Mohon tunggu...
Syahiduz Zaman
Syahiduz Zaman Mohon Tunggu... Dosen - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Penyuka permainan bahasa, logika dan berpikir lateral, seorang dosen dan peneliti, pemerhati masalah-masalah pendidikan, juga pengamat politik.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Memanfaatkan Media Sosial untuk Merestrukturisasi Citra Bisnis

7 Januari 2024   14:56 Diperbarui: 10 Januari 2024   18:34 273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Word of mouth. (Sumber gambar: Freepik/wayhomestudio)

Beberapa hari lalu saya mem-posting satu hal di beranda Facebook saya tentang adanya sentimen negatif di tempat kerja saya. Sentimen negatif itu berupa ulasan di Google Maps oleh seseorang yang merasa diperlakukan tidak terhormat oleh petugas keamanan. Bisa ditebak, beberapa pengikut saya antusias dan ikut-ikutan merespons secara negatif postingan tersebut. 

Saya tidak sedang mengolok-olok tempat kerja saya. Ini sesuai kapasitas saya sebagai seorang yang "concern" pada masalah bisnis, baik di bidang administrasi, manajemen, dan komunikasi.

Saya ingin menunjukkan bagaimana citra bisnis itu dibangun dan ditingkatkan. Berikut ini ulasan saya.

Pendahuluan

Kisah ini bermula saat A dan B, dua teman lama, berada dalam perjalanan dari kota X ke kota Y. A, yang lebih berpengalaman dengan rute ini, memiliki rencana khusus untuk hari itu.

A: "Hei, bagaimana kalau kita makan siang di warung Z di daerah W? Saya dengar tempat itu cukup ramai."

B: "Baiklah, aku percaya padamu!"

Mereka pun berhenti di warung Z. Setelah makan, B tampak jelas kecewa dan tidak bisa menyembunyikan rasa tidak suka.

B: "Kamu sudah gila ya? Makanan di sini benar-benar buruk! Kenapa kamu bawa aku ke tempat seperti ini?"

A, dengan tenang, menjawab:

A: "Inilah alasan saya membawamu kesini. Saya ingin kamu tahu dari pengalamanmu sendiri bahwa makanan di sini memang tidak enak. Sekarang, kamu tidak akan lagi penasaran atau tergoda untuk mampir di sini suatu hari nanti."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun