Mohon tunggu...
ARSIANA MARIA FUN
ARSIANA MARIA FUN Mohon Tunggu... Staf

Hobi: Main gitar dan bernyanyi,Menulis dan membaca,Memasak dan makan

Selanjutnya

Tutup

Surabaya

Bahaya Bermain Game untuk Keadaan Psikis Manusia

29 Agustus 2025   00:04 Diperbarui: 29 Agustus 2025   00:04 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input Keterangan & Sumber Gambar (Contoh: Foto Langit Malam (Sumber: Freepik/Kredit 

Pendahuluan

Bermain game pada awalnya dipandang sebagai hiburan ringan yang dapat mengisi waktu luang, mengurangi rasa penat, serta menjadi sarana rekreasi bagi banyak orang. Seiring berkembangnya teknologi digital, terutama melalui smartphone, komputer, dan konsol permainan, game kini menjadi bagian yang hampir tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, banyak yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain game.

Namun, di balik sisi menyenangkan dan manfaat hiburan yang ditawarkan, terdapat bahaya tersembunyi yang kerap tidak disadari: dampaknya terhadap keadaan psikis manusia. Berbagai penelitian psikologi dan kesehatan mental menemukan bahwa penggunaan game secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan emosional, kognitif, bahkan hubungan sosial seseorang.

Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai bahaya bermain game terhadap kondisi psikis manusia. Kita akan menelaah pengaruhnya pada aspek mental, sosial, emosional, serta bagaimana pencegahan dapat dilakukan agar bermain game tetap sehat dan seimbang.

1. Fenomena Game dalam Kehidupan Modern

1.1. Game Sebagai Hiburan Populer

Sejak hadirnya permainan sederhana seperti Tetris dan Mario Bros di tahun 80-an dan 90-an, dunia game telah berevolusi menjadi industri raksasa. Kini, terdapat jutaan judul game dengan berbagai genre: mulai dari first person shooter, role-playing game (RPG), simulation, hingga mobile games seperti Mobile Legends, Free Fire, atau PUBG.

Game tidak lagi hanya dimainkan untuk bersenang-senang, tetapi juga menjadi sumber penghasilan melalui kompetisi e-sport, streaming, hingga content creation.

1.2. Game sebagai Bagian dari Kehidupan Anak dan Remaja

Survei menunjukkan bahwa anak-anak usia sekolah dasar hingga mahasiswa rata-rata menghabiskan 2--5 jam per hari untuk bermain game. Bagi sebagian besar dari mereka, game menjadi bagian identitas sosial---mereka berteman, berinteraksi, bahkan merasa diterima melalui dunia virtual. Namun, di sinilah letak masalahnya: ketergantungan pada dunia virtual dapat mengikis kemampuan bersosialisasi di dunia nyata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun