Mohon tunggu...
Syari Fani
Syari Fani Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger Surabaya

Seorang ibu rumah tangga yang suka menuliskan pengalaman keseharian di https://keluargamulyana.com/

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Menjawab Mitos dan Fakta Seputar Air Minum Kemasan yang Sering Dianggap Keliru

5 Oktober 2019   07:38 Diperbarui: 5 Oktober 2019   07:47 198 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Beragam merek air minum kemasan kini hadir di Indonesia. Diantara air minum kemasan yang populer yaitu air mineral, air demineral, air oksigen dan air alkali (pH tinggi). Bahkan ada beberapa produk mengklaim air minum produksinya dapat menyembuhkan penyakit kanker. 

Apakah informasi seputar manfaat air minum kemasan yang beredar di masyarakat selama ini sudah melalui penelitian oleh ahlinya atau hanya strategi marketing untuk menarik minat konsumen saja ?. Nanti saya uraikan di bawah. Sebelumnya, ijinkan saya menceritakan pengalaman saya tentang memilih air minum kemasan terbaik.

Saat kuliah, saya pernah mendengar dari seorang teman satu kos perihal air minum kemasan. Menurutnya, air mineral kurang jernih, sebab melalui pengalaman yang sudah ia tes, terdapat kotoran yang dihasilkan setelah melalui proses penjernihan melalui alat tertentu yang ia punyai di rumah. 

Mendengar kabar tersebut teman-teman beramai ramai mengganti air minum kemasan galon. Setelah saya tanyakan pada orang yang lebih paham tentang air mineral, ternyata kotoran tersebut sebetulnya berupa mineral yang baik untuk tubuh.

Kejadian serupa juga terjadi saat saya bekerja. Adanya pergantian pimpinan, membuat kebijakan air minum kemasan yang akan dikonsumsi harus sesuai dengan seleranya. Maka seluruh air minum kemasan yang diminum oleh pegawai pun berganti.

Pertanyaannya apakah teman atau pimpinan saya sudah tahu betul air minum kemasan seperti apa yang dibutuhkan oleh tubuh ?. Jawabannya belum tentu. Yang saya yakini waktu itu, air minum kemasan yang bagus itu yang jernih, sehingga baik buat kesehatan. Pemikiran saya dulu sejalan dengan teman dan pimpinan.

Hydration Talk, Ajak Masyarakat untuk Pahami Jenis dan Manfaat Air Minum Kemasan

Hydration Talk merupakan salah satu bentuk edukasi tentang hidrasi sehat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebiasaan minum air yang sehat sebagaimana dibutuhkan oleh tubuh. Dikemas dalam bentuk talk show, hasil kerja sama PT. Tirta Investama (Danone-AQUA), Indonesian Hydration Working Group (IHWG) dan Universitas Indonesia.

Foto : Dok pri
Foto : Dok pri

Selain banyaknya informasi air minum kemasan yang beredar di masyarakat, kurangnya pengetahuan tentang hidrasi sehat juga masih banyak terjadi di Indonesia, ungkap dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Hasil penelitian The Indonesian Hydration Regional Study (THIRST) menunjukkan 46,1% subyek yang diteliti mengalami kurang air ringan. Kejadian ini lebih tinggi pada remaja yaitu 49,5 % dibandingkan pada orang dewasa 42,5%.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan