampai subuh? Sehingga sekarang mereka ada yang mengambil shift  malam. Dan terkadang untuk poinnya juga kecil.

Kurang lebih inilah pertanyaan yang aku tanyakan kedriver semoga bacaan ini membantu