Mohon tunggu...
Vika Kurniawati
Vika Kurniawati Mohon Tunggu... Wiraswasta - Freelancer

| Content Writer

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Novel Lukisan Langit Agnes Davonar dan Kesehatan Mental

15 April 2021   06:24 Diperbarui: 15 April 2021   08:56 843
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Novel Lukisan Langit. Doc: Pribadi

Hal itu juga terjadi pada dialog-dialog antar tokoh yang terkesan cair dengan penggunaan kosa kata sehari-hari. Misalnya: Gue, Lo, kamu, aku. Terdapat beberapa penggunaan kosa kata asing, piranti tehnologi dan sarana media sosial yang memang sering dipergunakan anak-anak muda perkotaan. 

Seperti dialog antara Rama dengan Yudha di halaman 106, "That's my boy!" Tentu hal ini membantu pembaca untuk mengetahui secara cepat latar belakang pendidikan, kondisi finansial, lingkup pergaulan dan setting masa yang digunakan penulis bagi jalinan kisah novel tersebut.

Genre Novel

Roman, begitu kategori genre yang disematkan salah satu laman dunia maya bagi novel terbaru dari Agnes Davonar tersebut. Kita cari tahu dulu apa arti dari genre roman sebelum menyetujui bahwa novel Lukisan Langit termasuk dalam genre tersebut atau tidak. Menurut KBBI, roman adalah karangan percintaan/prosa yang melukiskan perbuatan pelakunya menurut watak dan isi jiwa masing-masing.

Bila menilik dari blurb di sampul belakang novel maka memang kisah yang terjalin memang ada unsur roman walau belum menceritakan mendetail karakter utama. Pastinya penulis mempunyai beberapa alasan kenapa karakter utama yaitu Rama dan Angel belum diexplore lebih detail. Mungkinkah akan ada seri kedua?

Bukan hanya nama karakternya yang membumi namun juga kisah yang terjalin juga ternyata. Kembali lagi menilik blurb maka memang novel ini bertumpu pada sisi percintaan Rama yang mengalami dinamika. Perubahan kondisi lingkungan dan perjalanan jiwa ternyata membawa perspektif baru dalam diri Rama. Sound familiar ya.

Novel ini menurut saya termasuk dalam genre mental health walau kisahnya juga bisa masuk genre roman. Novel ini juga menggunakan data asli yang terjadi nyata di Indonesia. Misalnya saja tentang penggunaan setting waktu dalam berbagai dialog mengenai terjadinya gempa bumi serta Tsunami di kota Palu. 

Kejadian bencana alam ini terjadi nyata pada tahun 2018 tepatnya pada tanggal 28 September pukul 18.20 WITA. Anda semakin penasaran bagaimana kisah kasih dengan latar belakang peristiwa gempa dan tsunami?

Kesimpulan

Sampul Depan. Doc: Pribadi
Sampul Depan. Doc: Pribadi

Tentu saya tidak ingin menuliskan spoiler dari novel Lukisan Langit tersebut, tapi saya lega karena pada ahkirnya kisah kasih berahkir menyenangkan. Dan yang terpenting adalah novel ini tidaklah seringan yang terlihat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun