Mohon tunggu...
Nailah Amalea Hannah
Nailah Amalea Hannah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 23107030116

hobi: bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Mari Merayakan Hari Kesehatan Sedunia, Berikut Penjelasan dan Fakta Menariknya!

7 April 2024   21:34 Diperbarui: 7 April 2024   22:15 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setiap tanggal 7 April, Organisasi Kesehatan Dunia memilih untuk menyoroti tema khusus terkini di dunia kesehatan dan medis. Mulai dari kesehatan mental hingga asuransi dan segala hal di antaranya, hari ini menentukan apa yang akan terjadi di dunia. 

Hari Kesehatan Sedunia tahun ini akan menyoroti perawat dan bidan, tenaga kerja yang selalu siap siaga dan gelisah yang merevolusi industri perawatan kesehatan seperti yang kita kenal sekarang.

Nilai Kesehatan terbaik dirayakan di Hari Kesehatan Sedunia pada tanggal 7 April. Ini dipelopori oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dari kesejahteraan fisik, mental, dan emosional akan dipromosikan dan dirayakan diseluruh dunia pada hari ini.

Sejarah Hari Kesehatan Sedunia


Untuk membicarakan Hari Kesehatan Sedunia, kita perlu berbicara tentang pembentukan Organisasi Kesehatan Dunia secara keseluruhan. Pada bulan Desember tahun 1945, para pejabat Brazil dan Tiongkok mengusulkan pembentukan sebuah organisasi kesehatan internasional, yang mencakup semua hal dan benar-benar independen dari kekuasaan pemerintah mana pun.

Setengah tahun kemudian, di New York, pada bulan Juli 1946, konstitusi Organisasi Kesehatan Dunia disetujui. Konstitusi tersebut mulai berlaku pada tanggal 7 April 1948, ketika 61 negara menandatangani perjanjian untuk berdirinya LSM tersebut.


Sebagai salah satu tindakan resmi pertama WHO, mereka mengadakan perayaan Hari Kesehatan Sedunia. Ini pertama kali diperingati pada tanggal 22 Juli 1949, namun tanggal tersebut kemudian diubah menjadi 7 April. Berdirinya WHO, adalah untuk mendorong partisipasi siswa.

Sejak tahun 1950, Hari Kesehatan Bernilai menggunakan tema tema yang berbeda setiap tahunnya yang dipilih oleh Direktur Jenderal WHO saat ini, berdasarkan saran dari pemerintah dan staf anggota.

Hari Kesehatan Sedunia memberikan kesempatan global untuk memusatkan perhatian pada isu-isu penting kesehatan masyarakat yang mempengaruhi komunitas internasional. Dalam rangka Hari Kesehatan Sedunia, diluncurkanlah program promosi yang berlanjut dalam jangka waktu lama setelah tanggal 7 April.

Hari Kesehatan Sedunia tahun 2020 akan menyoroti peran penting yang dimainkan oleh perawat dan bidan dalam menyediakan layanan kesehatan di seluruh dunia, di mana acara advokasi akan diadakan di seluruh dunia, termasuk peluncuran Laporan Keperawatan Dunia yang pertama, yang akan memberikan perencanaan untuk mengoptimalkan kontribusi tenaga kerja pembibitan, dan laporan serupa mengenai tenaga kebidanan akan dilakukan pada tahun 2021.

Lini Masa Hari Kesehatan Sedunia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun