Mohon tunggu...
USI SULISSETIOWATI
USI SULISSETIOWATI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Menjadi Mahasiswa Baru

15 September 2022   08:58 Diperbarui: 15 September 2022   09:25 134 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Hallo, perkenalkan saya Usi Sulissetiowati, saya berasal dari daerah Katibung, Lampung Selatan. Saya adalah mahasiswa baru Institut Teknologi Sumatera tahun ajaran 2022 dari program studi Kimia jalur SNMPTN. Disini saya akan menceritakan sedikit perjalanan saya untuk bisa menjadi mahasiswa baru Institut Teknologi Sumatera.

Pada awalnya saya dan beberapa teman saya mencari informasi mengenai Perguruan Tinggi Negeri, kemudian kami memilih beberapa macam program studi yang berbeda-beda. Saya memilih program studi kimia di ITERA dan dinyatakan lulus SNMPTN program studi kimia. Saya sangat senang dan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi saya. Saya menjadi satu-satunya alumni SMA yang berhasil lolos SNMPTN ITERA, karena untuk menjadi calon mahasiswa baru ITERA, saya harus bersaing dengan ribuan calon mahasiswa baru dari berbagai daerah di-Indonesia.

Setelah saya dinyatakan diterima menjadi calon mahasiswa baru ITERA, saya juga dinyatakan sebagai mahasiswa yang lolos bidikmisi atau lolos kip-k. Bukan hanya itu, kabar gembira lainnya yang datang tidak lama setelah saya dinyatakan lolos kip-k yaitu saya juga dinyatakan diterima menjadi mahasiswa baru asrama ITERA. Saya memilih opsi tinggal di asrama pada saat pengisian DIM. Alasan saya memilih tinggal di asrama karena saya ingin sedikit meringankan pengeluaran orang tua untuk membiayai kuliah saya. Akhirnya saya memutuskan untuk tinggal di asrama ITERA dan saya mengurus semua berkas-berkas yang dibutuhkan baik dari berkas kip-k maupun berkas asrama.

Mendekati awal perkuliahan atau Tahap Persiapan Bersama, saya mulai tinggal di asrama tepatnya pada tanggal 5 Agustus 2022. Awalnya saya merasa takut untuk tinggal di asrama karena sebelumnya saya tidak pernah jauh dari orang tua. Tetapi, saya berpikir kalau bukan dari sekarang saya belajar memberanikan diri dan beradaptasi dengan lingkungan baru, kapan lagi. Akhirnya dengan seiring berjalannya waktu saya mulai terbiasa dengan lingkungan baru asrama ITERA.

Di asrama ini saya mendapatkan banyak pengalaman baru, saya juga mendapat banyak teman baru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Asrama ITERA ini sangat menjunjung tinggi nilai kekeluargaan, kebersamaan, toleransi, gotong royong, dan solidaritas. Saya sangat senang karena di sini saya bisa belajar banyak hal baru dan harapan saya di sini bisa merubah diri saya menjadi kepribadian yang lebih baik lagi, lebih mandiri,dan lebih menghargai segala perbedaan yang ada.

Sekian perjalanan singkat dari saya untuk menjadi mahasiswa baru ITERA. Bila terdapat kesalahan saya mohon maaf. Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan