Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Dosen

Belajar ilmu ekonomi, menekuni area manajemen. Fokus keuangan-investasi-pasar modal, HRM dan Strategic Management. Competence CRP, Finance Analis, WPPE and WMI, HRA berbasis Research. Menulis buku ajar, artikel dan jurnal. Mengajar dan belajar membuat pikiran dan hati selalu "muda".

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Agar Tidak Menjadi Pemimpin "Sok Tahu", Kenali Gaya Kepemimpinan Anda

16 Maret 2019   06:46 Diperbarui: 18 Maret 2019   11:28 371 3 1
Agar Tidak Menjadi Pemimpin "Sok Tahu", Kenali Gaya Kepemimpinan Anda
https://www.kajiantauhid.com/2018/08/andai-anda-jadi-presiden.html

I. Pemimpin Sok Tahu

Leadership style atau Gaya kepemimpinan itu merupakan  area yang sangat pribadi bagi seseorang dan muncul serta tampil secara alami dalam  setiap diri individu yang terkait dengan tipe kepribadian yang dimiliki.

Sesungguhnya kepribadian seseoranglah yang menjadi dorongan utama mengapa seorang pemimpin tampil berbeda dengan pemimpin lainnya. Seorang pemimpin yang tampil sangat otoriter karena sesungguhnya kepribadiannya juga otoriter. Atau sebaliknya, seorang pemimpin yang muncul dengan gaya demokratis karena sebenarnya pribadinya itu demokratis.

Jadi tidaklah terlalu sulit menjelaskan mengapa seorang pemimpin memiliki perangai yang kasar, halus, setengah halus bak malaikat atau dengan gaya lainnya.

Itu dideterminasi habis oleh perilaku-perilaku yang dikenal dengan istilah introversion dan extraversion, pemikiran dan perasaan, dan penilaian dan persepsi.

Semua jenis perilaku ini akan memiliki dampak yang signifikan bahkan besar pada keberhasilan dan kegagalan seorang pemimpin, yang pada akhirnya akan menjadi kunci apakah bisnis yang dikelola sukses atau gagal.

Memahami dan mampu mengenali serta mengidentifikasi sendiri leadership style yang dimiliki, akan sangat membantu seorang pemimpin untuk mengelola dan mengembangkan diri menjadi seorang pemimpin yang lebih baik dan hebat.

Artinya, banyak pemimpin tidak mengenali diri sendiri gaya apa yang dimiliki dalam memimpin. Lebih banyak lagi merasa mengenal gaya kepemimpinannya sendiri tetapi tidak benar dan akibatnya fatal, gagal. Dan inilah yang disebut pemimpin yang sok tahu.

Pesan kunci bagi para pemimpin adalah kenali diri sendiri secara tepat agar bisa menjadi seorang pemimpin yang baik dan hebat. Dalam sebuah artikel risetnya, Gallup menegaskan bahwa kepemimpinan itu merupakan  salah satu faktor terpenting dalam menentukan apakah budaya kerja bisnis Anda tergolong baik, atau buruk, atau hebat, yang pada akhirnya menjadi penentu bagi keberhasilan dan kesuksesan perusahaan yang Anda pimpin.

Fahami pula bahwa di dalam kenyataannya tidak ada dua pemimpin yang memiliki gaya yang sama persis, tidak ada! Karena ini menyangkut dasar kepribadian. Walaupun banyak orang merasa sama dengan pemimpin tertentu, itu adalah salah dan sok tahu!. Setiap orang memiliki gaya kepemimpinan yang unik dan bercerita tentang gaya kepemimpinan pribadi Anda.

II. Mengenali Gaya Kepemimpinan sendiri

Proses pengembangan kepemimpinan pribadi menentukan gaya pribadi Anda dan kemudian berkembang ke arah yang benar sesuai dengan kebutuhan lapangan dan tantangan yang dihadapi. Seperti apa perubahan yang dituntut akan sangat tergantung dari kondisi riil yang dikelola langsung. Artinya pula bahwa tantangan itulah yang menentukan seperti apa gaya dan diri Anda

Jadi pertanyaan dasarnya adalah apakah Anda mengetahui gaya kepemimpinan Anda? Jawabannya tahu tetapi tidak memiliki keyakinan terhadap yang Anda tahu itu.

Jangan panik karena tidaklah sesulit yang dibayangkan asalakan Anda jujur terhadap diri sendiri sebagai syarat dasar menjadi seorang pemimpin, yaitu integritas.

Periksa dan ikuti strategi berikut ini sebagai panduan dan dalam waktu singkat Anda akan tahu gaya kepemimpinan Anda sendiri.

Pertimbangkan nilai-nilai inti Anda:

Pemimpin yang memiliki nilai-nilai perilaku, pilihan, dan tindakan yang paling dalam, memimpin dengan cara terbaik. Dan semua ini adalah hasil dari gaya kepemimpinan pribadi.

Jadi, identifikasikanlah karakteristik inti Anda yang merupakan prinsip dan yang digunakan untuk membuat keputusan. Mereka adalah hal-hal yang mantap dalam hidup dan akan membantu Anda menimbang pilihan dalam hidup.

Pertimbangkan ciri-ciri kepribadian Anda:

Karakter kepribadian Anda akan menentukan gaya alami Anda dan bagaimana Anda dibentuk. Tidak ada sifat tertentu yang bisa menang, semua sama dan baik dengan caranya sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3