Mohon tunggu...
Yosua vernandusTamba
Yosua vernandusTamba Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Jember

Selamat Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penjelasan Singkat Terkait APBN dan Kondisi APBN Pada Pandemi Covid-19

8 April 2022   00:13 Diperbarui: 8 April 2022   00:57 120 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) merupakan bagian dari keuangan negara, APBN sendiri berisi tentang rencana atau perkiraan pengeluaran dan penerimaan negara pada tahunn tersebut yang dihubungkan dengan rencana dan proyek pada jangka Panjang. 

Dan menurut pendapat Revrisond Baswir, APBN adalah rencana keuangan yang mencerminkann pilihan kebijakan untuk satu periode di masa yang akan mendatang. Dan menurut UUD 1945, anggaran pendapatan dan belanja negara atau yang disingkat dengan APBN merupakan wujud dari pengelolaan keuangan negara yang ditetapkan setiap tahun dengan undang-undang dan dilaksanakan secara terbuka dan bertanggung jawab atas kemakmuran rakyat.

APBN berfungsi sebagai otorisasi, perencanaan, pengawasan, alokasi, distribusi, dan stabilisasi. Semua penerimaan yang menjadi hak dan pengeluaran serta kewajiban negara dalam suatu tahun anggaran harus di masukkan ke dalam APBN.

  • Pengawasan

            Anggaran negara harus digunakan sebagai pedoman untuk menilai apakah operasi pemerintah negara bagian telah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

Dengan demikian, orang akan dengan mudah menilai sah atau tidaknya perbuatan menggunakan uang negara untuk tujuan tertentu. Artinya, anggaran negara harus menjadi pedoman untuk mengevaluasi apakah kinerja pemerintah negara telah sesuai dengan peraturan yang ditetapkan.

Dengan demikian, akan mudah untuk menilai apakah pemerintah menggunakan uang negara untuk tujuan tertentu sah atau tidak.

  • Fungsi Alokasi

Anggaran negara harus ditujukan untuk mengurangi pengangguran, pemborosan sumber daya dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas ekonomi.

  • Fungsi Distribusi

Kebijakan anggaran negara perlu memperhatikan rasa dan keadilan.

  • Fungsi Stabilisasi

Artinya, APBN menjadi instrumen kontrasepsi untuk menjaga dan menemukan keseimbangan fundamental ekonomi.

  • Fungsi Otorisasi

Implikasinya bahwa APBN merupakan dasar untuk membuat pendapatan dan belanja tahun ini, oleh karena itu pendapatan dan belanja negara bertanggung jawab kepada rakyat.Perencanaan fungsional mengandung arti bahwa APBN dapat menjadi pedoman bagi negara untuk merencanakan kegiatan tahun ini.

Ketika pengeluaran direncanakan sebelumnya, negara dapat membuat rencana untuk mendukung pengeluaran tersebut. Misalnya, orang merencanakan dan menganggarkan untuk membangun proyek jalan senilai miliaran. Alhasil, pemerintah bisa mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan kelancaran proyek tersebut.

  • Fungsi Perencanaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan