Mohon tunggu...
STEVEN LEE A
STEVEN LEE A Mohon Tunggu... Freelancer - Berbasis di Jakarta
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Mengumpulkan semangat di masa WFH dengan blogging

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Jaga Diri Tetap "Waras", Tips Mengatasi Gangguan Kesehatan Mental Saat Pandemi

14 September 2021   11:17 Diperbarui: 14 September 2021   11:23 83 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber foto: pexels.com

Situasi saat pandemi Covid-19 memengaruhi banyak aspek dalam kehidupan, termasuk kesehatan mental. Kesehatan mental masyarakat di masa pandemi terganggu, menurut survei UNICEF, akibat pembatasan aktivitas selama pandemi yang mengakibatkan perubahan secara mendadak dan drastis.

Masalah kesehatan mental pun menjadi topik krusial pada masa pagebluk ini. Di Indonesia khususnya, kondisi masyarakat yang mengalami ancaman kesehatan mental meningkat dengan pesat sejak beberapa bulan pasca penderita Covid-19 pertama muncul ke permukaan. 

Dari awal pandemi pada bulan Maret hingga pertengah Juni 2020, jumlah penderita masalah kesehatan mental bertambah lebih dari 40% dibandingkan pada 2019. Lalu pada tahun 2021, isu kesehatan mental kian menjadi permasalahan yang serius, mengingat pandemi belum kunjung usai.

Meskipun beberapa daerah telah melonggarkan aturan PPKM akibat penurunan level, bukan berarti masyarakat bisa bebas beraktivitas seperti sedia kala. Agenda liburan untuk mengembalikan atau meringankan beban psikologis belum tentu bisa dilakukan semua orang.

Pasalnya, penyebaran virus Covid-19 masih belum bisa diprediksi perkembangannya. Risiko terpapar virus Corona masih ada dan tinggi, terlebih bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap.

Namun tak perlu panik. Masih ada cara yang bisa dilakukan dari rumah saja. Bahkan, cara-cara ini bisa meningkatkan kualitas hidup dan membuat kita bisa lebih menikmati keadaan, meskipun pandemi belum usai.

Mencintai diri

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) menyampaikan tanggapan tentang solusi untuk menjaga kesehatan mental di masa pandemi Covid-19, yaitu dengan mencintai diri sendiri. 

Dengan mencintai diri sendiri, manusia akan dapat menjaga kesehatan mental, memperkuat imun tubuh, hingga tumbuh menjadi pribadi yang tangguh. 

Ketika manusia dapat mencintai diri sendiri, terlebih anak-anak, mereka dapat menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati. Di sisi lain, mereka juga berlapang dada untuk merangkul semua kekurangan diri tanpa ditutup-tutupi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan