Lihat ke Halaman Asli

Lutfi Hidayah

Mahasiswi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung

Perangkat Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Diperbarui: 18 Juli 2023   14:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Merespon kebutuhan sistem pendidikan di era Society 5.0, maka Kemendikbudristek meresmikan Kurikulum Merdeka. Pada prinsipnya tujuan merdeka belajar diterapkan yaitu untuk menjawab tantangan pendidikan di era Society 5.0. Sebelum penerapan kurikulum ini, pemerintah sebenarnya sudah menyiapkan berbagai sarana penunjang khusus infrastruktur pendidikan. Terutama di bidang informasi dan teknologi terbarukan. Dalam menerapkan kurikulum merdeka kita perlu memahami apa saja perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka ini.

Apa sih Kurikulum Merdeka itu? Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Struktur kurikulum di Kurikulum Merdeka didasari tiga hal, yaitu:

1. berbasis kompetensi,

2. pembelajaran yang fleksibel,

3. dan karakter Pancasila.

Perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka yang sesuai dengan panduan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka yaitu capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, asesmen diagnostik, modul ajar serta asesmen formatif dan sumatif.

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka merupakan keterampilan belajar yang dimiliki oleh siswa dan harus diselesaikan setiap tahap. Capaian pembelajaran memuat kumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Isi dari capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka, yaitu kumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun komprehensif berbentuk narasi. Jika dianalogikan dengan sebuah perjalanan berkendara, CP memberikan tujuan umum dan ketersediaan waktu yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut (fase). Untuk mencapai garis finish, pemerintah membuatnya ke dalam enam etape yang disebut fase. Strategi untuk mencapai capaian pembelajaran yaitu dengan mengurangi cakupan materi dan mengubah tata cara penyusunan yang lebih fleksibel sehingga siswa tidak merasa tertekan untuk mencapai pembelajaran tersebut.

 

Tujuan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap siswa yang perlu dibangun melalui satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Tujuan Pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju capaian pembelajaran (CP).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline