Mohon tunggu...
Yosef MLHello
Yosef MLHello Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Sekretaris Umum Pusat Pastoral Keuskupan Atambua, Dosen Tidak Tetap pada STP St. Petrus Keuskupan Atambua

Menulis adalah upaya untuk meninggalkan jejak. Tanpa menulis kita kehilangan jejak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Ingin Sukses Melalui Studi Lebih Baik Merantau!

27 Juni 2022   20:38 Diperbarui: 27 Juni 2022   20:42 132 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi: merantau demi sekolah (sumber: suara.com)

Pengalaman sudah membuktikan. Banyak orang akhirnya sukses baik dalam studi maupun dalam karya karena berani menerobos budaya atau adat istiadat setempat.

Mengapa mesti demikian?

Persoalan pertama:

Baca juga: "Tanonob dan Ta

Di banyak tempat, budaya atau adat istiadat sungguh membelenggu. Bahkan Mgr. Anton Pain Ratu SVD (kini Uskup Emeritus Keuskupan Atambua) ketika masih aktif di tahun 1984-2007 berusaha mendobrak apa yang disebut adat yang membelenggu itu.

Ketika beliau masih aktif sebagai Uskup Atambua, beliau terkenal dengan predikat Uskup Tiga Ber.

Apa itu Tiga Ber?

Tiga Ber adalah sebuah program pastoral yang dilancarkan oleh Uskup Pain Ratu dengan tujuan untuk memberikan pemahaman pastoral kepada tiga tokoh kunci dalam masyarakat di Pulau Timor yaitu:

Pertama, mereka yang BERPENGARUH dalam masyarakat yakni para tua-tua adat, yang meskipun berpendidikan rendah namun memiliki pengaruh dalam masyarakat khususnya dalam hal-hal adat istiadat atau budaya.

Kedua, mereka yang BERKEDUDUKAN dalam masyarakat yakni para pengambil keputusan dalam bidang pemerintahan, mulai dari RT, RW, Kepala Desa dan Camat.

Ketiga, mereka yang BERPENDIDIKAN yang ada di tengah masyarakat. Umumnya mereka yang berpendidikan adalah para guru, petugas-petugas di kantor pemerintah, para orang muda, dan para sarjana yang ada di masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan